beli pertalite

Beli Pertalite Pakai Aplikasi MyPertamina, Bagaimana Caranya?

beli pertalite

Setiap beli Pertalite dan Solar bersubsidi mulai 1 Juli mendatang akan diatur oleh PT Pertamina (Persero). Dalam pembelian kedua jenis bahan bakar yang merupakan golongan BBM bersubsidi ini diwajibkan untuk menggunakan aplikasi MyPertamina . 

Pemberlakuan mengenai aturan ini sebenarnya bukan tanpa alasan. Sebagai BBM bersubsidi, penyaluran Solar dan Pertalite penugasan ini memang diatur oleh regulasi yaitu Peraturan Presiden No. 191/2014 dan Surat Keputusan (SK) BPH Migas No. 4/2020.

Menanggapi hal ini, masyarakat ada yang setuju ada pula yang tidak. Namun, tidak perlu khawatir karena pihak Pertamina akan memberikan waktu buat kamu yang ingin melakukan pendaftaran melalui aplikasi MyPertamina tersebut. 

Baca juga: Aturan Baru, Mobil Mewah Dilarang Beli Pertalite

Jika sampai waktu yang ditentukan, tanggal 1 Juli 2022, kamu belum mendaftar maka tidak bisa belia Pertalite dan Solar sebagai BBM bersubsidi. Nantinya saat di SPBU, kamu akan diarahkan untuk membeli BBM non subsidi seperti Pertamax dan lainnya. 

beli pertalite

Cara daftar aplikasi MyPertamina

Lantas, bagaimana cara melakukan pendaftaran melalui aplikasi MyPertamina? Ikutilah langkah-langkahnya berikut.

  • Kamu harus melakukan install aplikasi MyPertamina melalui Google Play Store atau App Store.
  • Setelah aplikasi berhasil di-install kamu bisa langsung membuka aplikasi. Kemudian akan muncul laman untuk melakukan setup dan klik “Lanjut” 
  • Pilih “Mulai” dan isi nomor telepon yang aktif serta tentukan PIN yang terdiri dari 6 digit
  • Pada laman registrasi isi biodata seperti Nama Lengkap, Nomor Telepon, PIN 6 Digit dan ketik ulang PIN 6 digit barulah klik “Daftar”
  • Jika sudah selesai mengisi biodata maka aplikasi MyPertamina akan mengirimkan kode SMS OTP ke nomor yang tadi sudah didaftarkan
  • Masukkan kode SMS OTP yang didapatkan untuk melakukan verifikasi. Lalu, setelah proses verifikasi berhasil langkah selanjutnya tekan “Ok” dan langsung akan otomatis login ke aplikasi MyPertamina
  • Jika mendapatkan notifikasi permintaan izin pada perangkat untuk mengakses lokasi, mengambil gambar, dan mengakses foto, media, dan file, klik “Izinkan” 
  • Kamu harus menghubungkan aplikasi MyPertamina dengan akun LinkAja sebagai metode pembayaran. Buat yang belum memiliki aplikasi LinkAja, bisa langsung mengunduh aplikasinya di Google Play ataupun App Store.

Pelanggan tidak memiliki aplikasi MyPertamina

Nah, buat kamu yang ingin beli Pertalite tapi tidak memiliki aplikasi MyPertamina maka tidak perlu khawatir karena pendaftarannya bisa juga dilakukan melalui website. Untuk pendaftarannya, kamu bisa langsung daftar ke https://subsiditepat.mypertamina.id/

Baca juga: Alasan Toyota Corolla Bisa Jadi Mobil Paling Laris di Dunia

Kalau sudah melakukan pendaftaran kendaraan serta identitas melalui website MyPertamina, akan diberikan notifikasi melalui email yang didaftarkan. 

Setelah itu, kamu akan diberikan QR Code khusus yang menunjukkan bahwa data-data sudah terverifikasi dan bisa beli Pertalite dan Solar bersubsidi. 

Untuk pemberlakukan aturan terbaru ini, rencananya akan dilakukan uji coba awal di beberapa kota/kabupaten yang tersebar di 5 provinsi. Diantaranya adalah Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Jawa Barat, dan Yogyakarta. 

Jadi, kamu yang berada di kota/kabupaten tersebut sebaiknya segera siap-siap untuk mendaftar ya. Jangan sampai terlewat dan tidak bisa mendaftar, ingat pendaftarannya akan dimulai pada tanggal 1 Juli 2022 ya! 

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *