Search Cars

Tips & Rekomendasi

Cuci Steam Mobil, Apa Kelebihannya dengan Cuci Sendiri?

Sering cuci steam mobil? Bagus! Ternyata kegiatan itu punya banyak keuntungan daripada cuci mobil biasa loh. Apa aja tuh?

cuci steam mobil

Buat kamu yang sering cuci steam mobil, sudah tahu belum manfaat dan keuntungannya bila dibanding dengan cuci mobil sendiri?

Buat yang belum tahu, kegiatan mencuci mobil di Indonesia biasanya sering disebut cuci steam. Padahal, ada juga jenis cuci mobil hidrolik dan cuci mobil otomatis. Yuk, kenali biar gak bingung membedakannya.

Istilah cuci mobil

Yang dimaksud dengan cuci steam adalah kegiatan mencuci mobil dengan menggunakan mesin steam atau mesin angin (kompresor) bertekanan tinggi sehingga menghasilkan semburan air yang kuat. Fungsinya untuk mengikis kotoran ataupun kerak yang menempel di badan kendaraan.

Baca juga: Modifikasi Lampu Sein Sequential, Berapa Harganya?

Sedangkan mencuci mobil dengan hidrolik artinya mencuci mobil dengan dinaikan ke atas dongkrak hidrolik. Ini bertujuan untuk mencuci bagian kaki-kaki dan kolong mobil, umumnya pencucian inipun menggunakan mesin kompresor atau steam.

Lalu untuk pengertian cuci mobil otomatis adalah kegiatan mencuci mobil yang dilakukan oleh tenaga robot. Biasanya pengemudi akan memasukkan mobil ke dalam garasi tempat pencucian. Kemudian mobil berjalan perlahan di atas conveyor dan robot akan mencuci seluruh mobil secara otomatis. 

Lantas apa sih kelebihan dari cuci steam dibandingkan cuci mobil sendiri?

Kelebihan cuci steam

Kelebihan cuci steam yang utama adalah mampu membersihkan kotoran dengan tuntas. Hal ini semburan air yang bertekanan tinggi tentu lebih ampuh merontokkan kotoran daripada semburan selang air biasa yang dipakai di rumah.

Baca juga: Harga Motor Honda Gold Wing 1800, Bisa Dapat Mobil Apa?

Usahakan mencuci mobil dengan hidrolik juga ya, pastinya dengan metode ini maka bagian kolong mobil akan mendapat semprotan steam juga. Kerak yang telah mengeras pada bagian kolong mobil dan kaki-kakinya dijamin rontok kena air bertekanan tinggi tersebut. 

Tidak hanya itu, dengan cuci steam mobil lebih kinclong pasalnya ada layanan ekstra semir ban dan pembersihan interior dengan mesin vakum. Kamu juga bisa hemat, apalagi  bila sering cuci di tempat yang memberikan bonus 5 kali cuci gratis sekali.

Terakhir, hal yang menjadi kelebihan mencuci dengan mesin steam adalah efisiensi waktu dan hemat air di rumah. Banyak bukan kelebihan cuci steam mobil?

Baca juga: 11 Cara Mengusir Kecoa di Mobil, Dijamin Ampuh!

Harga cuci steam pun beragam, mulai dari Rp 35 ribu untuk steam biasa, sedangkan dengan hidrolik mulai dari Rp 50 ribu. Bila ada penambahan seperti poles atau waxing, kamu bisa menambahkannya dengan harga mulai Rp 100 ribu.

Sabun cuci steam 

Selain pembilasan dengan mesin steam, penggunaan sabun dengan kandungan silikon lazim di tempat pencucian mobil. Sabun yang dikenal dengan istilah sabun salju itu dikatakan membuat body mobil lebih mengkilap. 

Tentu saja, sabun salju sedikit merepotkan jika dibuat sendiri saat ingin mencuci mobil di rumah. Di tempat pencucian mobil, sabun salju selalu tersedia dan ini sangat praktis.

Baca juga: Gratis atau Bayar? Kenali Aturan Derek Mobil di Tol

Untuk membuat efek sabun salju, biasanya menggunakan mesin steam bertekanan tinggi sehingga membuat sabun menghasilkan busa seperti salju. Busa ini akan mengikat debu dan kotoran pada mobil sehingga saat dibilas dengan air dari mesin steam, body mobil akan langsung berkilau. 

Akan tetapi, dari sejumlah keuntungan tersebut, tentu ada hal yang menjadi kekurangan sistem steam ini. Pertama, karena menggunakan air bertekanan tinggi, memungkinkan air masuk ke celah-celah di mobil. Misalnya ke bagian mika kaca lampu yang bisa sebabkan korsleting. 

cuci steam mobil

Bagian kelistrikan mobil juga berpotensi terkena air. Apalagi jika sudut datangnya air dari mesin steam terlalu curam sehingga membuat air tekanan tinggi itu masuk ke semua celah di kap mesin. Bahaya! 

Baca juga: Ada 5 Jenis Parkir Mobil, Apa Kamu Sudah Tahu?

Kedua, mencuci mobil dengan steam terlalu sering juga bisa merusak lapisan coating pada cat mobil. Ini tentu saja berakibat pada cat menjadi kusam dan mengurangi estetika mobilmu. 

Nah, setelah tahu manfaat dan kekurangannya, semoga kamu bisa bijak menentukan, kapan saatnya harus cuci steam mobil atau mencucinya sendiri di rumah. 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.