Search Cars

Review Otomotif

Jakarta-Surabaya, Siapa Mobil LCGC Paling Irit BBM?

Penasaran dengan mobil LCGC paling irit untuk menempuh rute Jakarta ke Surabaya? Berapa sih perkiraan konsumsi bensinnya?

mobil LCGC paling irit

Mengadu mobil LCGC paling irit dalam urusan konsumsi bahan bakar (BBM) dari Jakarta ke Surabaya pasti menarik!

Pasalnya, mobil-mobil LCGC alias low cost green car ini memang dikenal punya keunggulan dalam hal irit bahan bakar. Apalagi sekarang sudah tersemat fitur ECO driving di hampir semua kendaraan ini.

Jadi makin penasaan kan, apa sih mobil LCGC paling irit? Yuk, kulik selengkapnya di dalam artikel ini.

Jarak tempuh

Sebelum membahas konsumsi BBM mobil LCGC paling irit, lebih baik mengetahui dulu jarak tempuh Jakarta ke Surabaya. Agar lebih mudah memperkirakan, rute menggunakan jalan tol Trans Jawa.

Baca juga: Update Harga LCGC Daihatsu Terbaru dan Variannya

Panjang jalan tol yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada bulan Desember 2018 ini kurang lebih sejauh 782 kilometer.

mobil lcgc

Toyota New Agya

Mobil pertama yang akan dikulik adalah LCGC andalan Toyota yaitu Toyota New Agya. Mobil mungil 5 penumpang ini hadir dalam dua varian mesin bervolume 1.000 cc DOHC, 3 silinder segaris, 12 katup, dan 1.200 cc DOHC 4 silinder segaris, 16 katup, Dual VVTi.

Untuk konsumsi bahan bakar, Toyota Agya 1.2 G M/T STD mencatatkan 1 liter BBM untuk jarak 22 kilometer di jalan tol. Jika dihitung untuk menempuh jarak 782 kilometer, maka jumlah BBM yang diperlukan sebanyak kurang lebih 35,54 liter.

Baca juga: Aturan beli Pertalite, Apa Saja Mobil yang Masuk di Dalamnya?

Dengan asumsi BBM yang digunakan adalah jenis Pertamax yang per liternya seharga Rp 12.600, maka konsumsi BBM Agya untuk jarak Jakarta ke Surabaya menghabiskan Rp 447. 804. Cukup irit, tidak sampai Rp 500 ribu!

Toyota New Calya

Toyota New Calya

Mobil LCGC paling irit berikutnya dari Toyota hadir dengan segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) yaitu Toyota New Calya.

Berkapasitas 7 penumpang, dapur pacunya menggendong mesin 1.200 cc, 4 silinder segaris, 16 katup, DOHC, Dual VVTi. Mesin berkode 3NR-VE ini tersedia dalam pilihan transmisi manual dan otomatis. 

Baca juga: Toyota New Calya Facelift 2022, Lebih Sporty dan Modern!

Dalam pengujian, Toyota New Calya 1.2 G AT saat menempuh rute di jalan bebas hambatan maka konsumsi BBM mobil mencatatkan 1 liter BBM untuk 19,2 kilometer. 

Untuk menempuh jarak Jakarta ke Surabaya sejauh 782 kilometer, jumlah BBM yang diperlukan mobil ini sekitar 40,72 liter. 

Dengan menenggak BBM jenis Pertamax, seharga Rp 12.600 maka jumlah biaya yang diperlukan untuk menempuh Jakarta ke Surabaya adalah Rp 513.072!

Daihatsu New Ayla

Mobil ketiga adalah LCGC terlaris Daihatsu yaitu Daihatsu New Ayla. Mobil kembaran Toyota New Agya ini punya spesifikasi mesin yang sama dengan saudaranya. Mesin 1.000 cc DOHC, 3 silinder segaris, 12 katup, serta varian 1.200 cc DOHC 4 silinder segaris, 16 katup, Dual VVTi.

Baca juga: Daihatsu Ayla Termurah, Apa Saja yang Ditawarkan?

Mobil Daihatsu New Ayla 1.2 X MT MC saat dilakukan tes pada perjalanan via tol mencatatkan 1 liter untuk jarak tempuh 20,3 kilometer. 

Jadi untuk perjalanan tol dari Jakarta menuju Surabaya, mobil ini membutuhkan setidaknya 38,52 liter BBM! Dengan kata lain, diperlukan ongkos bensin jenis Pertamax sekitar Rp 485.352! 

Daihatsu Sigra

Mobil LCGC paling irit berikutnya adalah MPV 7 penumpang yaitu Daihatsu Sigra. Mobil yang juga menjadi kembaran dari Toyota New Calya namun hadir dalam dua varian mesin 1.000 cc dan 1.200 cc. 

Baca juga: New Daihatsu Sigra Bisa Menjadi Pilihan untuk Keluarga Muda

Dalam pengujian di jalan tol, mobil Daihatsu Sigra 1.2 X AT DLX MC mencatatkan konsumsi BBM 1 liter untuk jarak tempuh 16,1 kilometer. Artinya, untuk jarak 782 kilometer ke Surabaya, dibutuhkan 48,57 liter BBM.

Jika dihitung biaya BBM jenis Pertamax, mobil ini memerlukan dana sekitar Rp 611.982 ke Surabaya. Lumayan juga ya.

cara menghemat bbm

Sebagai catatan, semua pengetesan konsumsi BBM ini bisa jadi berbeda bagi setiap orang. Karena biasanya, konsumsi BBM juga dipengaruhi oleh cara dan kebiasaan mengemudi, kondisi lalu lintas hingga faktor lain misal tekanan angin pada ban dan jumlah penumpang atau barang yang dibawa.

Baca juga: Gratis atau Bayar? Kenali Aturan Derek Mobil di Tol

Jangan lupa, jika ingin melakukan perjalanan Jakarta ke Surabaya via tol Trans Jawa siapkan saldo uang elektronik yang cukup. Setidaknya harus tersedia saldo minimum Rp 800.000 di dalam kartu uang elektronikmu.

Nah, tertarik memiliki mobil LCGC paling irit di atas? Langsung aja kulik spek lengkap dan skema cicilannya di SEVA. Ada fitur Instant Approval dan kalkulator kredit yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan cicilan paling terjangkau.

Anak Kecil Aja Tau, beli mobil paling Jelas dari Awal ya cuma di SEVA

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.