Selisih Dikit, Mending Toyota Corolla Altis atau Toyota Corolla Cross?

Memilih antara Toyota Corolla Altis atau Toyota Corolla Cross mungkin bisa membuat bingung. Nih perbandingan antara keduanya!

toyota corolla altis

Toyota Corolla Altis identik dengan mobil berbentuk sedan premium. Namun, untuk menjangkau pasar yang lebih luas saat ini juga tersedia Toyota Corolla Cross yang mungkin terlihat lebih gagah. 

Tidak hanya pada bentuknya, beberapa bagian pada kedua mobil tersebut juga memiliki perbedaan. Hal ini tentunya bisa disesuaikan dengan kepribadian dan kebutuhan masing-masing pengendara pada mobil mereka. 

Untuk lebih lengkap mengenai perbedaan keduanya, simak ulasannya berikut ini: 

toyota corolla altis

Segi eksterior 

Dari segi eksterior, Toyota Corolla Altis terlihat lebih modern dan agresif. Dengan bentuk grille depan berbentuk trapezoid, sedan ini terlihat lebih gagah. 

Baca juga: Toyota Corolla Cross Hybrid dan Toyota C-HR Hybrid, Pilih Mana?

Pada bagian fascia depan juga terlihat lekuk bodi tiga dimensi yang membuatnya terlihat lebih keren. Pada sudut pojok depan terdapat fog lamp yang mengisi lekukan C-shaped yang membuat sedan ini terlihat lebih lebar. 

Dilihat dari sisi samping, sedan ini tetap mempertahankan ciri khas Corolla. Dengan ban pelek 17 inci, kendaraan ini terlihat macho. 

Dari sisi belakang, New Altis juga memberi kesan impresif dengan adanya bentuk LED yang didesain menarik, serta adanya bumper bawah yang dibuat melekuk untuk mempertegas gaya dinamis mobil ini. 

Sedangkan Toyota Corolla Cross cenderung lebih sporty. Terlihat pada bagian grille yang sangat ikonik. Dengan ukuran yang cukup besar dan memiliki bentuk trapesium ganda menjadi elemen ketangguhan yang tiada tara.

Baca juga: 6 Alasan Toyota Agya Cocok Jadi Mobil Pertama

Toyota Corolla Cross ini juga dilengkapi Power Moonroof yang mampu memberikan pengalaman perjalanan menyenangkan. Selain itu ada pula Beaming LED Foglamp dan ukuran ban 18 inci Alloy Wheel yang melengkapi desain Toyota All New Corolla Cross.

Varian Toyota Corolla Cross memiliki berbagai warna, seperti Attitude Black Metallic, Platinum White Pearl, Metal Stream Metallic, Graphite Metallic, Red Mica Metallic, Nebula Blue Metallic, Celestite Gray Metallic. Pilihan warna ini juga ada di varian hybrid.

toyota corolla cross

Segi interior

Pada bagian interior, Toyota Corolla Altis tidak kehilangan identitasnya dengan tetap bertumpu pada desain dashboard simple dengan garis panel warna brushed chrome yang menghiasi kisi AC. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Compact SUV untuk Keluarga Kecil

Unsur modern juga terlihat dengan disematkannya layar digital 7 inci yang bisa menampilkan informasi terkini  kondisi mobil. Ada juga tombol multifungsi yang bisa dihubungkan dengan telepon, audio, MID maupun paddle shift. 

Salah satu hal yang memikat dari interior mobil ini adalah jok depan dengan aksen kulit. Dengan jok depan berbentuk semi bucket seat serta pengaturan elektrik, jok depan terasa nyaman. 

Sementara pada jok bagian belakang dilengkapi dengan armrest. Jika memang diperlukan, jok belakang bisa dilipat untuk memperluas bagasi. Penumpang pun akan merasa selama mengendarai mobil ini. 

Baca juga: Keunggulan Toyota Veloz yang Beda dengan MPV Lain

Fungsi hiburan diemban oleh head unit berteknologi Advanced Multimedia System. Melalui head unit itu, pengguna bisa memutar file audio video yang ada di smartphone untuk dihubungkan melalui Bluetooth, USB, DLNA maupun Miracast.  

Sedangkan pada interior Toyota All New Corolla Cross, terasa sekali aura elegan. Khususnya di bagian dashboard yang memiliki kombinasi warna hitam dan silver chrome.

Tidak kalah dari Corolla Altis, Corolla Cross juga dilengkapi dengan Multi-Purpose Head Unit (9″ Display with AM/FM Stereo, Bluetooth, Miracast, NFC and Voice Command), Dual Zone With Auto Function, Elegant Steering Wheel Design, dan Illuminating Console.

Baca juga: Beli Mobil Mewah Uang Rp 2M Dapat Apa Saja?

Tak hanya elegan, kenyamanan para penumpang pun sangat terasa karena kabin yang luas. Setiap penumpang bisa merasakan ruang kaki luas dan atap kabin tinggi.

toyota corolla cross

Mesin dan performa 

Memakai mesin 2ZR-FE 1.8 liter 4 silinder Dual VVT-i, Toyota Corolla Altis mampu memiliki tenaga 140 PS dengan torsi 177 Nm. Tenaga tersebut didistribusikan melalui transmisi 7-percepatan. 

Ditambah lagi dengan penyematan suspensi MacPherson Strut pada bagian depan dan Double Wishbone pada belakang, membuat performa sedan terbaru ini makin garang. Pengemudi bakal merasakannya saat melakukan manuver maupun akselerasi kencang dengan sedan All New Altis ini. 

Pada varian yang hybrid, All New Corolla Altis menggunakan mesin bensin 2ZR-FXE dan dinamo listrik dengan kapasitas 1.800 cc. Emisi gas yang dihasilkan hanya gas CO2 sebanyak 22 gram per kilometer.

Baca juga: 4 MPV Premium Toyota yang Nyaman Buat Keluarga

Dengan motor listrik yang dimiliki Corolla Altis Hybrid, tenaga yang dihasilkan mencapai 120 PS. Konsumsi BBM juga lebih irit 70% dibandingkan mesin bensin di kelas yang sama sekitar 18-22 kilometer per liter. Ini dapat terjadi karena adanya energi setrum.

TNGA (Toyota New Global Architecture) adalah teknologi platform terbaru Toyota dengan misi untuk menciptakan “Ever Better Cars”. Teknologi terdepan dari TNGA sudah disematkan pada Toyota All New Corolla Cross. 

TNGA dirancang untuk memuaskan semua pengendara dengan lima keunggulan, yakni kualitas berkendara, kenyamanan, keselamatan, kemudahan, dan kebanggaan.

Baca juga: Sering Diabaikan, Yuk Cek Ban Serep Mobil Sekarang!

Toyota All New Corolla Cross memiliki suspensi dengan teknologi terbaru untuk memberikan respons terbaik dan kenyamanan selama berkendara. Terdapat juga Center of Gravity yang sangat ideal untuk mempertahankan kelincahan mobil. 

Stabilitas mobil Sport Utility Vehicle (SUV) ini selama dikendara juga optimal dan dukungan visibilitas yang luas bagi pengendara. Konsumsi bahan bakar mobil ini juga semakin optimal lagi.

Masuk ke bagian dapur pacu, Toyota Corolla Cross memiliki tipe mesin 4 silinder segaris 16 Valve DOHC chain drive with Dual VVT-i. Tipe mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 140 PS dengan torsi 172 Nm. 

Baca juga: 5 Tanda Power Steering Rusak dan Cara Memperbaikinya

Selain itu juga masih ada Toyota Corolla Cross Hybrid. Tipe mesin Corolla Cross versi hybrid ini berkode 2ZR-FXE dengan kapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC plus teknologi VVT-i. 

Mesin bensin tersebut sanggup menghasilkan power maksimum sebesar 98 PS dan torsi 142 Nm. Motor listriknya mampu menghasilkan power maksimum sebesar 72 PS dan torsi sebesar 162 Nm.

Terdapat beberapa benefit yang bisa didapatkan pada varian HEV (Hybrid Electric Vehicle), salah satunya penggunaan bahan bakar yang lebih efisien. Namun tetap dapat menghadirkan performa dan kesenangan berkendara bagi penggunanya.

fitur keselamatan

Fitur keselamatan 

Toyota Corolla Altis memiliki banyak fitur memukau. Untuk pengemudi misalnya, terdapat tombol sport mode untuk mode berkendara yang lebih kencang. 

Baca juga: Kabin Panas, Begini Cara Menyalakan AC dan Mematikannya

Kendaraan ini juga dilengkapi dengan Vehicle Stability Control dan Electronic Parking Brake yang membuat pengemudi lebih mudah mengontrol kendaraan sesuai keinginan. 

Pada fitur keamanan, mobil ini sudah dilengkapi dengan ABS, Brake Assist, EBD, serta Hill Start Assist dan Clearance Sonar System. Terdapat juga 7 SRS Airbags yang bakal berfungsi saat keadaan darurat. 

Namun, pada All New Corolla Altis Hybrid sudah dilengkapi dengan Toyota Safety Sense (TSS) 2. Di dalam TSS versi 2 ini memiliki teknologi semi otonomos seperti Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Blind Spot Monitor (BSM), Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Tracing Assist (LTA), Lane Departure Assist (LDA), dan Automatic High Beam.

Baca juga: 5 Jenis Mobil Toyota Terbaru dengan Fitur TSS dan Harganya

Teknologi keselamatan di dalam Toyota All New Corolla Cross juga tidak kalah hebatnya dibandingkan fitur-fitur lainnya. Fitur keselamatan di Toyota All New Corolla Cross mencakup Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill-Start Assist (HSA). 

Dengan kedua fitur tersebut, pengemudi tidak perlu khawatir ketika sedang mengendarai mobil di jalanan tanjakan serta harus bermanuver.

harga mobil

Harga dan varian

Untuk harga Toyota Corolla Altis, lebih lengkapnya adalah sebagai berikut:

  • 1.8 V A/T (Non Premium Color) Rp 471.900.000
  • 1.8 V A/T (Premium Color) Rp 474.900.000
  • 1.8 L Hybrid A/T (Non Premium Color) Rp 521.100.000
  • 1.8 L Hybrid A/T (Premium Color) Rp 524.100.000

Sedangkan Harga Toyota Corolla Cross, lengkapnya sebagai berikut: 

  • 1.8 Hybrid A/T (Non Premium Color) Rp 519.200.000
  • 1.8 Hybrid A/T (Premium Color) Rp 522.100.000

Nah, jika tertarik untuk membeli mobil-mobil tersebut bisa langsung saja mengunjungi SEVA. Berbagai informasi seperti spesifikasi serta harga juga tersedia, serta bisa juga memanfaatkan fitur simulasi kredit untuk mengetahui cicilan sesuai dengan DP yang sudah disesuaikan. 

Terdapat juga fitur unggulan lainnya yaitu Instant Approval yang bisa membuat pembelian mobil menjadi lebih mudah, aman dan nyaman. Jadi, tunggu apalagi yuk beli mobil yang Jelas Dari Awal hanya di SEVA!