Alasan Toyota Corolla Bisa Jadi Mobil Paling Laris di Dunia

Salah satu mobil paling laris yang ada di dunia adalah Toyota Corolla. Mengapa mobil ini bisa menjadi yang paling banyak dimiliki?

mobil paling laris

Mobil paling laris di dunia salah satunya adalah Toyota Corolla. Mobil ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1966 dan pada tahun 2021 lalu berhasil mencatat penjualan sebanyak 50 juta unit secara global. 

Untuk pasar Indonesia sendiri, mobil ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1970-an. Pada awalnya, Toyota Corolla diperkenalkan pada tahun 1966 di Jepang yang kemudian menyebar ke seluruh dunia dan menjadi mobil yang paling diminati. 

Saat ini di Indonesia terdapat 2 varian Toyota, yaitu Corolla Altis V yang menggunakan mesin 1.800 cc hingga yang terbaru adalah varian hybrid

Baca juga: 5 Mobil Hybrid Toyota dan 6 Kelebihannya

Lalu, apa saja sih yang membuat Toyota Corolla menjadi mobil yang paling laris di dunia? Inilah beberapa alasannya: 

mobil paling laris

Memiliki banyak varian

Alasan pertama mengapa Toyota Corolla menjadi mobil paling laris adalah karena jenis body mobil yang bervariasi. Meskipun identik dengan sedan, seiring dengan perkembangannya tersedia juga jenis coupe 2 pintu, sampai wagon 5 pintu.

Kemudian pada generasi kedua, Corolla juga menghadirkan varian van yang berlanjut liftback di generasi selanjutnya. Dan pada generasi ketujuh ada juga model MPV yaitu Corolla Spacio yang diproduksi pada tahun 1997-2009. 

Tidak hanya itu saja, Corolla juga memproduksi crossover di Amerika yaitu Corolla Matrix atau Toyota Matrix dengan mengambil basis Corolla generasi kesembilan (E120/E130). Sedangkan yang terbaru adalah Toyota Corolla Cross dengan tampilan yang benar-benar jauh berbeda dari versi-versi sebelumnya. 

mobil paling laris

Desain eksterior mobil mewah 

Toyota Corolla juga dikenal memiliki desain mobil yang mewah sesuai zaman dan tidak lekang oleh waktu. Tidak heran mengapa banyak orang yang masih berminat untuk memiliki berbagai mobil ini meskipun mobilnya sudah berusia tua. 

Baca juga: Selisih Dikit, Mending Toyota Corolla Altis atau Toyota Corolla Cross?

Selain itu, ciri khas modern dan simpel pada berbagai jenis mobil Toyota Corolla juga membuat mobil ini banyak dijadikan sebagai investasi atau koleksi mereka. Dengan ciri khas visual yang agresif dan menohok, siapapun akan langsung terkesima saat melihat mobil ini.

kabin premium

Kabin premium dan nyaman 

Salah satu andalan pada pada Toyota Corolla adalah kualitas interior yang tampak berkelas. Tidak hanya itu saja, kualitas sensorik pada panel kontrolnya juga hadir dengan sentuhan-sentuhan kemewahan. 

Desain jok mobil yang nyaman, mampu menyangga tubuh penumpang dengan baik ditambah kabin yang luas sehingga penumpang bisa leluasa untuk bergerak. Tidak hanya itu saja, ruang kaki pada Corolla juga cukup luas bagi penumpang untuk bergerak berkat bentuk mobil yang panjang. 

TNGA

Platform TNGA 

Pada generasi terbarunya, yaitu generasi ke-12 All New Toyota Corolla menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) yang dikembangkan untuk mencapai optimalisasi keseimbangan dalam kelincahan, stabilitas, dan visibilitas. 

Baca juga: Perbandingan Toyota Corolla Cross Hybrid dan Bensin Dari Pengguna

Dengan adanya platform TNGA ini, Toyota dapat menurunkan center of gravity Corolla Altis serendah 10 mm. Hal ini membuat mobil jadi tidak mudah limbung, dan sanggup melakukan pergerakan dengan baik di berbagai kondisi jalan.

Pada Corolla Altis terbaru, suspensi depan MacPherson Strut mendapat sentuhan agar bisa meningkatkan respons dan akurasi pengemudi saat berbelok, lincah ketika melakukan manuver, grip ban depan yang optimal, serta lebih nyaman saat di jalan. 

mobil paling laris di dunia

Memiliki varian hybrid

Alasan lain mengapa Corolla menjadi mobil paling laris adalah kemampuannya untuk selalu hadir dengan teknologi-teknologi yang sesuai dengan perkembangan zaman. Salah satunya adalah dengan menghadirkan varian hybrid pada generasi terbarunya.

Baca juga: 6 Alasan Toyota Agya Cocok Jadi Mobil Pertama

Toyota All New Corolla Altis yang sudah mendapatkan varian hybrid ini, menggunakan mesin dengan kode 2ZR-FXE 1.798 cc 4-silinder DOHC Dual VVT-i. Memiliki daya 95 PS pada 5.200 rpm dan torsi 14,47 Kgm pada 4.000 rpm. 

Motor listriknya mampu menghasilkan daya 72 PS dan torsi 16,62 Kgm. Dan juga tersedia 4 mode berkendara yang bisa dipilih Untuk memberikan pengemudi opsi karakter berkendara yaitu NORMAL, ECO, SPORT, dan EV mode.

fitur keamanan mumpuni

Fitur keamanan mumpuni

Dari segi keamanan, mobil ini memang layak mendapatkan gelar untuk mobil paling laris. Pada generasi Toyota Corolla terbaru, fitur keamanannya sudah sangat mumpuni dan tentunya membuat penggunanya merasa aman. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Compact SUV untuk Keluarga Kecil

Mulai dari rem ABS+EBD+BA, 7 airbags, Hill Start Assist (HSA), Drive Start Control (DSC), Rear Cross Traffic Allert (RCTA) dan Blind Spot Monitor (BSM). Tidak lupa juga terdapat fitur Toyota Safety Sense (TSS) untuk lebih meyakinkan penumpang dari segi keamanan. 

Fitur-fitur TSS yang ada di Toyota Corolla adalah Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), Automatic High Beam (AHB), dan Dynamic Radar Cruise Control (DRCC). 

Bagaimana, apakah alasan-alasan ini membuat ingin segera memiliki Toyota Corolla? Nah, jika tertarik ingin membelinya jangan lupa untuk mengeceknya ke SEVA untuk mengetahui spesifikasi lengkap beserta harganya. 

Baca juga: Keunggulan Toyota Veloz yang Beda dengan MPV Lain

Tidak perlu khawatir juga untuk yang ingin membelinya secara kredit karena ada fitur simulasi kredit yang bisa digunakan beserta DP yang bisa disesuaikan. 

Jadi, tunggu apalagi karena Anak Kecil Aja Tahu kalau beli mobil pilih yang Jelas dari Awal hanya di SEVA!