Sejarah Daihatsu Charade yang Mengaspal di Indonesia

Mobil Daihatsu Charade bisa dibilang jadi salah satu legenda mobil perkotaan pada era 90-an. Ini dia sejarah sang legenda.

daihatsu charade

Mobil Daihatsu Charade mengaspal perdana di Indonesia pada tahun 1977 lampau. Modelnya yang kompak pada saat itu membuatnya langsung jadi primadona jalanan.

Selama periode tahun 1977 sampai 1998, mobil ini terbilang laris manis dan diproduksi hingga generasi ketiga. 

Kepopulerannya membuat Daihatsu Charade juga diproduksi di China oleh pabrikan FAW Tianjin dan diberi merk “China FAW”. Namun masyarakat mengenalnya dengan sebutan Xiali. 

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Isi Bensin, Siang Atau Malam Hari?

Penasaran dengan sepak terjang sang legenda? Langsung deh simak selengkapnya perjalanan mobil sesepuh hatchback di Indonesia ini.

Generasi pertama

Daihatsu Charade G10 adalah mobil generasi pertama yang hadir ikonik dengan desain dua lampu bulatnya. 

Desainnya hadir dengan versi empat pintu dan satu pintu bagasi yang bisa dibuka. Sementara di negara Asia lain, Charade juga hadir dengan desain dua pintu.

Baca juga: Alasan Desain Tapak Ban Mobil Beragam

Uniknya, spion mobil dibuat hanya 1 buah di bagian kiri saja. Hal ini mengikuti gaya pada saat tersebut. 

Generasi pertama dibekali mesin 1.0 L atau 993 cc dengan konfigurasi 3 silinder yang diberi kode CB-10 dengan transmisi manual 4 percepatan. 

Mesin ini  mampu menghasilkan tenaga sampai 55 daya kuda pada 55 RPM dan torsi 77 Nm pada 2.800 RPM. Sangat bertenaga di masanya!

Baca juga: Salah Kaprah Memanaskan Mesin Mobil di Pagi Hari

Salah satu hal yang membuat Charade segera mendapat hati di konsumen Tanah Air karena bobotnya yang ringan tapi punya kemampuan maksimal.

Meski berbadan imut, dengan jarak sumbu roda 2.300 milimeter, namun performanya tetap kuat untuk melalap tanjakan dengan kondisi penumpang full. Keren kan?

Generasi kedua

Pada tahun 1983, Daihatsu Charade mengalami pembaruan. Disebut sebagai generasi kedua dan diberi nama G20. 

Baca juga: Plus Minus Bengkel Ketok Magic, Apa yang Dikerjakan?

Secara desain, hanya ada sedikit perubahan dimana telah menyematkan dua spion di kanan dan kiri, desain lampu depan berubah serta desain body lebih segar.

Sedangkan untuk jeroan dapur pacunya, masih sama dengan sang kakak, G10. Sehingga performanya masih tetap dipertahankan. 

Saat dipasarkan di Indonesia, harganya saat itu termasuk terjangkau sekitar Rp 20 jutaan. Makin larislah sang legenda!

Generasi ketiga

Generasi terakhir diproduksi tahun 1988 yaitu Daihatsu Charade G102 yang juga menjadi basis dari mobil Daihatsu Charade Winner dan sedan Daihatsu Charade Classy.

Baca juga: New Daihatsu Sigra Bisa Menjadi Pilihan untuk Keluarga Muda 

Masa produksinya cukup panjang dan berakhir hingga 1998, atau saat krisis moneter melanda Indonesia.

Selama produksi tersebut ada juga varian Daihatsu Charade G11/CS. Dengan tampilan yang telah berubah total serta desain body sedikit gemuk. 

Lampu depan kotaknya telah disandingkan dengan gril sarang lebah yang populer saat itu.

Desain ini segera mendapat sambutan hangat khususnya di kalangan anak muda. G11 sempat mendapat beberapa kali sentuhan facelift dan makin disukai konsumen.

Baca juga: Mika Lampu Berembun, Bagaimana Solusinya?

Sektor mesin telah mendapat pembaruan dengan kode CB23, meski tenaganya menurun sedikit menjadi 52 daya kuda pada rotasi 5.600 RPM serta torsi 75 Nm di 3.200 RPM.

Salah satu keunggulannya adalah mesin mobil terbilang bandel dan mudah dirawat. Tak heran sampai sekarang masih banyak penggemar mobil dan kolektor yang memburu G11/CS meski unitnya semakin jarang.

Daihatsu Charade turbo

Salah satu varian yang dijual di Indonesia adalah versi turbo. Secara desain tidak berbeda dengan G11. Namun perbedaan ada di dapur pacunya.

Baca juga: Kenali Hal Penting Dalam Perawatan Mesin Hybrid

Charade turbo dibekali mesin sama, CB23 namun ada tambahan turbo IHI di dalamnya, sehingga membuatnya menjelma jadi mobil kecil bertenaga besar.  Varian inipun sampai sekarang menjadi rare item bagi para kolektor dan penggemar setianya.

Sejarah panjang Daihatsu Charade telah membuktikan mobil kecil dengan performa maksimal menjadi idola. 

Sekarang pun, banyak mobil berbodi mungil keluaran Daihatsu yang punya performa andal. Sebut saja Daihatsu New Sirion, Daihatsu Rocky, Daihatsu New Ayla atau Daihatsu Sigra

Baca juga: Fitur Baru Sirion yang Bikin Mobil Daihatsu ini Wajib Dimiliki

Biar makin paham, lihat spesifikasi lengkap mobil-mobil tersebut di SEVA. Jangan lupa, kamu juga bisa menghitung skema cicilan dengan kalkulator kreditnya. 

Sementara fitur Instant Approval akan membantumu mendapatkan hitungan kredit terbaik sesuai kemampuan finansial. Asik, kan? Pokoknya, Anak Kecil Aja Tahu deh, mau beli mobil yang Jelas dari Awal ya cuma di SEVA!