Cara Injak Pedal Rem Mobil Matic yang Benar

Masih banyak yang salah kaprah dengan injak pedal rem matic tanpa melepas pedal gas. Catat ya, gini caranya yang paling benar!

injak pedal rem

Posisi kaki saat injak pedal rem di mobil matic memang berbeda dengan mobil manual. Apalagi untuk pengemudi pemula, karena faktor kurang informasi dan pemahaman soal pedal operasi mobil matic nya.

Jika sampai menginjak pedal rem dengan kaki yang salah, tidak hanya membawa kendaraan berhenti mendadak. Namun juga berpotensi alami tabrak dari belakang!

Selain itu, kebiasaan menginjak pedal rem bersamaan dengan pedal gas di mobil matic jelas akan merusak sistem transmisi kendaraan! Jangan dilakukan!

Baca juga: Nyetir Pakai Sandal, Sepatu, atau Nyeker, Kamu Tim Apa?

Jadi, sebenarnya mana yang paling tepat? Menginjak pedal rem dengan kaki kiri, atau dengan kaki kanan? Atau menginjak rem dengan dua kaki?

Sebelum membahasnya lebih dalam, lebih baik kenali dulu perbedaan pedal operasi pada mobil matic dan manual.

Jumlah pedal mobil

Pada mobil manual, terdapat tiga pedal operasi yaitu pedal gas di posisi paling kanan, pedal rem di tengah dan pedal kopling di kiri.

Baca juga: Cara Parkir Paralel bagi Pengendara Mobil Pemula, Dijamin Bisa!

Untuk mobil jenis matic (automatis) pedal operasi hanya ada dua, yaitu pedal gas di posisi kanan dan pedal rem di kiri. 

Nah, perbedaan jumlah pedal operasi ini biasanya membuat kagok pengemudi yang terbiasa mengemudikan mobil manual. Sehingga secara refleks, tidak jarang mereka menginjak pedal rem dan gas bersamaan!

Biar tidak keterusan salah, ikuti deh tips posisi kaki yang tepat saat menginjak pedal rem mobil matic.

pedal mobil

Kaki ideal untuk injak pedal

Untuk dapat mengendarai sekaligus menghentikan laju mobil matic dengan aman, disarankan menggunakan kaki kanan untuk menginjak pedal gas dan rem. Mengapa demikian?

Baca juga: Benarkah Karpet Mobil Bisa Sebabkan Kecelakaan?

Kaki kanan dianggap lebih terbiasa menekan pedal gas dan pedal rem dengan tekanan yang lembut atau tidak terlalu kuat. Jadi, gerakan refleks pada kaki kanan biasa melakukan tekanan yang halus.

Sebaliknya pada  kaki kiri, terbiasa digunakan menginjak pedal kopling dengan tekanan lebih kuat dari kaki kanan. Kaki ini dianggap secara refleks terlatih menginjak pedal dengan tekanan besar yang tekanannya berbeda dari kaki kanan.

Jika kaki kiri digunakan untuk menginjak pedal rem di mobil matic, tekanan yang diberikan akan terlalu kuat. Hal ini yang pada akhirnya membahayakan karena membuat mobil matic akan berhenti mendadak!

Baca juga: Catat! Inilah Lokasi Sim Keliling Jakarta

Agar terhindar dari celaka, ikuti tips menginjak pedal rem pada mobil matic di bawah ini.

Tips injak pedal rem

Saat berkendara, posisikan kaki kiri pada area foot rest. Area ini terletak tepat di sebelah kiri pedal rem. Area ini memang disediakan oleh pabrikan untuk meletakkan kaki kiri dengan posisi standby saat berkendara.

Jika ingin memperlambat atau menghentikan laju mobil matic, lakukan tips mudah ini.

Baca juga: Jenis dan Cara Merawat Rem Tangan Mobil

  • Injak perlahan pedal rem dengan kaki kanan. Ingat, jangan menginjak pedal terlalu dalam, sesuaikan dengan laju kendaraan.
  • Saat kaki kanan menginjak pedal rem, maka kaki kiri dalam kondisi tetap rileks namun siaga di samping pedal rem atau pada area foot rest.
  • Hindari injak pedal rem dan gas secara bersamaan. Ini bisa merusak sistem transmisi matic mobil kamu.
  • Latih dan biasakanlah dalam menggunakan kaki kanan saat mengendarai dan menghentikan laju mobil matic.

Kenapa menyalakan mesin mobil matic injak rem?

Setelah mengetahui kaki mana yang tepat untuk injak pedal rem mobil matic, perhatikan juga hal yang satu ini.

Baca juga: 6 Tanda Ban Mobil Harus Diganti Secepatnya

Selalu injak pedal rem dengan kaki kanan sebelum menyalakan mesin mobil matic. Kenapa? Dengan kaki kanan menginjak rem, kamu terhindar dari risiko mobil melaju atau mundur mendadak.

Selain sebagai antisipasi dan fitur keselamatan, kaki harus menginjak rem sebelum menyalakan mesin karena umumnya, mobil matic akan dapat bergerak dengan sendirinya setelah persneling gigi aktif. 

Alasan itulah jadi cara injak pedal rem yang tepat menjadi salah satu kebiasaan baik sebelum menyalakan mesin mobil matic. Harap diingat ya!