Search Cars

Tips & Rekomendasi

Plus Minus Bengkel Ketok Magic, Apa yang Dikerjakan?

Bengkel ketok magic sering jadi alternatif untuk memperbaiki mobil yang rusak selain dealer resmi. Memang, apa saja sih yang dikerjakan?

bengkel ketok magic

Bengkel ketok magic merupakan istilah yang sering digunakan untuk memperbaiki kerusakan mobil, terutama pada bagian bodi. Seringkali, ini juga menjadi cara alternatif bagi para pemilik mobil untuk memperbaiki kerusakan mobilnya. 

Sebenarnya, ketok magic sendiri pada awalnya bernama kenteng teter karena menggunakan alat bernama teter dan lamak. Pertama kali muncul di daerah Blitar, Jawa Timur dengan Ahmad Kalsan atau sering dipanggil Mbah Turut sebagai penciptanya. 

Buat yang belum tahu, teter dan lamak sebenarnya adalah lempeng besi yang terbuat dari baja. Lamak berfungsi sebagai penahan ketukan di bagian dalam atau belakang plat mobil, sedangkan teter berfungsi sebagai penahan ketukan dari depan pelat mobil.

Baca juga: New Daihatsu Sigra Bisa Menjadi Pilihan untuk Keluarga Muda

Menjadi populer pada tahun 1980-an karena prosesnya yang serba dirahasiakan, inilah kelebihan dan kekurangan bengkel ketok magic. 

bengkel ketok magic

Kelebihan bengkel ketok magic

Menggunakan jasa ketok magic memang ada kelebihan yang mungkin dirasakan oleh pemilik mobil. Beberapa kelebihan tersebut di antaranya adalah:

Lebih cepat

Pengerjaan mobil yang rusak jika melalui ketok magic biasanya tidak membutuhkan waktu yang lama karena tidak harus mengantre terlebih dulu. Berbeda jika harus memperbaiki kerusakan mobil di dealer resmi, biasanya akan terdapat antrean yang membuat pengerjaan mobil menjadi lebih lama. 

kenaikan harga

Harga yang terjangkau

Harga yang ditawarkan juga pastinya akan lebih murah jika dibandingkan melakukan perbaikan di dealer resmi. Untuk itu, bisa menjadi alternatif bagi pemilik mobil yang mungkin tidak mau mengeluarkan uang lebih mahal namun tetap menginginkan hasil yang hampir sama dengan dealer resmi. 

Pengerjaan sesuai permintaan

Pelanggan bisa melakukan permintaan sesuai dengan yang mereka inginkan ketika sedang memperbaiki mobilnya. Misalnya saja, pelanggan hanya minta mobilnya diperbaiki tetapi untuk bagian-bagian mobil tidak ada yang diganti. 

Baca juga: Harga Busi Mobil Avanza dan Xenia Mahal, Benarkah?

Jika ingin melakukan penggantian parts mobil juga bisa disesuaikan dengan keinginan. Sehingga tidak selalu semua parts mobil langsung diganti secara keseluruhan ketika melakukan perbaikan mobil. 

bengkel ketok magic

Kekurangan bengkel ketok magic

Meskipun ada kelebihannya, bukan berarti ketok magic ini tidak memiliki kekurangan ya. Tetap saja ada kekurangan yang mungkin akan ditemukan oleh para pelanggan, seperti berikut ini: 

Tempat pengerjaan terbatas

Biasanya pada bengkel ketok magic memiliki tempat yang tidak seluas dealer resmi. Dalam mengerjakan dempul, cat, ataupun pengetukan mobil dilakukan hanya pada satu tempat. Hal ini tentu bisa membuat perbaikan mobil menjadi tidak maksimal. 

Tidak dilakukan di tempat steril

Pengerjaan yang tidak dilakukan di tempat steril seperti dealer resmi juga bisa mempengaruhi hasil akhir pada mobil. Misalnya saja, pada saat melakukan pengecatan mobil tentunya akan menjadi tidak sempurna karena ada risiko debu atau kotoran yang menempel.

pengecatan mobil

Bahan yang belum tentu sesuai

Beberapa bahan yang digunakan, seperti cat mobil belum tentu sesuai dengan standar yang memang sudah ditentukan oleh pabrikan mobil tersebut. Penggunaan bahan yang tidak sesuai itu akan membuat hasilnya juga menjadi tidak maksimal. 

Baca juga: Toyota New Calya Facelift 2022, Lebih Sporty dan Modern!

Nah, setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan bengkel ketok magic bagaimana pendapat kalian? Sebenarnya, apapun pilihannya itu semua tergantung kepada pemilik mobil itu sendiri mana karena mereka yang mengetahui mana yang lebih dibutuhkan. 

Namun, supaya mobil tidak sampai rusak dan harus diperbaiki sebaiknya berkendara dengan hati-hati ya! 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.