Search Cars

Tips & Rekomendasi

Serba-serbi Mobil Putih, Elegan Sekaligus Manja

Fakta menarik dan unik dari mobil putih ini pasti bikin kamu terkejut. Sudah pada tahu belum? Penasaran nggak apa saja sih?

mobil putih

Memiliki mobil putih memang tricky, selain perawatan, tentunya warna ini lebih cepat terlihat kotor. 

Sebagai informasi, di periode tahun 1990 hingga tahun 2000 awal, orang justru enggan memiliki mobil warna putih karena ada mitos harga bekas mobil atau harga jualnya yang turun.

Tetapi nyatanya, pesona mobil putih tetap mendapat tempat di hati konsumen. Selain faktor warna yang simpel dan minimalis, warna putih juga identik dengan nilai-nilai futuristis.

Baca juga: Sejumlah Keuntungan Pembayaran DP Mobil Besar dan Kecil

Selain itu, dalam sebuah survei menunjukkan kalau ternyata mobil berwarna putih itu menjadi favorit banyak orang. Gak percaya? Cek langsung serba-serbi faktanya di bawah ini.

Tren pasar

Survei yang bertajuk Global Automotive Color Popularity 2021, menemukan fakta bahwa mobil warna putih menjadi warna favorit di semua kawasan globe.

Kawasan yang dimaksud meliputi Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, dan Asia Pasifik. Dengan detail di wilayah Asia Pasifik, warna putih mendapat persentase paling besar sampai 41 persen. 

Baca juga: Sejarah Daihatsu Charade yang Mengaspal di Indonesia

Warna lain yang populer di kawasan ini antara lain hitam dengan persentase 20 persen, perak dengan 12 persen, abu-abu dengan 7,5 persen dan merah sekitar 6,5 persen. 

Sementara di wilayah Amerika Selatan, mobil warna putih kembali mendominasi popularitas dengan prosentase hingga 40 persen. Untuk wilayah Eropa serta Amerika Utara, warna putih memimpin dengan masing-masing prosentase 26 persen dan 24 persen. 

Mengapa warna putih menjadi favorit banyak orang? Mungkin sejumlah keuntungan memiliki mobil warna putih di bawah ini bisa menjadi jawabannya.

mobil putih

Detail mobil

Keuntungan pertama adalah warna putih akan membantu menonjolkan lekuk dan desain serta ornamen pada body mobil. Ini jelas membuat mobil tampil lebih elegan ketimbang warna lain.

Baca juga: Cara Injak Pedal Rem Mobil Matic yang Benar

Warna putih juga memberikan kesan sebagai warna cerah yang berkelas. Tidak heran banyak pabrikan mobil yang kerap mengeluarkan warna ini dalam setiap rilisan terbaru produknya.

Sebut saja mobil Toyota New Alphard, Toyota New Vellfire, Toyota All New Camry sampai BMW X5 xDrive40i X Line

mobil putih

Menolak panas

Keuntungan kedua dari mobil berwarna putih adalah sifatnya yang memantulkan panas. Ini akan membuat suasana kabin mobil menjadi lebih nyaman dibandingkan mobil berwarna gelap.

Baca juga: Sudah Mulai Gak Dingin, Berapa Sih Biaya Service AC Mobil?

Secara tidak langsung mobil warna putih juga membuat kinerja mesin tidak berat karena kinerja AC normal. Kinerja mesin yang normal berujung juga pada konsumsi bahan bakar ideal, alias irit BBM. Cakep kan?

Nilai jual kembali

Faktor lain yang menjadi salah satu keuntungannya ternyata nilai jualnya tetap bersaing. 

Konsumen rata-rata memilih untuk membeli mobil dengan warna silver, putih dan hitam saat memilih kendaraan sekennya. 

Baca juga: Tips Memilih Warna Mobil Biar Gak Cepat Bosan

Warna putih dipilih karena dianggap sebagai warna netral yang mudah untuk dimodifikasi dengan stiker, aksesoris atau bahkan untuk dicat ulang. 

Faktor visibilitas 

Keuntungan lain dari mobil putih ini adalah faktor visibilitas alias keterlihatan di waktu malam. Berbanding dengan mobil berwarna gelap, mobil putih memiliki risiko kecelakaan 12 persen lebih kecil.

Ini berkaitan dengan sifat dari warna putih yang memantulkan cahaya dari sekitarnya. Sehingga keterlihatan kendaraan ini baik siang dan malam cukup tinggi.

Kamuflase baret

Satu hal lain yang menguntungkan adalah, warna putih dapat menyamarkan noda baret pada cat. Umumnya noda baret akan berwarna abu-abu pudar, warna ini terlihat menyatu dengan warna putih sehingga tidak terlalu terlihat.

Manjanya mobil putih

Tentu saja selain sejumlah faktor menguntungkan di atas, mobil warna ini juga kerap dijuluki manja. 

Baca juga: Tips Membersihkan & Menghilangkan Noda Aspal di Bodi Mobil

Selain warnanya mudah terlihat kotor, warna putih juga cepat kusam dan berjamur jika tidak dirawat berkala. Untuk mendapatkan warna putih yang tetap cerah terjaga, lakukan beberapa tips sederhana ini.

Pertama, cucilah dengan shampo khusus untuk cat berwarna putih. Merek dan jenisnya banyak dijual di toko daring. Shampoo khusus warna putih itu akan menjaga kilau cat tetap terjaga.

Kedua, jangan sering parkir kendaraan di bawah panas terik. Gunakan cover atau selimut khusus bodi untuk menghindari warna mobil menjadi kusam.

Ketiga, lakukan perawatan coating mobil untuk melindungi cat dari goresan debu, dan membuat kilapnya bertahan lama. Untuk proses coating harganya bervariasi tergantung jenis mobil, dan efek pelindungnya, harga mulai Rp 1.500.000.

Baca juga: Harga Coating Mobil Sesuai Jenis dan Kelebihannya

Nah, banyak kan fakta-fakta menguntungkan dari mobil putih? Masih penasaran dengan deretan mobil warna putih lainnya? Cek aja langsung daftarnya di SEVA.

Selain putih, tersedia juga warna-warna menarik lain yang bisa jadi pertimbangan kamu untuk memilih sesuai warna favorit.

Kamu juga bisa pakai fitur kalkulator kredit dan Instant Approval untuk mendapatkan perhitungan cicilan kredit paling sesuai kemampuan. 

Beli mobil paling nyaman, aman dan selalu Jelas dari Awal ya cuma ada di SEVA

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.