Search Cars

Tips & Rekomendasi

Salah Kaprah Memanaskan Mesin Mobil di Pagi Hari

Memanaskan mesin mobil, terutama di pagi hari menjadi kebiasaan yang sering dilakukan. Tapi, apakah memang bermanfaat?

memanaskan mesin mobil

Kebiasaan memanaskan mesin mobil sebelum menggunakannya banyak dilakukan oleh pemiliknya. Biasanya kebiasaan ini dilakukan pada pagi hari sebelum memulai aktivitas dengan mobilnya itu. 

Pada dasarnya, tujuan dari pemanasan mesin ini untuk memberikan waktu pada pelumas untuk melakukan sirkulasi di mesin. Jika tidak dilakukan, komponen mesin bisa rusak karena pelumasan mobil belum terjadi secara sempurna. 

Namun, ternyata kebiasaan ini sebenarnya sudah tidak perlu dilakukan lagi. Inilah fakta-fakta mengenai memanaskan mesin mobil.

memanaskan mesin mobil

Ketahui jenis mesin mobil

Sebelum melakukan kebiasaan memanaskan mesin mobil, ketahui dulu jenis mesin yang ada pada mobil. Secara umum, ada 2 sistem pengabutan bahan bakar yaitu non-injeksi atau konvensional dan injeksi. 

Non injeksi

Pengabutan bahan bakar mobil non-injeksi atau konvensional biasanya digunakan pada mobil keluaran lama. Pada sistem ini, biasanya terdapat karburator yang digunakan untuk mencampur udara dan bahan bakar pada mesin pembakaran dalam.

Baca juga: 5 Cara Merawat Mesin Diesel Agar Selalu Bertenaga dan Awet

Pada dasarnya, agar mesin yang masih menggunakan karburator ini bisa dipanaskan agar pelumasan dan proses pembakaran bahan bakar berjalan dengan sempurna. 

Namun perlu diingat ya, jangan sampai memanaskannya terlalu lama, cukup  5 menit saja. Karena kalau terlalu lama memanaskan bisa menyebabkan mobil menjadi overheating. 

mesin bertenaga

Injeksi

Sedangkan untuk mesin dengan sistem pengabutan bahan bakar injeksi sebenarnya tidak perlu memanaskan mesin karena sudah terdapat Electronic Control Unit  (ECU). Fungsi dari ECU sendiri adalah untuk mengatur pembakaran mesin. 

Baca juga: Sudah Mulai Gak Dingin, Berapa Sih Biaya Service AC Mobil?

Dengan adanya ECU pada mesin, maka mesin tidak butuh suhu optimal kerja mesin yang biasanya dicapai dengan melakukan kebiasaan memanaskan mobil. Jika memang ingin melakukannya, bisa dilakukan selama 30 detik atau 1 menit saja. 

Lalu, apakah kebiasaan memanaskan mesin mobil ini perlu dilakukan? Jawabannya adalah bagi mobil dengan jenis mesin injeksi maka tidak perlu melakukannya terlalu lama. 

dampak negatif

Dampak memanaskan mesin mobil terlalu lama

Kebiasaan memanaskan mobil terlalu lama juga sebenarnya bukan tanpa risiko. Jika dilakukan dalam waktu yang sangat lama, akan membuat konsumsi bahan bakar pada mobil menjadi semakin boros. 

Baca juga: Harga Busi Mobil Avanza dan Xenia Mahal, Benarkah?

Meskipun mobil tidak berjalan, jika mesin mobil dinyalakan maka tetap saja membutuhkan bahan bakar. Tidak hanya itu saja, jika melakukan kebiasaan ini di dalam ruang tertutup seperti garasi mobil juga bisa berbahaya. 

Gas buang yang dihasilkan oleh knalpot mobil, yaitu gas karbon monoksida, gas nitrogen oksida, dan gas hidrokarbon akan memenuhi ruangan yang tertutup dan bisa menjadi beracun. Tentunya hal ini akan sangat berbahaya jika terus-menerus dihirup oleh manusia.  

oli mesin

Dampak pada oli mesin

Memang banyak pemilik mobil yang melakukan kebiasaan ini dengan alasan agar sirkulasi oli mobil menjadi normal. Akan tetapi, jika oli yang digunakan pada mobil sudah sesuai dengan pabrikan mobil maka tidak perlu dilakukan. 

Baca juga: Banyak Dipakai, Apa Sih Kelebihan Kaca Film 3M?

Kualitas pelumas yang ada saat ini sudah cukup baik sehingga meskipun mesin mobil mati, tetap ada pelumas yang menempel pada komponen mesin. 

Jadi, bagaimana nih apakah memang perlu atau tidak melakukan kebiasaan memanaskan mobil? Semuanya tergantung dari jenis mobil yang dipakai ya!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.