Tips & Rekomendasi

Mengenal Jenis Kunci Pengaman Mobil, dari Harga dan Bentuknya

Sebelum membeli kunci pengaman mobil, sebaiknya kenali lebih dulu ragam jenisnya. Mana yang paling cocok dan terbaik?

kunci pengaman mobil

Memilih kunci pengaman mobil anti maling memang tidak bisa sembarangan. Salah memilih justru bisa menimbulkan penyesalan di kemudian hari.

Fungsi utama kunci pengaman mobil adalah untuk mengunci pergerakan roda kemudi. Ada juga yang mengunci roda kemudi dan pedal gas sekaligus, membuat mobil sulit dijalankan meski mesin telah hidup.

Kunci pengaman mobil atau lebih sering dikenal orang awam dengan pengaman stir mobil, cukup banyak jenisnya di pasaran. Biasanya, saat membeli mobil baru pihak dealer menyertakan kunci stir mobil ini sebagai bonus.

Baca juga: Malas Isi BBM, Apa Efek Tangki Bensin Sering Kosong?

Namun jika ingin membeli sendiri kunci pengaman mobil, sebaiknya mengenali dulu beberapa jenisnya berikut ini.

kunci pengaman mobil

Kunci stir mobil alarm

Jenis kunci berikut ini memiliki alarm. Biasanya berbentuk batang yang terkunci menyilang pada permukaan roda kemudi. Sistem penguncian sangat efektif dan dapat diaplikasikan pada berbagai ukuran roda kemudi.

Baca juga: Catat, Ini Jadwal Pemutihan Pajak Kendaraan Daerah Terbaru

Kunci jenis ini peka terhadap guncangan dan saat terjadi kemalingan maka alarmnya akan berbunyi. Merek yang banyak dijual adalah Hipowerlok, dengan harga sekitar Rp 500 ribu.

kunci pengaman mobil

Kunci model batang

Biasanya berwarna kuning dengan bagian kepala pengunci warna hitam. Bentuknya berupa batangan besi dibalut karet, sepanjang 40 centimeter. Sayangnya, kunci model ini hanya mengunci bagian roda kemudi bagian atas.

Kunci pengaman model ini sering dijadikan bonus pembelian kendaraan. Merek yang terkenal adalah Armored Bar. Jika kamu ingin membeli sendiri, kisaran harganya Rp 100 ribu. 

kunci pengaman mobil

Pengaman mobil anti maling

Kunci pengaman mobil anti maling berikutnya, berjenis batangan juga, namun dapat mengunci roda kemudi dan pedal gas. Hal ini memungkinkan mobil susah dijalankan karena pedal gas terkunci bersamaan dengan kemudi. 

Baca juga: Tips Aman Isi Bensin Mobil Ketika Berada di SPBU

Meski cukup efektif namun diameter kunci pengaman mobil anti maling yang kecil dianggap terlalu riskan untuk mengamankan kendaraan dari pencurian. 

Beberapa merek kunci yang beredar di pasaran antara lain Hipowerlok, Yale dan 3 Pin. Harganya di toko daring berkisar Rp 250 ribuan.

Model tongkat baseball

Kunci pengaman stir berikutnya bermodel tongkat baseball. Bentuknya panjang dan bulat dengan panjangnya sekitar 60 centimeter. Beberapa ada yang menyebut bentuknya mirip tongkat petugas keamanan.

Baca juga: Cara Mengenal dan Mengatasi Modus Kejahatan di Jalan Raya

Meski terlihat kokoh, namun kunci pengaman stir ini hanya mengunci roda kemudi bagian atas saja. Dari sisi keamanan, kunci pengaman stir ini terlihat kurang efisien mencegah kemalingan. 

Beberapa merek yang beredar di pasaran antara lain Safetylock, Kenmaster dan, Krisbow. Kisaran harganya, sekitar Rp 130 ribuan. 

Selain itu, sistem pengunci alat pengaman stir mobil juga ada yang berbasis anak kunci dan angka kombinasi. 

Baca juga: Jenis dan Cara Merawat Rem Tangan Mobil

Model pengaman dengan anak kunci dianggap lebih praktis. Sementara angka kombinasi cukup merepotkan jika pemiliknya lupa kombinasi angka untuk membuka kuncinya.

Untuk menjaga performa kunci stir mobil tetap terjaga, ingat untuk lakukan beberapa hal di bawah ini ya.

wd40

Merawat kunci stir

Saat menggunakan kunci stir mobil, usahakan roda kemudi tidak berbalut cover. Hal ini karena bahan cover dapat saja berubah warna atau rusak saat sering digunakan bersamaan dengan kunci pengaman stir.

Saat menggunakan kunci pengaman mobil, usahakan roda kemudi tidak berbalut cover. Hal ini karena bahan cover dapat saja berubah warna atau rusak saat sering digunakan bersamaan dengan kunci pengaman stir mobil.

Baca juga: Ada 5 Jenis Parkir Mobil, Apa Kamu Sudah Tahu?

Kedua, jauhkan kunci pengaman dari air karena bisa menimbulkan karat dan macet pada lubang kunci. 

Bersihkan kunci dengan lap kering, semprotkan cairan pelumas WD40 pada lubang kunci setiap satu bulan sekali. Cukup mudah kan?

Setelah mengetahui jenis dan ragam kunci pengaman stir anti maling, mana yang jadi pilihanmu? Ingat ya, meski mobil telah dipasang pengaman, sebaiknya jangan lengah.

Hindari parkir mobil sembarangan, atau pada tempat yang kurang penerangan di malam hari. Parkirlah mobil di tempat parkir resmi, atau pada garasi dengan pintu tertutup demi keamanan. Stay safe!

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi