Tips & Rekomendasi

Sudah Mulai Gak Dingin, Berapa Sih Biaya Service AC Mobil?

Berapa biaya service ac mobil jika mengalami kerusakan? Sebagai estimasi, inilah kocek yang harus dikeluarkan oleh pemilik mobil!

biaya service ac mobil

Biaya service AC mobil memang sangat beragam, kondisi ini bisa terjadi karena adanya berbagai macam faktor, termasuk kerusakan komponen yang ada di dalamnya. 

Salah satu penyebab yang paling sering menyebabkan hal ini adalah freon yang sudah mulai habis. Lalu bisa juga disebabkan oleh kompresor yang sudah mulai mengalami kerusakan atau gangguan.

Namun, untuk lebih memastikan alasan AC mobil tidak dingin sebaiknya ke bengkel guna pengecekan secara menyeluruh. Supaya tidak tergetok harga saat service atau perbaikan, cek dulu gambaran biaya yang harus dikeluarkan berdasarkan kerusakannya.

biaya service ac mobil

Mengganti freon

Biaya service AC mobil untuk mengisi freon yang sudah habis berkisar antara Rp 150.000-Rp 400.000. Namun, biaya tersebut akan berbeda-beda tergantung pada jenis mobil yang dipakai. 

Baca juga: Kabin Panas, Begini Cara Menyalakan AC dan Mematikannya

Selain freon yang sudah habis, ada juga kondisi freon yang bocor sehingga membuat AC mobil tidak dingin lagi. Jika ini yang terjadi, maka harus dilakukan penambalan dan biayanya adalah sekitar Rp 150.000-Rp 450.000.

ac mobil mati

AC mobil mati

AC mobil yang mati merupakan kerusakan yang cukup parah dan harus segera diperbaiki. Hal ini bisa mengganggu kenyamanan pengemudi dan penumpang, terutama ketika cuaca panas. 

Jika ingin memperbaikinya, estimasi biayanya Rp 200.000. Sedangkan bila ada spare part yang harus diganti, biayanya tentu akan berbeda lagi yaitu Rp 300.000-Rp 2.500.000.

Baca juga: Berapa Sih Harga Aki Mobil Toyota Berdasarkan Jenisnya?

Ciri utama yang bisa dirasakan jika AC sudah tidak berfungsi adalah hembusan angin yang sudah mulai melemah. Selain itu, udara di kabin mobil menjadi lebih panas dan tidak terasa dingin lagi seperti sebelumnya. 

ac tidak sedap

AC mobil mengeluarkan bau tidak sedap

Beberapa pemilik mobil mungkin pernah merasakan bau tidak sedap seperti bau busuk atau bau gosong ketika sedang menyalakan AC mobil. Supaya bisa lebih memastikan penyebabnya,  sebaiknya langsung melakukan pengecekan. 

Untuk memperbaiki kondisi ini, biayanya Rp 200.000 yang digunakan untuk mengecek dan mengetahui penyebabnya. Setelah diketahui penyebabnya, pembersihan secara keseluruhan biaya service ac mobil adalah Rp 100.000-Rp 150.000. 

komponen AC

Komponen AC bermasalah

AC mobil yang tidak dingin bisa juga disebabkan adanya masalah pada beberapa komponen. Dalam melakukan perbaikan, tentunya ada biaya service ac mobil yang harus dikeluarkan untuk mengetahui bagian komponen mana yang bermasalah. 

Baca juga: Kenali Hal Penting Dalam Perawatan Mesin Hybrid

Mengingat ada banyak komponen pada AC mobil, maka biaya yang dibutuhkan pun akan beragam juga. Misalnya saja, pada service kondensor mobil biayanya adalah Rp 150. 000-Rp 250.000

Lalu bila ingin mengganti magnetic clutch yang menyebabkan angin AC mobil kadang panas dan terkadang dingin maka biayanya adalah Rp 400.000-Rp 900.000 per unit.

perawatan rutin

Perawatan rutin

Agar AC mobil bisa selalu dalam keadaan baik, salah satu cara yang harus dilakukan adalah dengan melakukan perawatan rutin. Biaya perawatan rutin untuk kondensor AC mobil berkisar antara Rp 100.000-Rp 200.000. 

Baca juga: Mobil Warna Hitam, Elegan tapi Rentan, Kenapa?

Kemudian jika ingin mengganti oli, flushing AC mobil, serta komponen piston biaya yang dibutuhkan adalah Rp 300.000-Rp 800.000. Sedangkan jika ingin melakukan penggantian spare part kecil biasanya Rp 250.000-Rp 850.000. 

Nah, sebelum menunggu AC mobil mengalami kerusakan sebaiknya lakukan perawatan secara rutin setiap 10.000 kilometer atau setiap satu tahun sekali. Lalu, apabila AC mobil tidak dingin, segera bawa ke bengkel mobil terdekat untuk mencari tahu penyebab dan solusinya ya!

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi