Search Cars

Berita Terbaru

Fungsi Grill Mobil dan Alasan Mobil Listrik Tidak Membutuhkannya

Fungsi grill mobil tidak hanya sebagai pemanis desain kendaraan. Ada peran penting di baliknya. Apa gunanya di kendaraan listrik?

fungsi grill mobil

Fungsi grille atau sering juga disebut grill mobil secara umum dipahami sebagai celah untuk masuknya aliran udara yang dapat membantu proses pendinginan mesin dan proses pembakaran. 

Seperti diketahui, metode pendinginan mesin mobil selain menggunakan cairan dalam radiator juga memanfaatkan aliran udara yang masuk dari grill depan mobil ke dalam kap mesin. 

Jika grill depan mobil tersumbat atau alami kerusakan, maka dapat membuat aliran udara tidak lancar sehingga berujung mesin cepat panas atau proses pembakaran terganggu.

Baca juga: Perbedaan ETLE Mobile dan ETLE Statis, Bagaimana Cara Kerjanya?

Lalu, selain berfungsi sebagai celah masuknya udara, apalagi fungsi grill depan mobil pada kendaraan? Bagaimana perannya pada mobil elektrik yang tidak memiliki mesin konvensional?

Mengenal apa itu grill mobil 

fungsi grill mobil

Sebelum membahas fungsi grill depan mobil, ketahui dulu apa itu grill atau penulisan yang sebenarnya grille mobil? 

Grill mobil diartikan sebagai kerangka logam, kayu, atau bahan lain, digunakan sebagai sekat, pemisah, penghalang, atau unsur dekoratif seperti pada jendela atau bagian paling depan kendaraan otomotif.

Baca juga: Pengertian Sparepart Mobil Fast Moving dan Slow Moving

Kehadiran grill mobil juga berfungsi untuk melindungi radiator dari kerusakan yang diakibatkan oleh terkena serpihan kerikil aspal, pecahan batu sampai risiko karat akibat paparan air hujan atau air laut.

Fungsi grill mobil sebagai identitas

fungsi grill mobil

Selain berfungsi sebagai celah aliran udara dan pelindung radiator, grill depan mobil kini menjadi identitas dan ciri khas dari sebuah kendaraan. Misalnya pada mobil-mobil keluaran BMW yang dikenal dengan kehadiran ‘kidney grille’ alias desain grill berbentuk ginjal.

Perkembangan desain grill mobil BMW kemudian menjadi ciri khas utama pabrikan asal Jerman ini. Bentuknya menjadi ciri setiap seri mobil yang dikeluarkan, misalnya pada BMW 3 Series 330i M Sport Pro yang berdesain grill menempel. 

Baca juga: Kaleidoskop 2022: BMW Indonesia Luncurkan 26 Model Mobil

Hal berbeda terlihat dari desain grill mobil BMW 5 series 520i M Sport hadir dengan desain terpisah. Meski sama-sama di kelas sedan tapi desain grill depan mobil dibuat berbeda sebagai identitas kendaraan.    

Estetika desain

mobil peugeot

Dalam perkembangannya, kehadiran grill depan mobil kemudian menjadi salah satu aspek estetika bagi desain sebuah kendaraan.

Misalnya pabrikan Peugeot asal Perancis yang mendesain grill untuk mobil-mobil keluaran terbarunya dengan desain frameless alias menyatu tanpa bingkai dengan bodi kendaraan. 

Baca juga: Rekomendasi Mobil Peugeot yang Mengaspal di Indonesia

Desainnya hadir pada deretan SUV (Sport Utility Vehicle) Peugeot 3008 dan Peugeot 5008 yang menonjolkan kesan mewah dan futuristis lewat desain grill depannya.

Menambah aerodinamika 

toyota supra

Fungsi grill mobil lain adalah menambah tingkat aerodinamika kendaraan. Hal ini secara tidak langsung membuat kendaraan dapat melaju dengan lebih efisien karena hambatan angin yang menerpa dapat tersalurkan dengan baik ke seluruh bagian mobil.

Untuk membantu meningkatkan hal tersebut, kini banyak dijual grill cover. Apa fungsi grill cover? Sesuai namanya alat ini berfungsi untuk melapisi grill depan mobil sehingga memiliki fungsi aerodinamika yang lebih baik.

Baca juga: Salah Modifikasi dan Aksesoris Bisa Bikin Mobil Boros Bensin, Benarkah?

Fungsi grill cover lainnya adalah membuat desain mobil tampil lebih futuristis dan kekinian. Harga komponen ini di toko online cukup beragam, misalnya merek Toyota All New Avanza dan Daihatsu All New Xenia dijual seharga Rp850 ribuan. 

Selain kedua hal tersebut fungsi grill cover lain adalah untuk melindungi grill utama mobil dari kerusakaan

Fungsi grill mobil listrik

Daihatsu Ayla EV

Melihat fungsi apa itu grill mobil pada kendaraan konvensional, maka keberadaannya di kendaraan listrik menjadi tidak diperlukan. Seperti diketahui mobil listrik atau BEV (Battery Electric Vehicle) berpenggerak motor listrik dengan sumber tenaga.

Baca juga: Harga Mobil Listrik di Bawah Rp 1 M, Dapat Apa Saja?

Itu artinya pada bagian depan kendaraan tidak terdapat mesin yang membutuhkan pendinginan, serta udara untuk proses pembakaran seperti mesin konvensional. 

Selain itu, biasanya pada mobil-mobil elektrifikasi seperti Tesla, bagian depan kap mesin difungsikan sebagai bagasi. Hal ini menambah kapasitas angkut kendaraan tersebut menjadi lebih besar.

Sementara Hyundai mengubah fungsi grill depan menjadi tempat pengisian daya listrik kendaraannya.

Baca juga: Sejarah Lampu DRL mobil, Mengapa Tidak Ditilang?

Mengingat pentingnya fungsi grille atau grill mobil pada kendaraan konvensional, selalu perhatikan kondisinya. Jika alami kerusakan misalnya bengkok, patah, atau berlubang karena karat, segera ganti agar tidak memengaruhi kerusakan komponen lain.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.