Tips & Rekomendasi

Banyak yang Salah, Ini 5 Perbedaan Carport dan Garasi

Salah kaprah pemahaman carport dan garasi memang lazim terjadi. Ada lima hal mendasar yang membedakan keduanya. Apa saja?

carport

Penyebutan carport dan garasi, umumnya dianggap memiliki arti yang sama. Kebanyakan orang menganggapnya bagian dari rumah yang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan mobil. 

Ini tentu kurang tepat. Pasalnya, carport dan garasi adalah dua hal yang berbeda, baik dari segi fungsi, ukuran, hingga materialnya. 

Biar paham, berikut adalah perbedaan-perbedaan dari carport dan garasi. Simak penjelasannya.

1. Arti kata

Merujuk arti kata, carport dalam situs Wikipedia diartikan sebagai emper mobil, atau sebagai tempat menyimpan kendaraan di depan rumah yang tidak memiliki garasi ataupun memiliki kendaraan lebih banyak dari kapasitas garasi. 

Baca juga: Keuntungan Beli Kredit Mobil Varian Tertinggi

Emper mobil ini biasanya dilengkapi dengan lantai yang diperkeras, serta struktur atap. Gunanya melindungi kendaraan dari air hujan, embun malam dan terik cahaya matahari.

Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti kata garasi adalah rumah-rumahan atau bagian rumah tempat menyimpan (menaruh) mobil dan sebagainya. Arti lainnya dari garasi adalah kandang mobil.

Jadi, cukup jelas ya perbedaan arti keduanya. Secara mudah dapat disimpulkan, carport bukan garasi. Karena garasi biasanya memiliki struktur bangunan tertutup dan bisa digunakan tidak hanya untuk menaruh mobil tetapi juga barang-barang lainnya.

carport

2. Luas lahan

Perbedaan mencolok adalah dari luas lahan. Untuk membuat emper mobil pada umumnya tidak membutuhkan luas yang besar. 

Baca juga: Ada 5 Jenis Parkir Mobil, Apa Kamu Sudah Tahu?

Berbagai pengembang perumahan dengan tipe hunian 45 dan tanah 65 meter persegi bahkan telah menyiapkan emper mobil seluas maksimum 10 meter persegi.

Sedangkan untuk garasi dengan kapasitas menyimpan 1 mobil, luas ideal setidaknya butuh 12,5 meter persegi hingga 18 meter persegi. Luas ini bisa bertambah jika jumlah mobil semakin banyak.

Mengapa garasi perlu lahan begitu luas? Karena fungsi garasi pada umumnya juga untuk menyimpan perkakas, sepeda, motor bahkan banyak yang menyulapnya menjadi gudang kecil.

3. Perbedaan bentuk

Secara bentuk, perbedaan emper mobil dan garasi sangat terlihat. Bentuk umum dari emper mobil biasanya hanya berupa lahan terbuka yang diberi atap. Bahkan kadang bagian lantainya tidak diberi ubin, hanya dicor dengan semen dan batu split.

Baca juga: Cara Parkir Paralel bagi Pengendara Mobil Pemula, Dijamin Bisa!

Sedangkan bentuk garasi lebih rapi dan kompleks. Bentuk bangunan biasanya terlindung dan dikelilingi oleh dinding sekelilingnya. Garasi juga dilengkapi atap dan pintu pada bagian muka dan atau di bagian samping.

4. Material dan biaya pembangunan

Perbedaan ketiga antara emper mobil dan garasi dapat dilihat dari material dan biaya pembangunannya. 

Untuk membangun emper mobil biasanyanya material yang digunakan lebih sederhana. Cukup dengan memperkeras lantai, dan menambahkan atap saja. Biaya yang diperlukan untuk membuat emper mobil seluas 10 meter persegi paling tinggi sekitar Rp 15 juta. 

Baca juga: Jenis dan Cara Merawat Rem Tangan Mobil

Sementara biaya pembuatan garasi tentu saja lebih mahal daripada emper mobil. Sebagai perkiraan, pembuatan garasi berukuran 18 meter persegi sekurangnya membutuhkan dana sampai Rp 40 juta atau lebih, bergantung kualitas material.

5. Faktor keamanan

Karena emper mobil tidak dibangun dengan tembok sekeliling dan tidak tertutup pintu secara rapat, maka urusan keamanan pun menjadi riskan. 

Sebaiknya kamu tidak menaruh benda berharga di emper mobil. Misalnya menaruh sepeda lipat yang berharga mahal, motor besar atau perkakas seperti tangga alumunium dan lainnya.

Baca juga: Mobil Kena Banjir, Apa Saja yang Harus Dicek?

Hal berbeda dengan garasi. Banyak pemiliknya sering menjadikan tempat penyimpanan selain menaruh mobil, karena faktor keamanannya cukup terjaga. 

Barang yang ditaruh di garasi tidak dapat dengan mudah dilihat dari luar rumah. Selain itu, pintu garasi umumnya memiliki kunci ganda, bahkan ada yang dikunci otomatis dengan remote.

mobil putih

Jadi, sudah paham dong perbedaan emper mobil dan garasi? Memang sebaiknya sebelum membeli mobil, pastikan dahulu ukuran emper mobil atau garasi penyimpannya telah sesuai.

Baca juga: Serba-serbi Mobil Putih, Elegan Sekaligus Manja

Jika memiliki luas lahan terbatas, maka sebaiknya menyiapkan emper mobil daripada membangun garasi yang butuh biaya besar. Carport ukuran 10 meter persegi sudah cukup menampung mobil LCGC seperti Toyota New Agya, Toyota New Calya, Daihatsu New Ayla atau Daihatsu Sigra.

Nah, saat sulit seperti sekarang, lebih baik membeli mobil secara kredit. Di SEVA, tersedia fitur kalkulator kredit yang akan membantumu menghitung cicilan secara tepat! 

Dengan demikian, perhitungan cicilanmu akan efektif dan dijamin terbebas dari kredit macet deh. Ingat ya, Anak Kecil Aja Tahu beli mobil harus aman dan Jelas dari Awal.

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi