Mobil Toyota Terkencang yang Mengaspal di Indonesia

Mobil Toyota terkencang tentunya tidak bisa dianggap remeh ketika di jalanan. Buat yang merasa penasaran, inilah daftar mobil-mobilnya!

TOYOTA 86 GR SPORT

Mobil Toyota terkencang memang ada banyak jenisnya karena produsen otomotif asal Jepang ini memproduksi berbagai jenis mobil untuk berbagai kebutuhan. Apalagi Toyota memang menjadi salah satu merek mobil yang bisa diandalkan kualitasnya. 

Mobil-mobil dengan tenaga yang kencang ini juga sering kali menjadi incaran para kolektor. Mengingat pada beberapa mobil, jumlah produksinya sangat terbatas sehingga tidak semua orang bisa dengan mudah mendapatkannya. 

Selain itu, kebangaan yang dirasakan ketika mengendarainya di jalanan juga menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang menyukai mobil-mobil dengan tenaga yang bisa dibilang super ini untuk dipakai berjalan-jalan. 

Baca juga: Alasan Toyota Corolla Bisa Jadi Mobil Paling Laris di Dunia

Nah, untuk mobil-mobil bertenaga kencang yang pernah dikeluarkan oleh Toyota, apa saja itu?

Toyota GR Supra

Toyota GR Supra

Mobil Toyota terkencang pertama adalah Toyota GR Supra yang diproduksi oleh Toyota Motor Corporation di Jepang sejak tahun 1978. Sebagai mobil sport, Toyota Supra hadir dengan distribusi bobot ideal 50:50 yang berkontribusi terhadap kedinamisan. 

Mobil ini menggunakan Twin-scroll Turbocharger dalam mesin 6 silinder segaris. Lebih tepatnya, tipe mesin GR Supra memiliki tenaga maksimum 387 PS dengan 5.800-6.500 RPM. Semuanya didukung oleh 8 Speed A/T Transmission.

Baca juga: Daftar Mobil Hybrid dan Listrik Paling Laris di Indonesia

Pada bagian eksterior, mobil ini banyak terpengaruh dari mobil klasik Toyota 2000GT. Bagian atapnya misalnya yang disebut double-bubble, dibuat untuk mereduksi hambatan angin dan membuat desain bodi eksteriornya lebih kompak namun masih tampak kekar.

Toyota 86

Toyota 86

Toyota 86 yang merupakan hasil kolaborasi antara Toyota dengan Subaru. Meskipun memiliki mesin yang kecil yaitu 2 liter tetapi penggerak roda belakang yang terinspirasi dari Corolla Levin dan Sprinter Trueno AE86 menjadikan mobil ini sangat layak masuk daftar mobil Toyota terkencang. 

Menggunakan mesin boxer 4-silinder, mobil ini mampu menghasilkan tenaga 200 PS pada 7.000 RPM dengan torsi puncak 205 Nm pada 6.600 RPM. Tidak hanya itu saja, mobil ini juga tersedia dalam pilihan transmisi otomatis 6-speed saja dan transmisi manual 6-speed. 

toyota celica

Toyota Celica GT-Four

Berdasarkan sejarahnya, mobil ini diproduksi pada sekitar tahun 1986-1999 dalam rangka untuk mengikuti kompetisi World Rally Championship. Setelah itu, Celica GT-Four melakukan debutnya pada tahun 1988 di Tour de Corse. 

Baca juga: Mengenali Ciri-Ciri Aki Rekondisi dan Palsu, Jangan Tertipu!

Untuk kehebatannya, mobil ini tentu tidak perlu diragukan lagi karena berhasil memenangkan 4 balapan sekaligus di ajang Tour de Corse tahun 1992. Mobil ini memiliki kecepatan maksimum 246 kilometer per jam dengan akselerasi 0-100 kilometer per jam hanya dengan waktu 5,9 detik.

toyota mr 2 turbo

Toyota MR2 Turbo 

Meskipun mobil ini terakhir diproduksi 15 tahun yang lalu, Toyota MR2 Turbo memiliki tenaga 263 PS yang masih mampu bersaing dengan berbagai mobil terbaru lainnya. Selain itu, mobil ini juga dapat melakukan akselerasi dari 0-100 kilometer per jam hanya dengan waktu 5,7 detik saja. 

toyota GR yaris

Toyota GR Yaris

Mobil Toyota terkencang lainnya adalah Toyota GR Yaris yang yang lahir dari ajang World Rally Championship (WRC). Meskipun memiliki nama yang sama, mobil ini berbeda dari Yaris biasa dari segi performa sampai segi visualnya. 

Baca juga: 6 Tips Merawat Dashboard Mobil yang Sering Parkir Outdoor

Mobil ini menggunakan mesin turbo tiga silinder 1.600 cc yang mampu memproduksi tenaga hingga 261 PS atau 257,4 TK  pada 6.500 RPM dan torsi berlimpah, yakni 360 Nm di 3.000-4.600 RPM.

mobil Toyota terkencang

Toyota 2000 GT

Mobil Toyota 2000 GT pertama kali diperkenalkan pada tahun 1965 dalam ajang Toyota Motor Show yang merupakan hasil kerja sama antara Toyota dan Yamaha. Mesin mobil ini memiliki kode 3M dengan kapasitas 1.988 cc, 6 silinder segaris, DOHC yang diambil dari basis Toyota Crown. 

Kecepatan maksimum yang bisa diraih oleh mobil ini mencapai 217 kilometer per jam. Itulah mengapa Toyota 2000 GT dianggap sebagai mobil terkencang pada masanya. 

Baca juga: Tips Membersihkan & Menghilangkan Noda Aspal di Bodi Mobil

Tidak hanya mobil-mobil terkencang, Toyota juga menghadirkan mobil-mobil dengan mesin bertenaga yang bisa kamu temui di jalanan, seperti.

mobil Toyota terkencang

Toyota New Alphard

Toyota New Alphard merupakan salah satu mobil MPV premium yang juga cukup laris di Indonesia. Sejak debutnya di Indonesia pada tahun 2008, mobil ini memiliki daya tarik tersendiri. 

Mobil ini dikenal sebagai mobil MPV dengan mesin yang bertenaga. Untuk Alphard tipe 2.500 cc terdiri dari mesin DOHC 4 silinder segaris dengan teknologi Dual VVT-i yang memiliki daya maksimum 180 PS/6.000 RPM.

Baca juga: 5 Cara Merawat Mesin Diesel Agar Selalu Bertenaga dan Awet

Sedangkan Alphard tipe 3.500 cc, mesin yang digunakan tentunya berbeda. Terdiri dari mesin DOHC 6 silinder dengan teknologi Dual VVT-i yang mampu menciptakan tenaga maksimum 275 PS/6.000 RPM.

Bentuknya yang elegan, dipadukan kabin berkualitas premium, menjadikan mobil ini bak kereta kencana bagi para eksekutif sukses, sosialita, hingga kalangan kelas atas Tanah Air. 

mobil Toyota terkencang

Toyota Land Cruiser

Toyota Land Cruiser ini mendapat julukan King Of The World karena image yang kuat sebagai salah satu mobil tangguh sekaligus penjelajah segala medan. 

Baca juga: 5 Mobil Hybrid Toyota dan 6 Kelebihannya

Mobil ini sangat cocok dibawa ke berbagai medan yang sangat menantang. Sebab, Toyota Land Cruiser menggunakan suspensi depan bertipe Double Wishbone dan suspensi belakang bertipe 4 Link Coil Rigid with Lateral Rod.

Berbahan bakar diesel, mobil ini menggunakan mesin 1 VD – FTV, V8, 32 Valves, DOHC, dan Diesel Common Rail. Dengan transmisi 6 Speed A/T Triptonic, mesin tersebut menghasilkan tenaga hingga 235 PS/3200 RPM. Selain itu mobil SUV ini juga bisa mencapai torsi dengan angka 62.8 Kgm/1800-2200 RPM. 

toyota new camry hybrid

Toyota All New Camry

Toyota All New Camry hadir sebagai salah satu sedan tertinggi di kelasnya berkat desain dan ragam fitur yang ada di dalamnya. Mobil ini memiliki dua tipe varian yaitu Camry 2.5 V A/T dan tipe hybrid, tentunya dengan tipe dan karakter mesin yang berbeda.

Baca juga: Mobil Daihatsu Terbaru yang Cocok Buat Road Trip Liburan Sekolah

All New Camry tipe V mengusung mesin berkode A25A-FKS dengan kapasitas 2.500 cc dan dapat menghasilkan daya 204 PS/6,600 RPM dan torsi 24.8 Kgm pada rentang 4.000-5.000 RPM.

Sedangkan varian hybrid, menggunakan kode mesin A25A-FXS dengan kapasitas 2.487 cc yang mampu menghasilkan tenaga 178 PS pada 5.700 RPM dengan torsi berkisar 22,5 Nm pada 3.600-5.200 RPM. Ditambah motor listriknya yang bisa menyemburkan daya 202 Nm. 

mobil Toyota terkencang

Dengan penggunaan platform Toyota New Global Architecture (TNGA), All New Camry menjadi kian nyaman dan dinamis ketika melesat membawa penumpangnya.

Baca juga: Bagaimana Sih Aturan Mobil Listrik di Indonesia?

Nah, daripada bingung memilih mobil mana yang akan dibeli langsung saja mengeceknya di SEVA untuk tahu harga beserta spesifikasi lengkap dari mobil-mobil tersebut. Tersedia juga simulasi cicilan buat yang ingin membelinya secara kredit. 

Ada juga fitur unggulan Instant Approval yang membuat pembelian mobil menjadi semakin mudah, aman dan nyaman karena semuanya bisa dilakukan secara online. 

Jadi, tunggu apalagi nih Anak Kecil Aja Tau kalau mau beli mobil pastinya harus yang Jelas dari Awal yaitu di SEVA!