Ada 5 Jenis Parkir Mobil, Apa Kamu Sudah Tahu?

Terdapat 5 jenis parkir mobil yang perlu diketahui para pengendara. Agar tidak salah saat parkir, yuk ketahui setiap perbedaannya!

jenis parkir mobil

Mengetahui jenis parkir mobil menjadi hal yang penting untuk diketahui oleh para pengendara mobil. Dan memang parkir kendaraan menjadi tantangan tersendiri bagi pengendara, terutama bagi mereka yang masih pemula. 

Agar bisa memarkirkan kendaraan dengan baik, ada beberapa teknik yang perlu diketahui oleh pengendara mobil. Jika sudah menguasai teknik-teknik tersebut, maka pengemudi mobil dapat memarkir tanpa hambatan. 

Nah, agar tidak bingung inilah penjelasan lengkap mengenai jenis-jenis parkir mobil yang perlu diketahui.

parkir paralel

Parkir paralel

Jenis parkir mobil yang pertama adalah parkir paralel, yaitu mobil parkir berjejer dan berada dalam satu garis lurus. Ini biasanya dilakukan pada tempat-tempat parkir yang sempit lahannya seperti di bahu jalan. 

Baca juga: Cara Parkir Paralel bagi Pengendara Mobil Pemula, Dijamin Bisa!

Dengan menempatkan mobil-mobil yang parkir dalam satu garis lurus, bisa memberikan ruang yang masih lapang untuk kendaraan lain jika ingin melintas di area tersebut. Sayangnya, tidak semua orang bisa melakukan parkir paralel ini terutama bagi pengemudi mobil yang masih baru. 

Untuk melakukannya, pengemudi mobil harus bisa mengira-ngira ruang yang dibutuhkan ketika sedang parkir. Pengemudi mobil sebaiknya sering-sering berlatih untuk bisa memahami teknik parkir paralel yang benar. 

jenis parkir mobil

Parkir lurus

Buat yang sering parkir di tempat-tempat resmi seperti di mall, rumah sakit, atau tempat-tempat umum lainnya disebut dengan parkir lurus atau parkir tegak lurus. Jenis parkir mobil ini biasanya dilakukan pada lahan yang cukup luas dan lapang. 

Baca juga: Rekomendasi Mobil Penumpang Paling Nyaman

Mobil-mobil yang sedang parkir akan membentuk barisan dan berdampingan antar sisi dengan mobil lain. Salah satu hambatan yang mungkin dialami ketika sedang melakukan jenis parkir ini adalah mengira-ngira jarak yang ideal antara sisi mobil dengan mobil lain. 

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah, ketika parkir sebaiknya tidak terlalu mepet dengan mobil lain agar ketika membuka pintu mobil tidak mengenai mobil yang ada di sebelahnya. 

parkir serong

Parkir serong

Parkir serong merupakan jenis parkir mobil yang hampir mirip dengan parkir lurus, tetapi ada sedikit sudut yang terbentuk. Biasanya jenis parkir seperti ini sudah diberi tanda sehingga pengendara tinggal mengikuti tanda tersebut. 

Baca juga: Mengenali Ciri-Ciri Aki Rekondisi dan Palsu, Jangan Tertipu!

Jenis parkir seperti ini biasanya dengan mudah ditemukan pada jalanan yang memang sudah dijadikan tempat parkir. Karena sudah ada tanda untuk area parkir, pengemudi akan lebih mudah ketika ingin memarkirkan kendaraannya. 

serong terbalik

Parkir serong terbalik

Selain parkir serong, ada juga jenis parkir serong terbalik atau back-in angle parking. Namun perbedaannya adalah pada parkir serong terbalik, posisi depan mobil harus menghadap ke jalanan bukan ke trotoar. 

Untuk melakukan parkir jenis ini, pengemudi mobil harus masuk ke parkiran dengan cara mundur sambil memperhatikan sudut pengambilan posisi parkir dan kendaraan di sebelahnya.

double parking

Double parking

Jenis ini sering ditemukan pada tempat-tempat parkir yang tidak resmi dan biasanya membuat mobil lain sulit untuk keluar dari parkiran. Double parking ini biasanya dilakukan dengan parkir secara tegak lurus tetapi mepet dengan mobil yang ada di sebelahnya.

Baca juga: Ban Mobil Perlu Dirotasi, Apa Alasannya dan Bagaimana Caranya?

Sebutan double parking  juga sering digunakan untuk menggambarkan kondisi dimana sebuah mobil menginjak garis batas parkir sehingga mobil tersebut berada di dua tempat parkir. 

Hal ini tentunya sangat merugikan orang lain karena mengambil lahan parkir yang seharusnya bisa digunakan kendaraan lain. 

Nah, dari 5 jenis parkir mobil tersebut mana nih yang menurutmu paling sulit dan paling mudah dilakukan? Namun, perlu diperhatikan ya ketika parkir sebaiknya tidak dilakukan secara terburu-buru karena bisa merugikan diri sendiri ataupun orang lain!