Search Cars

Berita Utama Otomotif

Aturan Isi BBM di SPBU, Biar Semua Nyaman

Aturan isi BBM dibuat untuk menjaga kenyamanan dan ketertiban seluruh pengguna jasa SPBU. Harap patuhi dan jangan dilanggar ya!

aturan isi bbm

Dibuatnya aturan isi BBM di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) tentu untuk mengatur ketertiban semua orang. Namun tidak jarang, aturan-aturan tersebut malah dilanggar dengan beragam dalih dan alasan.

Ada peraturan tidak tertulis dan tertulis yang dianggap sebagai norma saat berada di SPBU. Yuk, kenali aturan-aturan tersebut biar sama-sama nyaman saat di SPBU.

aplikasi MyPertamina

Aturan tidak tertulis

Umumnya, aturan tidak tertulis utama saat berada di SPBU adalah harap antri. Sepanjang apapun kendaraan, semua diharapkan antri sesuai jalur pengisian BBM. 

Baca juga: Harga BBM Pertamina Kembali Naik, Apa Saja yang Berubah?

Viral kejadian, seorang oknum anggota DPRD di Palembang memukuli pengendara wanita karena diduga salah paham saat mengantri BBM. 

Anggota dewan tersebut kabarnya menyerobot antrian Pertalite demi bisa masuk ke antrian Pertamax. Penumpang wanita yang tidak terima antriannya diserobot, tidak mengalah untuk memberi jalan. Ujungnya cekcok dan pemukulan oleh oknum DPRD tersebut. 

Hal seperti itu sebenarnya bisa dicegah jika saja mematuhi aturan tidak tertulis tentang harap antri. Apapun status sosial, semua konsumen SPBU harusnya bersabar dan mengantri sesuai jalur pengisian demi terciptanya kenyamanan bersama.

Siapkan uang pas

Aturan tidak tertulis lainnya adalah menyiapkan uang pas. Kadang-kadang, proses mengembalikan uang pembayaran menyita waktu dan memperlama antrian. 

Baca juga: Ngecas Mobil Listrik vs Biaya Isi Bensin, Mana Lebih Hemat?

Untuk itu, saat ini Pertamina juga mengatur pembelian BBM Pertalite dengan aplikasi khusus yang pembayarannya secara non tunai. Hal ini salah satunya untuk mempersingkat proses pembayaran dan memperpendek antrian di SPBU.

aplikasi MyPertamina

Turun dari kendaraan

Aturan tidak tertulis lainnya adalah untuk turun dari kendaraan saat proses pengisian BBM. Hal ini untuk memudahkan proses evakuasi saat hal-hal tidak diinginkan terjadi. 

Dengan turun dari kendaraan, pengemudi dapat juga memantau proses pengisian dan nominal BBM yang tertera di pompa bahan bakar. 

Pertamina tidak membuat aturan wajib untuk turun dari kendaraan bagi pemilik mobil. Hanya saja kebiasaan ini dianggap lebih baik untuk menciptakan komunikasi antara konsumen dan petugas pengisian BBM.

Baca juga: Mobil di Atas 500 Juta dan Motor di Atas 50 Juta Dilarang Isi Pertalite, Benar?

Selain aturan tidak tertulis tadi, ada juga aturan tertulis selama berada di lokasi SPBU. Apa saja aturan tersebut dan artinya?

aturan isi bbm

Aturan tertulis

Ada juga sejumlah aturan tertulis yang terpampang di SPBU sebagai pengingat kepada konsumen untuk mematuhinya. Apa saja aturan tersebut?

Dilarang menelpon di SPBU

Risiko kebakaran mengintai bagi siapapun yang menelepon menggunakan smartphone saat di SPBU. Hal ini karena sinyal elektrik dari smartphone dapat menimbulkan percikan api dan berbahaya bagi proses pengisian BBM. 

pertamina

Dilarang merokok 

Jelas, rokok adalah sumber api yang berbahaya saat berdekatan dengan proses pengisian BBM. Percikan apinya dapat memicu kebakaran jika terjadi kontak dengan uap BBM atau tetesan BBM yang tercecer di sekitar pompa bahan bakar.

Dilarang memotret

Larangan ini sebenarnya lebih kepada aturan komersial. Memotret di SPBU harus mendapatkan izin dari pengelola SPBU terkait, atau izin langsung dari Pertamina. 

Baca juga: Beli Pertalite Pakai Aplikasi MyPertamina, Bagaimana Caranya?

Selain itu, lampu kilat pada kamera dianggap berbahaya karena dapat memicu percikan api saat berhubungan dengan uap BBM yang keluar dari tangki kendaraan.

Matikan mesin kendaraan saat mengisi BBM

Aturan ini dibuat juga untuk meminimalkan risiko kebakaran. Saat mesin kendaraan menyala, ada aliran api dari ruang bakar, dari kabel busi dan koil, hingga sumber listrik dari aki. Ini semua berpotensi menimbulkan kebakaran.

Aturan isi BBM di SPBU, baik tertulis dan tidak tertulis yang dibuat untuk kenyamanan bersama.

Baca juga: Mahal! Segini Aslinya Harga BBM Bersubsidi di Indonesia

Jika kamu termasuk orang yang tidak ingin antri saat mengisi BBM, sebaiknya mengisi di waktu malam hari. Karena biasanya saat malam antrian kendaraan tidak sepanjang di waktu pagi hari.

Kebiasaan mengisi BBM ini jelas tidak ada hubungannya dengan mitos terkait volume bahan bakar yang didapat. Kamu sebaiknya segera mengisi BBM jika tangki telah kosong demi menghindari kerusakan akibat telat mengisi BBM. 

Jadi, sudah paham ya aturan isi BBM di SPBU? Yuk ikuti dengan patuh demi kenyamanan semua orang.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.