Search Cars

Tips & Rekomendasi

Mengenal Cara Kerja dan Fungsi TPMS Mobil

TPMS mobil merupakan salah satu fitur yang memudahkan pemiliknya dalam melakukan perawatan. Nah, apa saja sih fungsinya?

tpms mobil

Tire Pressure Monitoring System atau TPMS mobil menjadi salah satu fitur canggih yang kini banyak ditemukan pada kendaraan-kendaraan keluaran baru. Fitur ini berguna untuk mengetahui tekanan angin ban mobil. 

Mengetahui tekanan angin pada ban mobil merupakan hal yang penting karena jika berkurang, maka akan berdampak pada mobil. Mulai dari laju kendaraan yang tidak sempurna, ban cepat rusak, bensin boros, sampai velg dan ban yang menjadi cepat rusak. 

Dengan mengecek tekanan angin ban mobil, bisa menjadi cara untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Lantas, bagaimana cara kerja dan fungsi TPMS?

tpms mobil

Cara kerja TPMS

Untuk cara kerja TPMS mobil, hal yang perlu diperhatikan indikator lampu pada fitur tersebut. Ketika lampu TPMS pada Multi Information Display (MID) menyala menandakan bahwa ban dalam kondisi kurang tekanan angin. 

Baca juga: 6 Tanda Ban Mobil Harus Diganti Secepatnya

Usahakan untuk selalu menjaga tekanan angin ban yang ideal pada ban agar performanya tetap optimal saat sedang digunakan.

Selain menambah kenyamanan, tekanan angin ideal banyak manfaatnya, termasuk dari segi keselamatan. Dengan tekanan angin ideal kamu terhindar dari bahaya kecelakaan.

Misal saja dengan tekanan angin berlebihan, suhu ban akan cepat panas dan bisa saja meletus saat mobil digunakan dalam perjalanan jauh.

Baca juga: 11 Cara Mengusir Kecoa di Mobil, Dijamin Ampuh!

Tidak hanya itu, ban yang kelebihan tekanan angin akan menurunkan daya traksinya sehingga membuat mobil mudah melintir saat bermanuver.

Sedangkan jika ban kekurangan tekanan efeknya adalah respon dari kemudi ke roda jadi lambat menyebabkan mobil susah bermanuver.

Dalam jangka panjang bila ban sering dibiarkan kekurangan tekanan juga akan cepat rusak, bahkan menyebabkan mobil menjadi lebih boros BBM. Rugi, kan?

tekanan angin ban

Fungsi TPMS mobil

Fungsi TPMS mobil yang utama adalah untuk melakukan monitoring pada seluruh ban mobil. Dengan mengetahui tekanan angin ban mobil, pemilik bisa mengetahui kondisi ban mobil dengan lebih cepat jika memang ada gangguan. 

Baca juga: DIY Tambal Ban Mobil Sendiri dalam Keadaan Darurat

Terdapat 2 jenis TPMS, yaitu jenis TPMS langsung dan tidak langsung, apa perbedaannya?

  1. TPMS langsung

Jenis TPMS mobil langsung, akan disematkan sensor yang dapat berguna untuk melakukan pemantauan pada tekanan angin setiap ban mobil. Lebih dari itu, sensor tersebut juga dapat membaca suhu pada setiap ban mobil 

Sesuai dengan namanya, yaitu TPMS langsung maka semua sistem pada fitur ini dilakukan tanpa menggunakan kabel. 

Biasanya fitur TPMS akan secara langsung mengirimkan data yang terbaca ke modul control yang nantinya akan diteruskan ke MID di panel instrumen. 

tpms mobil
  1. TPMS tidak Langsung

Sedangkan pada jenis TPMS mobil tidak langsung, merupakan jenis TPMS yang tidak menggunakan sensor pada velg maupun roda. Jenis ini memunculkan tekanan ban berdasarkan hitungan tertentu. 

Baca juga: Aturan Plat Mobil Listrik, Tanda Birunya yang Benar Dimana Ya?

Pada jenis TPMS tidak langsung, hanya mengandalkan sensor kecepatan ban yang terdapat pada sistem rem anti-lock

Kekurangan TPMS jenis ini sangat sensitif dan umumnya kurang akurat, bahkan harus melakukan reset secara manual jika sedang melakukan pengisian tekanan angin ban. 

Sebagai kesimpulan, pastikan untuk selalu menjaga tekanan angin ban mobil agar selalu dalam keadaan ideal. Secara umum, ukuran tekanan ban depan mobil yang ideal adalah 32-34 Psi sedangkan pada tekanan ban belakang mobil yang ideal adalah 30-32 Psi. 

Kemudian perlu diingat juga bahwa masing-masing mobil memiliki standar tekanan angin yang bervariasi ya. Untuk mengetahuinya, bisa melihat stiker yang terdapat di beberapa bagian mobil ya!

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.