Search Cars

Tips & Rekomendasi

Rincian Perbaikan Mobil Bekas Tabrakan, Semahal Apa?

Mobil bekas tabrakan biasanya memerlukan biaya yang tidak sedikit untuk memperbaikinya. Berapa sih yang harus dikeluarkan?

mobil bekas tabrakan

Biaya perbaikan mobil bekas tabrakan biasanya memang tidaklah sedikit. Meskipun memang, para pemilik kendaraan pastinya tidak akan ada yang mengalami kejadian yang tidak diinginkan tersebut. 

Pada umumnya, biaya untuk perbaikan sangat beragam tergantung dari seberapa berat kerusakan mobilnya. Tidak hanya itu saja, tempat untuk memperbaikinya juga bisa berpengaruh terhadap biaya perbaikan secara keseluruhan. 

Tapi memang, jika memperbaiki mobil sebaiknya dilakukan di tempat servis yang terjamin dan terpercaya. Agar hasilnya juga tidak mengecewakan. 

Baca juga: Benarkah Karpet Mobil Bisa Sebabkan Kecelakaan?

Nah, seberapa mahal sih biaya untuk perbaikan mobil bekas tabrakan?

mobil bekas tabrakan

Tabrakan parah

Biaya perbaikan mobil bekas tabrakan yang parah biasanya harus dilakukan di bengkel resmi. Tabrakan mobil yang cukup parah juga seringkali menyebabkan kerusakan yang sangat kompleks pada kendaraan. 

Untuk biaya yang dibutuhkan cukup besar bahkan bisa mencapai ratusan juta rupiah. Harga tersebut bukan tanpa alasan karena biaya perbaikan tidak hanya sebatas pada bodi mobil tetapi juga bisa sampai komponen-komponen mobil yang juga mengalami kerusakan. 

mobil bekas tabrakan

Penyok di bagian depan

Tabrakan mobil seringkali menyebabkan mobil mengalami penyok di bagian depan. Hal ini cukup sering terjadi, misalnya karena menabrak benda atau kendaraan lain yang biasanya terjadi karena kelalaian pengemudi.

Baca juga: Cara Memperbaiki Sliding Door Mobil yang Rusak

Biaya perbaikan mobil bekas tabrakan yang hanya mengalami penyok depan tentunya tidak terlalu besar. Meskipun memang tidak bisa dibilang murah juga karena bisa mencapai jutaan rupiah, tergantung dari seberapa parah penyok yang terjadi. 

Jika penyok yang terjadi tergolong ringan, seperti pada bumper atau pintu maka biayanya adalah sekitar Rp 300-600 ribu saja. Sedangkan jika penyok terjadi pada bagian kap mesin, biaya yang dikeluarkan bisa mencapai Rp 800 ribu, lho. 

penyok belakang

Penyok di belakang

Bagian belakang mobil juga menjadi area yang mungkin akan terkena jika terjadi tabrakan. Area yang paling sering terkena adalah bumper belakang dan bagasi mobil.

Baca juga: Mobil MPV Terbaik, Apa Saja Fitur di Dalamnya?

Mengingat keduanya memiliki ukuran panel yang berbeda, tentu biaya untuk memperbaikinya juga berbeda-beda. Untuk bumper yang memang ukurannya lebih kecil, biaya yang dibutuhkan sekitar Rp 450-600 ribu tergantung dari tingkat kerusakannya. 

Sedangkan penyok yang terjadi di bagian bagasi karena ukurannya lebih besar maka biaya yang harus dibayarkan juga lebih tinggi yaitu berkisar antara Rp 700-800 ribu. 

sasis mobil

Sasis mobil

Tidak hanya pada bagian bodi mobil, terkadang biaya mobil bekas tabrakan juga harus dilakukan pada bagian kolong atau sasis mobil. Ketika bagian ini mengalami kerusakan, maka perbaikan dilakukan dengan cara memotong atau diganti dengan yang baru. 

Baca juga: Cuci Steam Mobil, Apa Kelebihannya dengan Cuci Sendiri?

Mengenai biaya yang harus dikeluarkan, tentu akan bervariasi tergantung pada ukuran sasis mobil yang mengalami kerusakan tersebut. Sebagai contoh, untuk mengganti sasis mobil berukuran 10 centimeter biaya yang harus dikeluarkan adalah sekitar Rp 150-200 ribu.

Dengan kata lain, semakin panjang sasis mobil yang rusak maka akan semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan oleh pemilik mobil. 

mobil baret

Mobil baret

Untuk memperbaiki baret pada mobil, biasanya bengkel akan menghitungnya per panel. Panel yang lebih kecil biasanya bengkel akan memberikan harga sekitar Rp 350-600 ribu, sedangkan panel yang berukuran lebih besar biaya yang harus dibayarkan adalah sekitar Rp 600-800 ribu. 

Baca juga: Mengenal Cara Kerja dan Fungsi TPMS Mobil

Nah, agar biaya yang harus dikeluarkan ketika mobil bekas tabrakan bisa dikurangi pemilik kendaraan bisa memilih untuk menggunakan asuransi. Dengan adanya asuransi, maka klaim biaya yang harus dikeluarkan itu bisa diganti bahkan sampai sepenuhnya tergantung kondisi mobil. 

Tentunya bisa sangat menguntungkan, bukan!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.