Search Cars

Berita Utama Otomotif

Kelebihan dan Fitur Toyota bZ4X yang Memudahkan Penggunanya

Selain canggih, fitur-fitur Toyota bZ4X juga dibuat untuk memudahkan penggunanya. Apa saja pengalaman yang bisa dirasakan?

fitur Toyota bZ4X

Fitur-fitur Toyota bZ4X yang dihadirkan selain canggih tentu bisa membuat penggunanya merasakan berbagai kemudahan. Meskipun Toyota bZ4X menjadi mobil listrik pertama, namun sebenarnya produk elektrifikasi dari pabrikan asal Jepang ini sudah ada sejak tahun 2009. 

Bahkan sampai saat ini PT Toyota Astra Motor (TAM) secara total melalui Toyota dan Lexus memiliki 14 pilihan produk elektrifikasi, dengan teknologi Hybrid EV, Plug-In Hybrid EV, dan Battery EV. 

Selama lebih dari 1 dekade memasarkan produk elektrifikasi, TAM berhasil mencatat total penjualan 7.021 unit hingga tahun ini. Nah, apa saja ya fitur-fitur yang disematkan pada Toyota bZ4X ini? 

Fitur Toyota bZ4X

fitur bZ4X

Mengenai fitur Toyota bZ4X sendiri, tentunya ada banyak kecanggihan yang ditawarkan. Salah satunya adalah fitur Advanced Park yang baru pertama kali dihadirkan pada mobil listrik yang ada di Indonesia.

Baca juga:  Mobil Listrik Toyota di Bali, Ada Apa Saja Sih?

Advanced Park atau autonomous parking feature ini dapat membantu pengemudi ketika akan melakukan parkir tanpa harus memegang setir sama sekali. Lalu ketika ada objek di belakangnya, mobil akan berhenti seketika. 

Untuk mengaktifkan fiturnya cukup mudah, tinggal menyentuh tombol Advanced Park yang tertera di layar sentuh berukuran 12,3 inci pada mobil. Setelah itu, secara otomatis mobil ini akan langsung mencari ruang atau tempat parkir yang aman.

Fitur keselamatan tercanggih

fitur keselamatan bZ4X

Selain fitur canggih tadi, faktor keselamatan juga menjadi hal yang tidak dilupakan oleh Toyota. Mobil ini sudah menggunakan Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 yang sebelumnya sudah digunakan juga pada Toyota All New Voxy

Baca juga: Dukung Wisata Danau Toba, Toyota Hadirkan Mobil Listrik

Fiturnya adalah Pre-Collision System with Pedestrian Detection, Lane Departure Alert with Steering Assist, Automatic High Beams, Lane Tracing Assist, Full-Speed Range Dynamic Radar Cruise Control, hingga Road Sign Assist. 

Ada juga fitur keselamatan lain seperti Blind Spot Monitor (BSM), Safety Exit Assist, Parking Support Brake (PSB), Integration A-Pillar, Rear Cross Trafic Alert (RCTA), dan Rear Camera Detection (RCD).

Harga Toyota bZ4X

eksterior bZ4X

Harga Toyota bZ4X diumumkan langsung oleh Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, yaitu Rp1,19 miliar on the road (OTR) Jakarta. 

Baca juga: Teknologi Elektrifikasi Lexus yang Hadir di Ajang GIIAS 2022

Sebagai perbandingan, beberapa mobil listrik yang saat ini sudah dijual di Indonesia ada BMW i4 seharga Rp2,06 miliar, BMW iX Rp2,33 miliar, Lexus UX 300e Rp 1,4 miliar, dan MINI Electric Rp1,05 miliar yang berada di kisaran Rp1-2 miliar. 

Sedangkan untuk mobil-mobil listrik lainnya yang berada pada range harga di bawah Rp 1 miliar ada Hyundai Ioniq 5 yaitu Rp748 juta-Rp859 juta, Nissan Leaf dengan harga mulai dari dari Rp 728-Rp730 juta, dan Wuling Air EV yang dibanderol Rp238 juta-Rp311 juta.

Di negara asalnya, mobil ini dijual seharga 6 juta yen atau sekitar Rp639 juta untuk varian Front Wheel Drive (FWD). Varian All Wheel Drive (AWD) mobil listrik pertama Toyota ini dibanderol dengan harga  6,5 juta yen atau sekitar Rp692 juta.

Spesifikasi Toyota bZ4X

spesifikasi bZ4X

Dari segi spesifikasinya, Toyota All New bZ4X menggunakan platform e-TNGA (Toyota New Global Architecture). Platform ini selain memiliki bobot yang lebih ringan dan struktur yang lebih rigid, bisa mengakomodasi kapasitas baterai yang lebih besar. 

Baca juga: Mobil Ground Clearance Tinggi, Ga Takut Mentok!

Dengan begitu, pengalaman berkendara juga akan menjadi smooth sesuai dengan ciri khas mobil-mobil SUV premium. Ground clearance mobil ini juga tergolong tinggi yaitu 210 milimeter yang bisa diandalkan untuk jalanan di Indonesia. 

Untuk pasar Indonesia, Toyota hanya menghadirkan satu varian yaitu Front Wheel Drive (FWD) yang dibekali dengan baterai lithium-ion 335 Volt dengan kapasitas 71,4 kWh yang mampu menghasilkan tenaga 204 daya kuda dan torsi 266 Nm.

harga bZ4X

Dalam satu kali pengisian daya, mobil ini mampu menempuh jarak hingga 500 kilometer. Mobil ini butuh waktu selama 30 menit untuk bisa mencapai daya 80 persen melalui sistem fast charging 150kW menggunakan sistem charging DC output CCS2.

Baca juga: Rekomendasi SUV Kompak 5 Penumpang buat Keluarga Kecil

Sedangkan pengisian penuh menggunakan AC output dengan suplai 230V/32A akan memakan waktu 9-10 jam. Jika baterai tersebut terisi penuh dapat mencapai jarak hingga 500 kilometer.

Sebagai informasi, untuk pembelian Toyota bZ4X sendiri sudah bisa langsung dipesan sekarang juga. Namun memang mobil ini masih harus diimpor dari negara asalnya yaitu Jepang sehingga unitnya masih terbatas. 

Jadi, jangan sampai kehabisan ya!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.