Search Cars

Berita Utama Otomotif

Harga BBM Pertamina Kembali Naik, Apa Saja yang Berubah?

Harga BBM Pertamina non-subsidi yaitu Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex kembali mengalami kenaikan. Berapa besarnya?

harga BBM Pertamina

Harga BBM pertamina hari ini kembali mengalami kenaikan dalam kurun waktu kurang dari sebulan. PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian harga terhadap Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex. 

Penyesuaian harga ini sesuai dengan  Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

Untuk Pertamax Turbo, kenaikan harganya mencapai Rp 1.700 per liter di seluruh wilayah penjualan. Sedangkan Dexlite, kenaikannya mencapai Rp 2.800 per liter dan Pertamina Dex kenaikannya sebesar Rp 2.400 per liter. 

Baca juga: Mahal! Segini Aslinya Harga BBM Bersubsidi di Indonesia

Selengkapnya, ini daftar harga BBM Pertamina yang berlaku sejak 3 Agustus 2022.

pertamax turbo

Pertamax Turbo

Harga BBM Pertamina seperti Pertamax Turbo pada awalnya yang terendah adalah Rp 16.200 dan yang tertinggi adalah Rp 16.900. Setelah terjadi penyesuaian, harga terendah adalah Rp 17.900 dan yang tertinggi adalah Rp 18.600. 

  • Rp 17.900 per liter di provinsi: Aceh, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur.
  • Rp 18.250 per liter di provinsi: Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka-Belitung, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat.
  • Rp 18.600 per liter di provinsi: Riau, Kepulauan Riau, Kodya Batam (FTZ), dan Bengkulu.
dexlite

Dexlite 

Kemudian untuk harga BBM Pertamina non-subsidi lainnya, yaitu Dexlite sebelum adanya kenaikan harga terendahnya adalah Rp 15.000 dan yang tertinggi adalah Rp 15.350. Setelah dilakukan penyesuaian, harga terendahnya adalah Rp Rp 17.800 dan yang tertinggi Rp 18.500. 

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Rem ABS di Mobil Masa Kini

  • Rp 17.800 per liter di provinsi: Aceh, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur.
  • Rp 18.150 per liter di provinsi: Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka-Belitung, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat.
  • Rp 18.500 per liter di provinsi: Riau, Kepulauan Riau, Kodya Batam (FTZ), dan Bengkulu.
pertamina dex

Pertamina Dex

Untuk harga BBM Pertamina non-subsidi yang terakhir, yaitu Pertamina Dex sebelum naik harga terendahnya adalah Rp 16.500 dan yang tertingginya adalah Rp 17.100. Setelah terjadi penyesuaian, harga terendahnya adalah Rp 18.900 dan yang tertinggi adalah Rp 19.600. 

Baca juga: Lebih Nyaman, Ini Rekomendasi Mobil dengan Captain Seat

  • Rp 18.900 per liter di provinsi: Aceh, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur.
  • Rp 19.250 per liter di provinsi: Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka-Belitung, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat.
  • Rp 19.600 per liter di provinsi: Riau, Kepulauan Riau, Kodya Batam (FTZ), dan Bengkulu.

Itulah daftar harga BBM Pertamina non-subsidi yang terbaru sesuai dengan daerah masing-masing. Bagaimana nih pendapat kalian mengenai penyesuaian harga tersebut? 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.