11 Cara Mengusir Kecoa di Mobil, Dijamin Ampuh!

Menemukan kecoa di mobil tentu bisa sangat membuat tidak nyaman dan bisa saja mengganggu ketika sedang berkendara. Jika tidak segera dibasmi, kecoa bisa bersarang atau bahkan berkembang biak. 

Ada berbagai penyebab mengapa kecoa berada di dalam kendaraan. Salah satunya adalah sisa-sisa makanan yang dibiarkan sehingga membuat mereka akhirnya tertarik masuk ke dalam kendaraan. 

Jadi, apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mengusirnya? 

  1. Air serai

Cara pertama untuk mengusir kecoa di mobil adalah dengan menggunakan rebusan air serai. Untuk membuatnya, potong akar serai lalu masukkan ke dalam panci dan langsung rebus sampai airnya berubah wangi dan sedikit menyusut. 

Baca juga: Sudah Mulai Gak Dingin, Berapa Sih Biaya Service AC Mobil?

Diamkan air tersebut selama beberapa saat, kemudian masukkan ke dalam botol semprot. Setelah siap, semprot air serai ke seluruh bagian mobil sampai ke celah-celah terkecilnya. 

kecoa di mobil
  1. Bunga melati

Bunga melati menjadi salah satu wewangian yang tidak disukai oleh kecoa. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk mengusir kecoa di mobil agar mereka tidak masuk ke dalam kendaraan bahkan sampai berkembang biak disana. 

  1. Daun pandan

Aroma lain yang tidak disukai oleh kecoa adalah aroma yang dihasilkan oleh daun pandan. Cara menggunakan daun pandan juga sangatlah mudah, tinggal ambil daun pandan utuh kemudian iris menjadi tipis-tipis. 

Baca juga: Banyak Dipakai, Apa Sih Kelebihan Kaca Film 3M?

Setelah diiris, daun pandan yang sudah siap digunakan tadi bisa langsung diletakkan di dalam mobil. Seperti celah-celah di kabin mobil atau area yang memang sering menjadi tempat persembunyian kecoa. 

  1. Daun sirsak

Cara selanjutnya yang bisa digunakan adalah dengan daun sirsak. Pertama-tama, keringkan daun sirsak segar lalu hancurkan sampai menjadi bubuk.

Kemudian, masukkan daun sirsak yang sudah menjadi bubuk tadi ke dalam wadah atau kantung yang bisa digantung di dalam kabin mobil. Daun sirsak yang sudah ditumbuk itu akan mengeluarkan aroma yang tidak disukai oleh kecoa.

kecoa di mobil
  1. Baking soda

Bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk mengusir kecoa adalah baking soda. Cara menggunakannya cukup mudah, tinggal campurkan baking soda dengan gula atau sirup lalu tuang ke dalam wadah. 

Baca juga: Fitur Safety Veloz Dapat Rating Bintang 5 dari ASEAN NCAP

Taburkan campuran tersebut di karpet mobil, hingga ke seluruh bagian mobil. Mungkin cara ini akan terasa tidak nyaman, tetapi kecoa akan langsung mendekat ke campuran tersebut karena menyukai aroma tersebut. 

Setelah mendekat, kecoa akan langsung mati karena keracunan. Jika sudah mati, pemilik kendaraan bisa langsung membersihkan area mobil yang sudah ditaburi campuran baking soda dan gula atau sirup tersebut. 

mint kecoa di mobil
  1. Daun mint

Cara lain untuk mengusir kecoa adalah dengan menggunakan daun mint atau wewangian peppermint. Misalnya saja dengan menggunakan obat kumur dengan aroma peppermint, kemudian semprotkan ke seluruh bagian mobil. 

Baca juga: Mobil Warna Hitam, Elegan tapi Rentan, Kenapa?

Lalu, bisa juga dengan menggunakan daun mint segar, yang dicacah kasar kemudian langsung disebarkan ke seluruh bagian mobil. Dijamin kecoa langsung menghindar dari aromanya. 

kapur barus kecoa di mobil
  1. Kapur barus

Kecoa juga tidak menyukai aroma yang dihasilkan oleh kapur barus, sehingga bisa menggunakan cara ini untuk mengusir kecoa. Untuk menggunakannya, potong kapur barus menjadi 2 atau 4 bagian lalu letakkan di sudut-sudut mobil. 

Pastikan menutup pintu mobil dengan baik agar aroma kapur barus tersebut tidak cepat menguap. Agar lebih maksimal, bisa juga menggunakan insektisida dengan kapur barus secara bersamaaan. 

bahan kimia
  1. Bahan kimia

Jika cara alami masih tidak mempan, bisa juga menggunakan cara kimia seperti penggunaan insektisida. Insektisida merupakan obat semprot khusus yang bisa langsung disemprotkan ke seluruh area mobil. 

Baca juga: Modifikasi SUV Pakai Ban Offroad, Jangan Sembarangan Ya!

Sebelum menyemprotkannya, pastikan mobil dalam keadaan tertutup rapat agar obat yang digunakan tersebut tidak keluar mobil. 

  1. Lem khusus

Salah satu cara mudah lainnya untuk mengusir kecoa di mobil adalah dengan menggunakan lem khusus perangkap kecoa. Caranya adalah dengan meletakkan lem khusus tersebut pada karpet mobil lalu diamkan sampai kecoa datang dengan sendirinya. 

vakum pembersih
  1. Vakum pembersih

Vakum pembersih atau vacuum cleaner yang ada di rumah juga bisa dijadikan alat untuk mengusir kecoa. Alat ini bisa mengangkat sisa-sisa kotoran seperti makanan yang ada di dalam mobil, yang bisa menjadi penyebab adanya kecoa dalam kendaraan.

  1. Daun salam

Penggunaan daun salam untuk mengusir kecoa hampir sama dengan penggunaan daun sirsak. Daun salam yang sudah kering, bisa langsung ditumbuk dan dimasukkan ke dalam wadah atau kantung lalu dibiarkan menggantung di kabin mobil. 

Baca juga: Ada 5 Jenis Parkir Mobil, Apa Kamu Sudah Tahu?

Tidak hanya mengusir kecoa, pemilik mobil juga tetap harus melakukan perawatan rutin agar kecoa tidak sampai masuk ke dalam mobil. 

Dengan perawatan rutin tersebut, tidak hanya kecoa tetapi serangga lain juga bisa dicegah agar tidak masuk ke dalam mobil. Untuk itu, jaga mobil supaya tetap bersih ya!

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *