Search Cars

Modifikasi

Modifikasi Lampu Sein Sequential, Berapa Harganya?

Tampilan lampu sein makin keren dengan modif sein sequential. Selain terlihat futuristik, lampu sein ini juga ramah lingkungan.

lampu sein

Pernah lihat lampu sein sequential? Lampu sein ini berbeda dengan sein pada umumnya yang berkedip-kedip saat dinyalakan.

Yang membedakan lampu ini dengan sein lain adalah pola menyalanya. Sein sequential menyala menjalar atau berurutan dari arah dalam ke luar, sehingga tampilannya terlihat lebih modern.

Bohlam lampu jenis ini biasanya hadir dalam bentuk lampu LED (Light Emitting Diode) dan bukan berbentuk bohlam lampu biasa.

Baca juga: Mika Lampu Berembun, Bagaimana Solusinya?

Beberapa mobil yang telah mengaplikasikan sein jenis sequential antara lain, Toyota All New Voxy, Toyota New Alphard, Toyota Raize, dan Lexus LX 600

Tertarik mengaplikasikan sein ini pada mobil kamu? Yuk, cari tahu harga, durasi pemasangan dan informasi lain selengkapnya di bawah ini.

lampu sein mobil

Pasang sein sequential

Sebelum memasang lampu sein ini, perhatikan bentuk sein dari mobil terlebih dahulu ya. Sein sequential tidak disarankan untuk dipasang pada model lampu sein kotak atau yang berbentuk pendek.

Baca juga: Penggunaan Lampu Strobo di Jalan, Tidak Boleh Sembarangan

Agar tampil maksimal, sein sequential sebaiknya dipasang pada model sein yang memanjang. Ini bertujuan untuk menimbulkan efek berjalan atau merambat saat lampu sein dinyalakan.

Sementara jumlah lampu LED yang disarankan untuk dipasang minimal sebanyak 7 buah. Jika sein ingin lebih keren lagi, maksimal sampai 16 buah. Lalu berapa lama waktu pemasangan sein jenis ini sih?

lampu sein mobil

Waktu pemasangan

Waktu yang dibutuhkan untuk memasang sein sequential pada lampu bagian depan sebenarnya mudah. Pasalnya bisa langsung dimasukkan ke dalam batok lampu utama dengan cara mencopot mikanya. Pemasangan berkisar satu sampai dua hari.

Baca juga: DIY Tambal Ban Mobil Sendiri dalam Keadaan Darurat

Sementara untuk sein belakang, proses lebih lama dan rumit. Karena biasanya harus membobok tempat lampu untuk memasukkan LED. Proses ini memakan waktu maksimal sampai tiga hari. 

Semua pemasangan lampu ini akan ditambah dengan modul pengaturan elektrik. Untuk pemasangan sein pada spion, waktunya lebih cepat sekitar hitungan jam. 

Harga modif sein

Penasaran dengan harga sein sequential? Untuk sein sequential bagian belakang dijual di kisaran harga Rp 1.250.000 sampai paling mahal Rp 3.800.000. 

Baca juga: Benarkah Karpet Mobil Bisa Sebabkan Kecelakaan?

Sedangkan untuk sein sequential depan harganya paling murah Rp 675.000 dan yang paling mahal sekitar Rp 9.400.000. Sementara untuk sein pada spion, harganya lebih murah mulai Rp 600.000 sepasang.

lampu sein mobil

Keuntungan sein sequential

Memasang sein sequential memiliki sejumlah keuntungan tersendiri yaitu lampu LED ini termasuk ramah lingkungan karena berdaya rendah. Pengoperasiannya juga tidak memberatkan kinerja baterai mobil karena memiliki modul elektrik sendiri.

Lampu jenis LED ini juga punya usia pakai yang lebih tahan lama daripada lampu jenis bohlam. Dan pastinya, lampu jenis ini juga punya cahaya yang lebih terang.   

Baca juga: Perlukah Mengganti Kaca Film Mobil Bonus dari Dealer?

Meski punya keuntungan, lampu LED juga punya kelemahan. Apa itu? Pertama, lampu sein sequential memiliki harga yang terbilang mahal dibandingkan lampu sein biasa. Selain itu, pemasangannya juga tidak semudah lampu biasa dan memerlukan jasa bengkel modifikasi khusus. 

lampu depan

Kedua, lampu jenis ini juga susah untuk diperbaiki, sehingga jika mengalami kerusakan, maka sein sequential biasanya langsung diganti tanpa dicoba untuk diperbaiki. 

Baca juga: Ada 5 Jenis Parkir Mobil, Apa Kamu Sudah Tahu?

Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan aturan yang berlaku di Indonesia ya, misalnya lampu sein harus berwarna oranye, bukan berwarna merah, kuning ataupun warna lainnya.

Setelah mengetahui seluk beluknya, apakah kamu tertarik mengaplikasikan sein sequential pada mobil kesayangan?

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.