Review Toyota Innova Zenix, Bagaimana Sensasi Mengendarainya?

Bagaimana review Toyota Innova Zenix yang baru saja resmi meluncur di Indonesia? Kelebihan apa saja yang akan disajikan mobil ini?

review toyota innova zenix

Bisa cek terlebih dulu review Toyota Innova Zenix sebelum membawanya ke rumah. Pada generasi ketujuh dari keluarga Kijang, mobil ini menawarkan performa berkendara yang lebih powerful dari pendahulunya. 

Toyota All New Kijang Innova Zenix dirancang untuk mewujudkan mobilitas yang nyaman dan aman. Sekaligus mendukung visi Toyota dalam menciptakan ever-better cars untuk dunia yang lebih sustainable dan inklusif, serta untuk mencapai pengurangan emisi karbon.

Baca juga: Toyota All New Kijang Innova Zenix Resmi Meluncur, Berapa Harganya?

Menurut Anton Jimmi Suwandy selaku Marketing Director PT Toyota Astra Motor, Zenix sendiri diambil dari kata Zenith yang artinya tinggi dan X yang artinya crossover. Dengan nama tersebut diharapkan mobil ini bisa memberikan performa puncak.

Review Toyota Innova Zenix

Buat yang penasaran, review Toyota Innova Zenix secara lengkap berikut ini bisa dijadikan referensi. Dengan tagline “Cross Into The New Energy”, mobil ini menjanjikan performa berkendara yang superior.

Desain yang berubah total

Dari segi desain luarnya, Toyota Innova Zenix ini memang berubah total meskipun masih ada sedikit guratan lampu yang agak mirip dengan Toyota Innova sebelumnya tapi lebih membulat dan terlihat lebih gagah

Baca juga: Cara Mudah Urus SIM Internasional Biar Bisa Nyetir di Luar Negeri

Secara sekilas, mobil ini terlihat seperti mobil-mobil SUV padahal sebenarnya mobil ini merupakan jenis MPV. Pada varian tertinggi yaitu Q Hybrid, lampunya sudah LED dan model yang sudah dilengkapi dengan body kit dari Modellista. 

innova zenix modellista

Pada tipe V Hybrid, di bagian samping bisa terlihat garis-garis tarikan desainnya dan over fender belakang yang terlihat menggembung membuat mobil ini jadi terlihat lebih padat dan berisi. 

Selanjutnya pada bagian belakang, terlihat adanya kemiripan dengan Toyota Land Cruiser baru. Bentuk lampunya juga bisa membuat orang langsung tahu bahwa ini merupakan Toyota Innova generasi baru karena sangat berbeda dibandingkan model-model sebelumnya. 

Sensasi berkendara Toyota Innova Zenix

sensasi innova zenix

Saat mengendarai Toyota All New Kijang Innova Zenix juga bisa dikatakan cukup ergonomis karena setirnya bisa diatur secara tilt dan telescopic. Setirnya juga bisa dikatakan cukup ringan jika dibandingkan generasi-generasi sebelumnya, bahkan untuk pengemudi wanita sekalipun.

Baca juga: Jadwal Piala Dunia 2022 Fase Penyisihan Grup, Siapa Jagoanmu?

Bantingan setirnya juga bisa dikatakan cukup empuk, sehingga memudahkan pengemudi ketika harus meliuk-liuk di jalanan. Kemudian dari sisi kabinnya, cukup lapang sekalipun bahkan untuk penumpang yang duduk di baris ketiga. 

Secara keseluruhan, bagian interior mobil ini terlihat cukup modern dengan transmisi yang diletakkan di bagian atas serta adanya colokan USB Type C. Dashboard nya juga terlihat cukup up to date dengan perkembangan jaman. 

Spesifikasi Innova Zenix

spesifikasi

Pada varian mesin bensin, Toyota All New Kijang Innova Zenix ini menggunakan mesin TNGA berkode M20A-FKS Dynamic Force Engine yang tentunya lebih powerful

Baca juga: 20 Mobil Terlaris Oktober 2022, Siapa jadi Juaranya?

Kapasitas mesin yang digunakan adalah 1.987 cc 4 silinder Dual VVT-i. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 171 daya kuda pada 6.600 RPM dan torsi 20,9 Kgm pada 4.500-4.900 RPM. 

Sedangkan untuk mesin hybrid menggunakan mesin TNGA dengan kode M20A-FXS generasi kelima yang digunakan pada Toyota Prius terbaru. Mesin hybrid ini menghasilkan tenaga 149 daya kuda pada 6.000 RPM dan torsi 19,1 Kgm pada 4.400-5.200 RPM. 

Klaim dari Toyota, mesin hybrid ini sangat irit dengan konsumsi bahan bakar 20 kilometer per liter. Keunggulan lain dari penggunaan platform TNGA terbaru ini dapat merendahkan bagian Center of Gravity sehingga jadi menghasilkan bantingan yang nyaman tapi tetap stabil. 

Harga Innova Zenix

harga

Mengenai harganya, Toyota Innova Zenix ini berbeda-beda sesuai dengan mesin yang disematkan di dalamnya. Ini rincian harga lengkapnya. 

Mesin bensin

  1. Toyota Kijang Innova Zenix 2.0 G CVT: Rp 419.000.000
  2. Toyota Kijang Innova Zenix 2.0 V CVT: Rp 467.000.000 

Baca juga: Perbedaan Kompon Ban Mobil Soft, Medium, Hard, Mana Paling Nyaman?

Mesin hybrid

  1. Toyota Kijang Innova Zenix 2.0 G HV: Rp 458.000.000 
  2. Toyota Kijang Innova Innova Zenix 2.0 V HV Modelista: Rp 532.000.000
  3. Toyota Kijang Innova Zenix 2.0 Q HV Modellista: Rp 611.000.000 

Buat kamu yang ingin mendapatkan warna-warna mobil premium yang tersedia, bisa membayar Rp 3 juta dari harga dasar yang ada tersebut. 

Nah, kamu tertarik ingin beli yang mana nih?