Search Cars

Tips & Rekomendasi

Bisa Cegah Kebakaran, 4 Cara Cek Sekring Mobil

Sekring mobil memiliki andil untuk mencegah terjadinya kebakaran. Apa saja yang bisa dilakukan untuk mengecek kondisinya?

sekring mobil

Sekring mobil adalah komponen yang bertugas sebagai alat pengaman rangkaian kelistrikan pada mobil dari kemungkinan adanya hubungan arus pendek.

Ukurannya cukup kecil, bentuk pipih, biasanya memiliki panjang sekitar 5 centimeter dan tinggi yang nyaris sama. Berdasarkan modelnya, komponen ini terbagi menjadi jenis tabung, jenis plat, jenis tancap, dan jenis cartridge.

Komponen ini biasanya memiliki bagian pelindung dari bahan plastik warna-warni. Setiap warna memiliki besar satuan yang berbeda.

Baca juga: Ganti Pelat Nomor Putih, Jangan Buru-buru Dilakukan!

Sekring warna krem punya satuan 5 ampere, coklat punya satuan 7,5 ampere, merah 10 ampere, biru 15 ampere, kuning 20 ampere, putih 25 ampere, hijau 30 ampere dan warna oranye satuannya 45 ampere.

Jadi sudah tahu ya fungsi dan jenis sekring mobil, pahami juga cara mengecek, yuk!

sekring mobil

Cek sekring mobil 

Letak onderdil ini biasanya ada di dalam sebuah kotak yang terletak di laci dasbor, atau pada bagian bawah jok penumpang depan. 

Baca juga: Arti Indikator ECO yang Sering Ada di Mobil Zaman Now

Pada mobil terbaru, selain di tempat tadi, sekring dengan satuan ampere tinggi diletakkan di kotak dekat aki di dalam kap mesin mobil.

Di dalam kotak berkumpul macam-macam sekring mobil sesuai dengan fungsi dan biasanya dikelompokkan melalui warnanya. Di dalam kotak biasanya juga disediakan onderdil cadangan. 

Namun jika cadangan tidak tersedia, kamu bisa membeli di toko perlengkapan mobil. Bagaimana cara mengecek sekring mobil tetap berfungsi? 

sekring mobil

Cek manual

Cara pertama dengan cek secara manual? Cara ini adalah dengan mengecek sekring mobil dengan melihat secara visual. Kamu harus mencabut satu per satu sekring dan melihat apakah sekring putus atau tidak.

Baca juga: Malas Isi BBM, Apa Efek Tangki Bensin Sering Kosong?

Sekring yang telah rusak atau putus, biasanya memiliki jejak hitam bekas terbakar pada komponen logamnya. Kadang-kadang, plastik pelindungnya pun ikut meleleh terbakar.

sekring mobil

Gunakan Avo meter

Cara berikutnya adalah menggunakan alat bernama Avo meter atau Ampere, Volt, Ohm meter. Cara pertama adalah mengukur tegangan listrik pada kedua pin sekring. 

Sekring biasanya punya bagian atas atau pin yang menonjol. Arahkan jarum multimeter pada kutub pin untuk mengukur tegangan listrik di setiap sisi sekring tanpa menarik atau melepaskan sekring dari dudukannya.

Baca juga: Mengenal Jenis Kunci Pengaman Mobil, dari Harga dan Bentuknya

Apabila pada satu sisi sekring menunjukkan hasil pengukuran yang sesuai dengan besar hambatan ampere sementara yang lainnya tidak, maka dapat dipastikan bahwa sekring telah putus. 

sekring mobil

Cek sekring utama

Pada setiap mobil dipastikan memiliki sekring utama. Tempatnya biasa terdapat di terminal baterai positif atau di kotak sekring, terhubung ke kabel positif baterai. 

Salah satu tanda dari sekring utama putus adalah tidak ada daya dan tidak ada satupun lampu mobil yang hidup. 

Baca juga: Mobil Brebet Saat Digas, Apa Sih Penyebabnya?

Cara memeriksanya cukup mudah, karena terlihat jelas jika sekring tersebut putus (terbakar atau jejak warna hitam). Jika sekring utama putus, maka biasanya juga sekring kecil lainnya akan ikut putus.

Cek hambatan sekring

Dengan Avo meter, kamu juga dapat memeriksa kekuatan sekring menahan beban (tahanan). Tahanan atau resistansi melawan arus listrik. Semakin rendah angka tahanan, semakin tinggi arus listrik yang ditahan. 

Satuan hambatan diukur dalam Ohm. Sekring yang bagus akan menunjukkan angka nol Ohm dan sekring yang buruk atau putus akan menunjukkan nilai sebaliknya.

Baca juga: Imut dan Cocok, Kenapa Kei Car Tidak Dipasarkan di Indonesia?

Jika sekring putus, berapakah harga komponennya?

mengatur uang thr

Harga sekring mobil

Harga sekring bervariasi dan umumnya terjangkau. Meski memiliki peran besar mencegah risiko mobil terbakar, namun nyatanya harga sekring mobil sangat murah.

Harga sekring mobil umumnya Rp 500 sampai paling mahal Rp 5 ribu saja. Namun ada yang menjual harga paketan isi 100 buah seharga Rp 80 ribu.

Baca juga: Mengenal Ragam Warna Plat Nomor Kendaraan di Indonesia

Setelah mengetahui jenis, cara mengecek dan harganya, jangan lupa untuk rajin memeriksa sekring mobil ya. Memeriksa secara rutin akan membuat kamu terhindar dari risiko mobil terbakar. 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.