Search Cars

Tips & Rekomendasi

Tips Aman Isi Bensin Mobil Ketika Berada di SPBU

Patuhi tips aman isi bensin agar tetap nyaman dan tidak menimbulkan kondisi yang berbahaya. Apa saja yang bisa dilakukan?

tips aman isi bensin

Tips aman isi bensin perlu menjadi perhatian bagi pemilik kendaraan yang sedang berada di area Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Dengan mematuhi aturannya, bisa terhindar dari berbagai risiko yang merugikan. 

Area SPBU sendiri merupakan area yang berbahaya, itulah mengapa terdapat aturan-aturan yang harus dipatuhi oleh para pemilik kendaraan yang akan mengisi bahan bakar di SPBU. 

Apa saja yang bisa dilakukan, infografis berikut ini akan menjelaskannya!

tips aman isi bensin

Selain tips aman isi bensin mobil tadi, sebenarnya ada aturan tidak tertulis ketika sedang berada di SPBU. Beberapa hal berikut ini merupakan aturan tidak tertulisnya:

Antre sesuai aturan

Ketika sedang mengisi bahan bakar, pemilik kendaraan harus selalu antre dan bersabar menunggu giliran. Jangan sampai mendahului atau menyalip kendaraan yang berada di depan karena itu melanggar aturan. 

Baca juga: Aturan Isi BBM di SPBU, Biar Semua Nyaman

Hal seperti itu sebenarnya bisa dicegah jika saja mematuhi aturan tidak tertulis tentang harap antri. Apapun status sosial, semua konsumen SPBU harusnya bersabar dan mengantri sesuai jalur pengisian demi terciptanya kenyamanan bersama.

tips aman isi bensin

Siapkan uang pas

Aturan tidak tertulis lainnya adalah menyiapkan uang pas sebelum membayar. Terkadang proses menunggu kembalian inilah yang membutuhkan waktu lama dan membuat nunggu antrian lebih lama.  

Itulah mengapa, Pertamina juga mengatur pembelian untuk BBM Pertalite dengan aplikasi khusus yang pembayarannya secara non tunai. Hal ini salah satunya untuk mempersingkat proses pembayaran dan memperpendek antrian di SPBU.

turun kendaraan

Turun dari kendaraan

Saat mengisi bensin, biasanya para pemilik kendaraan memilih untuk menunggu di dalam mobil. Padahal sebenarnya, ketika sedang melakukan proses pengisian bensin pemilik kendaraan turun dari kendaraan. 

Baca juga: Malas Isi BBM, Apa Efek Tangki Bensin Sering Kosong?

Ini dilakukan sebagai langkah pencegahan dan berjaga-jaga ketika ada situasi yang darurat. Sehingga ketika ada situasi darurat atau situasi yang membahayakan, pemilik kendaraan bisa langsung pergi dan mempermudah proses evakuasi. 

Selain mempermudah mobilitas ketika terjadi situasi yang membahayakan, dengan turun dari kendaraan maka pemilik juga bisa memantau secara langsung proses pengisian bensin. Apakah sudah sesuai dengan yang diminta atau tidak. 

Pada dasarnya, Pertamina memang tidak memiliki aturan wajib ataupun aturan tertentu bagi pemilik kendaraan ketika sedang mengisi bensin. Namun, dengan adanya aturan-aturan ini bisa menciptakan suasana yang nyaman antara konsumen dan pengisi SPBU. 

Jadi, sudah tahu kan tips aman isi BBM? Cobalah untuk menerapkannya ya ketika sedang mengisi bensin nanti!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.