Search Cars

Review Otomotif

Beli Toyota GR Yaris Bekas Sekarang Worth It Gak Sih?

Toyota GR Yaris bekas banyak diburu kolektor. Kira-kira berapa ya harganya? Cocok nggak sih mobil ini dijadikan investasi?

GR Yaris bekas

Toyota GR Yaris bekas tentu masih boleh disebut suatu pencapaian keren! Mengingat mobil ini jumlahnya hanya dirilis terbatas.

Selain itu, mobil punya segudang fitur keren yang tidak kalah saing dengan fitur mobil teranyar! Apalagi yang membuat bangga? Di pasaran mobil seken, harga GR Yaris bekas masih lumayan tinggi loh. 

Penasaran kenapa begitu? Berikut paparan lengkap mengapa Toyota GR Yaris bekas masih sangat layak dimiliki.

Edisi khusus

Secara global, Toyota GR Yaris pertama dirilis pada bulan September tahun 2020 lalu. Kelahirannya dibidani oleh tim Gazoo Racing Toyota. 

Baca juga: 5 Mobil Hybrid Toyota dan 6 Kelebihannya

Inisial GR sekaligus menjadi kode di depannya. Mobil ini dirancang khusus untuk berkompetisi dalam ajang World Rally Championship (WRC). 

Hal yang membuat produk ini istimewa adalah dirakit oleh Tim Takumi atau tenaga-tenaga ahli yang mempunyai kemampuan tinggi di bidangnya masing-masing. Termasuk peran dari Akio Toyoda sebagai presiden Toyota sekaligus Master Driver Toyota. 

GR Yaris bekas

Bersama juara dunia WRC Tommi Makinen mereka memberikan banyak masukan untuk performa maksimal Toyota GR Yaris.

Baca juga: Lexus LX 600 Resmi Meluncur, SUV Mewah Sekaligus Tangguh

Toyota GR Yaris dirakit khusus di pabrik Motomachi, Prefektur Aichi, Jepang yang dikenal sebagai pabrik khusus untuk merancang dan memproduksi mobil-mobil cepat keluaran Toyota. Produksinya total di seluruh dunia, hanya sekitar 25 ribu unit! 

Sementara di pasar Indonesia, cuma kebagian jatah sebanyak 126 mobil ketika itu. Namun mengingat produk ini sangat istimewa, antusiasme konsumen dalam negeri pun sangat tinggi. 

Hal ini terbukti dengan jumlah pemesanan yang mencapai jumlah 600 unit! Padahal di pasar Indonesia saat itu, harga Toyota GR Yaris mencapai Rp 850.000.000! Pengiriman unit complete built up (CBU) kepada konsumen akhirnya terealisasi mulai bulan September 2021.

Baca juga: Jajaran SUV BMW, Ada Apa Saja? Berapa Harganya?

Selain jumlahnya yang terbatas, lalu apa sih yang membuatnya begitu istimewa dan diminati banyak orang?

Spesifikasi Toyota GR Yaris

Mengusung DNA mobil cepat, pada dapur pacunya, tertanam mesin istimewa 1.600 cc, tiga silinder, 12 katup dengan turbo, berkode G16E-GTS. Hasilnya, daya sebesar 260 daya kuda membuat akselerasi 0-100 kilometer per jam cuma dilalap dalam 5,3 detik!

Dilengkapi dengan sistem transmisi manual 6-percepatan yang disebut Intelligent Manual Transmission with Rev-Matching Function, fitur ini membuat tenaga secara akurat merata disalurkan ke empat roda melalui sistem GR-Four 4WD.

Baca juga: Apa Sih Mobil BMW Paling Laku di Indonesia?

Performanya didukung oleh dimensi mobil berukuran panjang 4.145 milimeter, lebar 1.730 milimeter dan tinggi 1.500 milimeter. Jarak sumbu roda sekitar 2.560 milimeter. 

Sementara ground clearance 124 milimeter serta radius putarnya 5,31 meter. Meski berdesain hatchback, bagian bagasinya tetap mampu memuat barang sebanyak 306 liter.

Keunggulan lain adalah bobotnya yang ringan! Bahkan bagian pintu, kap mesin dan tutup bagasi dibuat dari aluminium. Bumper pun dibuat ringan. 

Baca juga: Tips Merawat Electric Power Steering Agar Awet

Total, bobot mobil ini cuma 1.279,5 kilogram! Salah satu penyebabnya adalah pengaplikasian bahan carbon fiber reinforced polymer pada atap!

Tidak dipungkiri lagi, semua keunggulan itu membuat performa GR Yaris teruji dengan kapasitasnya sebagai hot hatch sport yang sukses besar di ajang WRC. 

GR Yaris bekas

Prestasi Toyota GR Yaris

Dengan DNA mobil sport yang telah teruji itu, tim TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) sukses meraih juara pertama di ajang Kejurnas Sprint Rally Indonesia 2022 Putaran 1. 

Baca juga: Modifikasi Toyota Fortuner Biar Siap Offroad, Ini Tipsnya!

Pada kelas paling bergengsi yaitu M1 (Sedan 4WD) kategori A pada putaran 1 dan 2 yang berlangsung di sirkuit Puslatker TNI AL Bedali Lawang, Malang, Jawa Timur (21-24 Juli 2022).

Toyota GR Yaris begitu mumpuni dalam mendukung pereli TGRI saat melibas trek gravel yang menantang sepanjang 5,2 kilometer dengan memberikan handling dan performa mesin yang sangat baik sehingga meningkatkan rasa percaya diri pereli dalam mencatatkan waktu tercepat.

Di putaran pertama (23/7), tim TGRI berhasil meraih catatan waktu tercepat 04:43.7 pada saat Special Stage 1 (SS1) dan 04:34.5 pada saat Special Stage 2 (SS2). 

Baca juga: Perbedaan Speedometer Mobil, Tachometer, dan Odometer

Capaian positif ini berlanjut ke putaran kedua di hari berikutnya (24/7), di mana Toyota GR Yaris AP4 yang dikemudikan oleh Ryan Nirwan dan co-driver Adi Indiarto melesat dengan cepat sejak start.

GR Yaris bekas

Modifikasi Toyota GR Yaris AP4

Keberhasilan ini tidak lepas dari modifikasi spek yang merujuk pada regulasi Asia-Pacific 4WD (AP4). Dengan berat minimum untuk kategori AP4 adalah 1.230 kilogram. Modifikasi dilakukan hampir di semua sektor seperti penggunaan kap mesin dan pintu bagasi berbahan fiberglass.

Kemudian spion 3D printing yang ringan, serta ventilasi pada kap mesin dan atap dengan bobot yang lebih ringan. Komponen body shell seperti pintu dan atap asli Toyota GR Yaris tetap dipertahankan.

Baca juga: Cara Injak Pedal Rem Mobil Matic yang Benar

Untuk meningkatkan aerodinamika, Toyota GR Yaris AP4 dilengkapi dengan side fender besar pada ke-4 roda demi mengalirkan udara dengan baik sekaligus memberikan kesan agresif. 

Spoiler atap besar di belakang dan diffuser besar di bawah pun ditambahkan untuk meningkatkan downforce. Suspensi depan dan belakang juga sudah dimodifikasi sesuai kebutuhan, termasuk travel suspensi agar sanggup bermanuver dengan baik.

Untuk makin mengoptimalkan performa Toyota GR Yaris AP4 sudah memanfaatkan exhaust manifold khusus dan turbocharger boost maksimum 2 bar yang dilengkapi pembatas tekanan udara.

Tenaga dialirkan melalui girboks sekuensial 5 percepatan dengan rasio gigi sesuai kebutuhan dan sistem AWD menggunakan locked centre differential yang membagi torsi secara merata 50:50 depan-belakang.

Baca juga: Rekomendasi Mobil BMW Terbaru Harga di Bawah Rp 1 Miliar

Dengan prestasi tersebut, menambah panjang pesona Toyota GR Yaris di mata penggemar fanatiknya. Lalu berapa kira-kira harga Toyota GR Yaris bekas saat ini? Oke, janji jangan kaget ya?

GR Yaris bekas

Harga GR Yaris Bekas

Umumnya, harga mobil makin lama akan semakin turun bukan? Berbeda dengan Toyota GR Yaris bekas yang harganya di pasar mobil seken saat ini menyentuh kisaran Rp 1,5 miliar! 

Bandingkan dengan harga on the road barunya yang dilepas kisaran Rp 850 juta! Jika melihat harga bekasnya, maka ada selisih kenaikan harga nyaris 60%, dengan selisih waktu hanya 11 bulan!

Baca juga: Serba-serbi Mobil Putih, Elegan Sekaligus Manja

Mahalnya harga bekas unit ini tidak lepas dari pamornya sebagai kendaraan limited edition berperforma tinggi. Selain itu, rata-rata unit sekennya masih memiliki jarak tempuh yang rendah bahkan ada yang di bawah 500 kilometer! 

Tidak heran, memiliki Toyota GR Yaris bekas serasa memiliki mobil baru dengan performa tinggi. 

GR Yaris bekas

Melihat masih tingginya harga Toyota GR Yaris bekas, kamu bisa kok mengalihkan pilihan ke deretan mobil keluaran Gazoo Racing Toyota lainnya. 

Baca juga: Jenis Shockbreaker Mobil, Mana yang Lebih Baik, Gas atau Oli?

Khusus kamu yang menggemari DNA motorsport ala Toyota Gazoo Racing bisa memilih Toyota All New Rush GR Sport, Toyota New Fortuner GR Sport, Toyota New Yaris GR Sport, Toyota Raize GR Sport hingga Toyota New Agya GR Sport.

Semua produk tersebut bisa kamu lihat di SEVA, dengan harga OTR Jakarta yang sangat terjangkau. Jangan lupa manfaatkan fitur Instant Approval dan kalkulator kredit agar proses perhitungan cicilanmu semakin terjangkau. 

Keren, kan? Nggak perlu tunggu jadi miliarder kok untuk bisa miliki mobil edisi GR Sport idaman! Anak Kecil Aja Tau, beli mobil yang banyak pilihan dan Jelas dari Awal ya cuma di SEVA!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.