Gratis atau Bayar? Kenali Aturan Derek Mobil di Tol

Aturan derek mobil di tol kerap membingungkan pengguna jalan. Apalagi berkeliaran derek liar yang pasang tarif mahal. Bayar atau gratis sih?

derek mobil di tol

Maraknya jasa derek mobil di tol dan mengatasnamakan pengelola tol pasti membuat resah. Pasalnya, derek liar tidak segan mengancam dan memaksa, kemudian menggetok harga tinggi kepada pengguna jalan yang mogok di jalan tol.

Sebenarnya, bagaimana sih aturan mengenai derek mobil atau towing di jalan tol ini? Apakah ada layanan resmi? Bagaimana biayanya, gratis atau ada tarif lain yang harus dibayarkan?

Baca juga: Tips Mengatur Posisi Mengemudi Ideal untuk Pengendara Pemula

Bagaimana aturan lengkapnya? Nih agar kamu tidak tertipu praktik jasa towing liar di jalan tol!

derek mobil di tol

Tarif resmi derek tol

Dalam keterangan PT Jasa Marga Tbk selaku perusahaan BUMN yang resmi pengelola jalan tol, tarif resmi towing mobil di tol untuk Golongan I adalah Rp 100.000 hingga keluar di gerbang tol terdekat. 

Selanjutnya akan dikenakan tarif towing Rp 8.000 per kilometer hingga tempat perhentian yang disepakati bersama. Catat ya, ini merupakan tarif derek 24 jam dari jasa penyedia towing resmi.

Sedangkan untuk mobil golongan lainnya, tarif towing resmi adalah Rp 135.000 hingga keluar gerbang tol terdekat. Selanjutnya dikenakan Rp 10.000 per kilometer tujuan yang disepakati. 

Baca juga: 7 Rambu Lalu Lintas yang Sering Dilanggar Pengendara

Setiap kendaraan towing resmi jalan tol telah dilengkapi dengan tarif ini, sehingga pengguna jasa dapat langsung mengecek tarifnya untuk transparansi.

Lalu apakah layanan towing resmi ini ada yang gratis alias tanpa biaya?

derek mobil di tol

Tarif gratis derek tol

Layanan derek 24 jam mobil di tol dapat diberikan secara gratis, namun dengan syarat dan ketentuan seperti:

  1. Tujuan akhir penderekan adalah ke gerbang tol terdekat.
  2. Diderek sampai pool derek.
  3. Menuju tempat lain dalam radius 1 kilometer dari akses gerbang keluar tol terdekat. 

Baca juga: Cicilan Lunas, Ini Cara Mengambil BPKB Mobil Baru

Nah, setelah mengetahui tersedia tarif towing, sebaiknya kamu juga harus mengenali ciri-ciri dari mobil towing resmi milik Jasa Marga. Apa sajakah cirinya?

jasa towing

Ciri mobil derek resmi jalan tol

Ciri mobil towing resmi adalah adanya lambang dan tulisan PT Jasa Marga Tbk di bagian depan dan samping atau pintu mobil. 

Lalu pada bagian kaca sebelah atas, terpampang kalimat, “Derek Gratis Jalan Tol” serta biasanya dilengkapi dengan lampu rotator warna kuning di bagian atap mobilnya.

Ciri khas lainnya adalah cat warna putih dominan pada bodi mobil derek, sementara pada bagian bumper depan dan belakang ada garis vertikal merah dan putih. Garis warna kuning dan biru juga tersemat pada bagian samping kendaraan.  

Baca juga: Tips Membersihkan & Menghilangkan Noda Aspal di Bodi Mobil

Tertera juga nomor kontak jasa derek resmi yaitu 14080 pada bagian samping kendaraan dereknya.

Untuk beberapa ruas tol, warna mobil derek 24 jam resmi ini bisa juga tampil berbeda, misal untuk tol Jakarta-Tangerang didominasi warna biru gelap dengan tulisan kuning pada depan dan sisi mobil dereknya.

Untuk menghindari kebingungan karena adanya perbedaan ini, sebaiknya gunakan jasa penderekan dari asuransi mobil. Pihak asuransi biasanya memberikan juga jasa derek kepada para nasabahnya jika mengalami masalah di jalan. 

pilih asuransi

Derek asuransi

Salah satu perusahaan asuransi yang memberikan jasa penderekan mobil dalam keadaan darurat dan gratis adalah Garda Oto. Layanannya disebut dengan Emergency Road Assistance (ERA) dan dapat melakukan penderekan darurat di seluruh wilayah DKI Jakarta.

Nomor kontak layanan derek 24 jam dari Garda Oto adalah 1500112. Selain towing gratis, layanannya meliputi antara lain keadaan darurat pada aki mobil, ban, kelistrikan, gangguan kopling, power steering, masalah mesin sampai Locksmith Service atau membantu mengatasi masalah kunci yang tertinggal di dalam kendaraan.

Baca juga: Mika Lampu Berembun, Bagaimana Solusinya?

Area lain yang di-cover oleh jasa derek mereka mulai dari Padang, Jambi, Palembang, Pekanbaru, Medan, Lampung, Tangerang, Bekasi, kawasan puncak hingga Cirebon, Solo, Semarang, DIY Yogyakarta, Denpasar, hingga Makassar.

derek mobil di tol

Selain ERA, asuransi Garda Oto juga memberikan layanan Emergency Medical Assistance (EMA) yang meliputi layanan kegawatan medis bagi nasabahnya. Layanan ini akan dilakukan dengan mobil ambulans dan sepeda motor untuk respon tercepat dalam situasi darurat. 

Baca juga: Apa Sih Efek Ganti Knalpot Mobil?

Nah, mengikuti asuransi mobil ternyata banyak untungnya, kan? Selain bisa terhindar dari penipuan dan pungli derek mobil di tol secara liar, dengan mengikuti program asuransi mobil membuat kenyamanan dan keamanan berkendara menjadi lebih menenangkan. 

Jangan lupa, segera asuransikan mobilmu dengan asuransi yang menjamin kenyamanan dan keamanan selama di jalan ya.