Mesin Turbo vs Mesin Hybrid, Mana Mobil Paling Irit BBM?

Mana mobil paling irit BBM, dengan mesin turbo atau mesin hybrid? Cek dulu tuk kelebihannya dari dua jenis mesin tersebut!

mobil paling irit BBM

Mobil paling irit BBM menjadi salah satu keunggulan yang mungkin banyak dicari oleh para pemilik kendaraan. Seiring dengan perkembangan teknologi, kini untuk mendapatkan hal tersebut tidaklah mudah. 

Diantaranya adalah penggunaan mesin turbo serta mesin berteknologi hybrid yang saat ini bisa dengan mudah ditemukan pada beberapa kendaraan. Untuk mobil dengan mesin turbo, contohnya ada Daihatsu Rocky, Toyota Raize, Toyota New Fortuner, hingga BMW 320i Sport

Sedangkan untuk mobil-mobil dengan teknologi hybrid ada cukup banyak jenis-jenis mobilnya. Mulai dari Toyota All New Corolla Cross, Toyota All New Camry, Toyota All New C-HR, serta Toyota All New Corolla Altis.

Baca juga: Daftar Mobil Hybrid dan Listrik Paling Laris di Indonesia

Nah, apa saja sih kelebihan antara mobil mesin turbo dan mesin hybrid? 

mobil paling irit BBM

Mesin turbo

  1. Tenaga lebih besar

Penggunaan mesin turbo pada dasarnya dilakukan untuk meningkatkan performa. Dengan adanya mesin turbo, tenaga mesin akan meningkat tanpa harus membutuhkan konsumsi bahan bakar yang lebih besar. 

Tidak hanya itu saja, mesin dengan kubikasi yang kecil jika disematkan peranti turbocharge dapat menghasilkan tenaga yang lebih besar. Dibandingkan dengan mesin yang tidak menggunakan turbo, meskipun memiliki kapasitas mesin yang sama. 

  1. Lebih irit BBM

Penggunaan mesin turbo juga dianggap dapat membuat mobil paling irit BBM. Adanya turbo pada mesin mobil akan meningkatkan efisiensi bahan bakar karena sistem pembakaran dalam mesin menjadi lebih sempurna.

Baca juga: 5 Mobil Hybrid Toyota dan 6 Kelebihannya

Mesin mobil dengan turbo akan membuat daya ledak yang lebih besar, sehingga mesin tidak butuh BBM yang lebih banyak untuk menghasilkan tenaga. 

Tidak hanya itu, komponen yang bergerak di dalam turbo hanya mengandalkan hembusan udara dari gas buang sehingga tidak membebani mesin.

tidak bising
  1. Suara mesin tidak bising

Ketika sedang dijalankan, suara kendaraan dengan mesin turbo biasanya akan terdengar lebih halus dan senyap. Hal ini terjadi karena turbo juga berfungsi sebagai peredam tambahan dimana gas buang dialihkan ke turbo, tidak langsung dibuang ke knalpot.

  1. Mesin lebih kecil dan ringan

Mesin turbo memiliki dua bagian utama, yaitu turbin dan kompresor yang tidak hanya ringan tapi juga tidak membutuhkan ruang yang banyak. Hal ini membuat ukuran total mesin bisa lebih kecil, ringkas, serta ringan. 

Baca juga: Toyota Corolla Cross Hybrid dan Toyota C-HR Hybrid, Pilih Mana?

Selain mesin yang lebih kecil, keuntungan lain juga bisa digunakan oleh para produsen jika ingin membuat mobil yang compact dan stylish. Bentuk yang cocok dipakai pada mobil-mobil di area perkotaan tanpa harus mengorbankan kinerja mesin. 

emisi gas buang
  1. Emisi gas buang rendah

Tidak hanya membuat mobil paling irit BBM, manfaat penggunaan mesin turbo lainnya adalah dapat mengurangi emisi gas buang karena adanya proses pembakaran yang lebih sempurna. 

Itulah mengapa penggunaan mesin turbo semakin meningkat seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan lingkungan. 

Nah, untuk penggunaan mesin hybrid beberapa kelebihannya adalah: 

daftar mobil hybrid

Mesin hybrid

  1. Irit bensin

Sesuai dengan namanya, teknologi hybrid menggabungkan mesin dengan bahan bakar konvensional dan motor listrik bertenaga baterai. Perlu diingat bahwa mobil hybrid tetap menggunakan bensin namun memang menjadi mobil paling irit BBM. 

Baca juga: Beli Toyota GR Yaris Bekas Sekarang Worth It Gak Sih?

Hal ini bisa terjadi karena mesin mobil bertenaga bensin ini tidak digunakan secara terus-menerus, berbeda dari mobil non-hybrid yang menggunakan bensin konvensional untuk tenaga utamanya. 

  1. Minim getaran

Pada saat menjalankan mobil di tengah kemacetan, mobil akan menimbulkan suara mesin dan getaran yang cukup mengganggu. Getaran yang dihasilkan ini terkadang bisa membuat pengemudi merasa tidak nyaman ketika sedang mengemudikan mobil. 

Dengan adanya teknologi hybrid, saat mengemudi di tengah macet mesin bensin tidak akan menyala dan yang menggerakkan adalah teknologi hybrid yang berasal dari motor listrik dan tenaga baterai. 

performa akselerasi
  1. Performa akselerasi dan kecepatan meningkat

Mobil paling irit BBM biasanya identik dengan performa akselerasi dan kecepatan yang berkurang. 

Akan tetapi, pada mobil hybrid hal ini sudah tidak berlaku lagi karena mesin bensin dan motor listrik tenaga baterai dapat memberikan daya untuk menambah akselerasi dan kecepatan.

  1. Emisi gas buang rendah

Salah satu kelebihan lain dari teknologi hybrid adalah emisi gas buang yang rendah dibandingkan mobil non-hybrid. Ini bisa terjadi karena mobil hybrid lebih sedikit membakar bensin sehingga pada akhirnya akan menghasilkan emisi gas buang yang lebih rendah. 

transmisi CVT
  1. Penggunaan transmisi CVT

Beberapa mobil hybrid biasanya juga ditambahkan dengan adanya  transmisi CVT (Continous Variable Transmission). Dengan adanya transmisi ini, penumpang dan pengemudi hampir tidak merasakan perpindahan gigi yang tentunya berpengaruh terhadap kenyamanan. 

Baca juga: Jakarta-Surabaya, Siapa Mobil LCGC Paling Irit BBM?

Jadi, meskipun sama-sama bisa menjadi mobil paling irit BBM namun antara mobil dengan mesin turbo dan mesin hybrid tentunya memiliki perbedaan ya. Bingung pilih yang mana, tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhanmu masing-masing!