Harga Busi Mobil Avanza dan Xenia Mahal, Benarkah?

Harga busi mobil All New Avanza dan All New Xenia sempat menjadi perbincangan karena melonjak. Apakah benar semahal itu?

harga busi mobil

Harga busi mobil pada Toyota All New Avanza dan Daihatsu All New Xenia mengalami kenaikan menjadi sekitar Rp 445 ribu per buahnya. Mengenai hal itu, para pengguna keduanya banyak yang merasa keberatan. 

Mesin dari All New Avanza dan All New Xenia sendiri menggunakan jenis 4 silinder, itu berarti satu mobil harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 1,78 juta. Hal ini tentu membuat sebagian pengguna mobil merasa keberatan. 

Sebagai catatan, harga busi untuk dua mobil favorit itu sebelumnya hanya berkisar Rp 90 ribu. Lalu, apakah harga itu tergolong mahal? 

kenaikan harga

Kenaikan harga

Saat ini beberapa mobil jenis MPV seperti All New Avanza dan All New Xenia sudah menggunakan busi berjenis iridium, bukan nikel. Itulah mengapa harga busi mobil menjadi lebih mahal karena bahan yang digunakan pun berbeda. 

Baca juga: Sudah Mulai Gak Dingin, Berapa Sih Biaya Service AC Mobil?

Meskipun memiliki harga yang lebih mahal, namun sebenarnya busi jenis iridium ini memiliki durabilitas atau ketahanan yang lebih baik daripada busi jenis nikel. Bahkan diklaim busi jenis iridium ini tiga kali lebih tahan lama dari busi jenis nikel. 

Busi jenis iridium ini merupakan busi yang pada bagian elektroda menggunakan material iridium. Sedangkan busi biasa adalah busi yang pada bagian ujung elektroda hanya menggunakan material tembaga. 

Alasan lain mengapa harga busi mobil jenis iridium lebih mahal adalah karena telah dirancang sedemikian rupa sehingga mampu menghasilkan loncatan listrik yang lebih cepat sekitar 0,12 detik daripada busi pada umumnya. 

kelebihan busi iridium

Kelebihan busi iridium

Busi iridium sangat keras dan punya titik lebur yang tinggi. Itulah mengapa busi jenis iridium ini diklaim lebih tahan lama dibandingkan busi biasa dan lebih cocok untuk mesin mobil modern dengan rasio kompresi yang tinggi. 

Baca juga: Banyak Dipakai, Apa Sih Kelebihan Kaca Film 3M?

Sebagai perbandingan, busi jenis nikel dapat bertahan hingga 20.000 kilometer. Sedangkan untuk busi jenis iridium bisa tiga kali lebih tahan lama, yaitu berarti busi iridium bisa bertahan hingga 60.000 kilometer dibandingkan busi biasa. 

Kelebihan lain dari busi iridium adalah ledakan apinya yang lebih besar dari busi pada umumnya. Hal itu akan membuat ledakan pembakaran menjadi lebih besar dan kuat, yang efeknya membuat performa meningkat tetapi efisien dalam pemakaian bahan bakar.

ada 2 pilihan

Ada 2 pilihan

Harga busi mobil untuk All New Avanza dan All New Xenia ini memang cukup banyak diperbincangkan karena kenaikannya yang cukup signifikan. 

Baca juga: Kenapa Mobil Penggerak Roda Depan Susah Nanjak?

Saat ini, terdapat 2 pilihan busi iridium untuk 2 jenis mobil ini dengan harga yang berbeda. Harga busi jenis iridium, dari Toyota Astra Motor (TAM) adalah sebagai berikut: 

– Busi iridium import dari Jepang (90919-01275): Rp 445rb per buah.

– Busi iridium lokal (9004A-91068): Rp 90rb per buah.

Untuk spesifikasi dari kedua jenis busi tersebut sama saja, tapi memang untuk busi iridium impor memiliki harga yang lebih mahal karena bahan-bahan yang digunakan adalah bahan-bahan impor. 

Mengingat performa dan kualitasnya yang berbeda, pemilik mobil sebaiknya berhati-hati jika harus mengganti busi mobil. Jangan sampai salah memilih busi mobil hanya karena murah saja ya!