Search Cars

Modifikasi

Modifikasi Toyota Fortuner Biar Siap Offroad, Ini Tipsnya!

Gimana trik modifikasi Toyota Fortuner biar tampilannya garang ala mobil off road? Berikut beberapa hal yang harus dilakukan.

modifikasi toyota fortuner

Melakukan modifikasi Toyota Fortuner ala mobil off road tentu tidak bisa dilakukan asal-asalan. Ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan, agar tampilan dan performa tidak jomplang.

Modifikasi off road biasanya dikenal juga dengan istilah ALTO (All Terrain Off Road). Yaitu suatu konsep modifikasi dengan mengubah tampilan mobil dengan ciri kendaraan yang dapat melaju di luar jalanan beraspal.

Modifikasi ini biasanya dilakukan dengan mengubah diameter velg dan ban, menambah ketinggian (ground clearance), menambahkan tanduk pada gril depan belakang hingga penambahan roof rack dan snorkel di kap mesin.

Baca juga: Jenis Shockbreaker Mobil, Mana yang Lebih Baik, Gas atau Oli?

Pada dasarnya, hampir semua kendaraan dapat dimodif dengan gaya ini. Namun untuk bentuk dan performa yang ideal, kendaraan berjenis SUV (Sport Utility Vehicle) atau jip dengan penggerak 4 roda (4WD) dianggap paling tepat.

Tertarik mengubah Toyota New Fortuner menjadi mobil off road yang gagah? Simak beberapa hal penting sebelum merombaknya.

Tips modifikasi

Agar tidak salah paham, beberapa tips berikut perlu disimak sebelum Toyota Fortuner disulap ala mobil off road. Apa saja yang harus dirombak?

Ukuran ban 

Umumnya, kendaraan off road memiliki dimensi ban yang besar dan bergigi dalam. Ban yang sering disebut dengan ban pacul ini akan membantu daya cengkeram lebih kuat untuk pergerakan di medan berlumpur dan berbatu-batu.

Baca juga: Ban Mobil Perlu Dirotasi, Apa Alasannya dan Bagaimana Caranya?

Perubahan ban tentu diikuti dengan perubahan ukuran velg. Biasanya ukuran velg kendaraan yang digunakan mobil-mobil off road adalah 18 inci ke atas. 

Harga ban pacul ukuran 18 inci mulai Rp 1.900.000 per buah. Sedangkan untuk velg ukuran 18 inci dihargai mulai Rp 8.200.000 per set (4 ban). 

Suspensi

Perubahan dalam modifikasi off road selanjutnya adalah suspensi. Untuk menyesuaikan dengan ukuran ban, biasanya dilakukan dengan cara mengubah per dan kaki-kaki.

Baca juga: Shockbreaker Mobil Bocor, Apa Dampak dan Bahayanya?

Metode ini dapat menambahkan tinggi dari tanah sehingga membuat kesan gagah pada kendaraan. 

Harga mengubah per dan suspensi untuk Toyota Fortuner beragam, bergantung jenis penggeraknya, apakah nitrogen atau oli. 

Untuk suspensi depan belakang masing-masing bisa mencapai Rp 7.000.000. Sedang untuk per keong mulai Rp 3.000.000 dan per daun mulai Rp 7.000.000.    

Roof rack

Agar kesan off road lebih terasa, pemasangan roof rack juga bisa ditambahkan. Jenis yang biasa diaplikasikan ada dua, yaitu yang dipasang pada talang air dan yang dipasang pada roof rail

Baca juga: Jenis dan Cara Merawat Rem Tangan Mobil

Untuk Toyota Fortuner, model roof rack kedua lebih cocok digunakan. Harga aksesoris bagasi tambahan ini berkisar Rp 2.000.000 atau lebih. 

Snorkel

Komponen lain untuk menunjang off road adalah snorkel. Fungsi alat ini untuk menghisap udara saat kondisi mobil terendam air yang lumayan dalam. 

Snorkel akan memindahkan titik pengambilan udara pada mesin menjadi lebih tinggi, biasanya setinggi atap mobil. Udara yang masuk langsung disalurkan ke filter udara dan kemudian ke ruang mesin. Harga komponen ini di pasaran mulai Rp 750.000. 

Lampu tembak

Aksesoris lain yang tidak luput dari kesan off road adalah lampu tembak. Fungsinya sebagai penerang tambahan saat mobil melaju di lintasan berkabut, hutan, pegunungan, atau rawa-rawa dengan penerangan minim.

Baca juga: Penggunaan Lampu Strobo di Jalan, Tidak Boleh Sembarangan

Lampu tembak biasanya dipasang dengan jumlah genap, 4, 6 atau lebih pada bagian atap mobil, atau bisa juga di bagian gril depan. Harga lampu tembak untuk modifikasi off road berkisar Rp 150.000 per buah.

Bumper guard

Komponen lainnya adalah bumper guard atau pelindung bumper di bagian depan dan belakang. Aksesoris ini lazim disebut dengan tanduk atau juga bull bar.

Fungsi utama sebagai pelindung bumper depan dan belakang dari benturan. Bisa juga sebagai tempat untuk meletakkan aksesoris lampu tembak, atau meletakkan winch.

Baca juga: Tips Membersihkan & Menghilangkan Noda Aspal di Bodi Mobil

Harga bumper guard ini cukup mahal, untuk kualitas menengah paling murah Rp 8.000.000 dan kualitas atas mulai Rp 13.000.000. 

Winch

Komponen terakhir yang cocok dijadikan aksesoris dalam modifikasi off road adalah winch alias alat penarik beban yang biasanya diletakkan di bagian bumper depan.

Alat ini digerakkan oleh motor yang terhubung oleh aki kendaraan. Namun untuk itu pemilik kendaraan harus memperhatikan jenis dan daya aki yang  sesuai agar tidak tekor saat mengoperasikan komponen ini.

Baca juga: Mobil LCGC Kuat Nanjak dan Jalan Jauh, Begini Caranya!

Winch dapat berfungsi untuk menarik kendaraan saat terperosok di lumpur atau lubang pada medan off road. Kapasitas daya tariknya mulai 3,5 ton sampai 9 ton bahkan lebih. 

Harganya? Di pasar modifikasi, alat ini dengan kapasitas tarik 4 ton seharga Rp 4.000.000. Sedang kapasitas tarik 6 ton dihargai mulai Rp 6.000.000. 

kredit toyota fortuner

Tertarik modifikasi Toyota Fortuner ala off road beserta harga komponennya? Untuk yang punya dana terbatas, modif sebaiknya dilakukan bertahap mulai dari kaki-kaki. 

Baca juga: Budget Modifikasi Mobil yang Nyaman Dipakai Harian

Sebagai estimasi, total biaya minimal yang dibutuhkan untuk modifikasi Toyota Fortuner ala off road berkisar Rp 40 jutaan. Harga tentu saja dapat membengkak dengan pemasangan aksesoris dengan kualitas kelas atas.    

Jangan lupa untuk selalu mengutamakan faktor keamanan dalam menyesuaikan modifikasi dengan performa kendaraan ya. 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.