Beli mobil di kotamu Pilih lokasi
Pilih kotamu (Pilih sesuai KTP)

Cara Memperbaiki Sliding Door Mobil yang Rusak

Sliding door mobil baik manual dan elektrik yang mengalami kerusakan tentu saja bisa diperbaiki. Begini cara perbaikinya!

sliding door mobil

Seperti komponen lainnya sliding door mobil tentu saja dapat mengalami kerusakan. Umumnya kerusakan disebabkan oleh keausan pada komponennya.

Sebelum membahas lebih dalam, mending cari tahu dulu perbedaan pintu geser mobil model manual dan model penggerak (motor) elektrik.

All New Toyota Voxy

Jenis pintu geser

Pintu geser mobil model manual, biasanya lazim dijumpai pada mobil-mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) seperti Daihatsu Luxio, Daihatsu Granmax MB dan juga Daihatsu Granmax BV. Komponen utama penggeraknya adalah bagian rel serta laher atau bearing.     

Baca juga: Rekomendasi Mobil Pintu Geser yang Praktis Buat Penumpang

Sedangkan untuk pintu geser model elektrik, banyak dijumpai di mobil-mobil MPV premium seperti Toyota New Vellfire, Toyota All New Voxy, Toyota New Alphard, dan juga Toyota New Sienta. Komponen penggerak utama bagi pintu geser elektrik adalah kabel sling, motor dan bagian rel. 

Masing-masing model pintu geser ini tentu harus dirawat berkala agar tidak mengalami masalah alias kerusakan. Namun saat rusak, pemilik tidak perlu panik dulu. Yuk, kenali jenis kerusakannya sehingga dapat memperkirakan perbaikan dan biayanya.

gran max

Kerusakan pintu geser manual 

Masalah kerusakan yang umum terjadi pada model pintu geser manual adalah tidak bisa terbuka alias macet karena kotoran. Cara memperbaikinya cukup mudah.

Baca juga: Jenis Shockbreaker Mobil, Mana yang Lebih Baik, Gas atau Oli?

Pertama adalah dengan membersihkan bagian rel dari kotoran atau kerak. Gunakan amplas atau sikat besi halus untuk membersihkan area tersebut. 

Kedua, lumasi rel dengan pelumas khusus pintu geser. Jika pintu masih terasa berat saat dibuka tutup, semprotkan juga cairan pelumas pada bearing-nya. 

mobil penumpang paling nyaman

Merawat pintu geser manual

Adanya karat pada bagian rel pintu juga menjadi kendala laju buka tutup sliding door. Untuk itu pemilik kendaraan dengan pintu geser manual wajib untuk menjaga kebersihan area rel dengan membersihkan dan mengolesi pelumas. 

Baca juga: Shockbreaker Mobil Bocor, Apa Dampak dan Bahayanya?

Selain itu, sehabis mencuci kendaraan, pastikan bagian rel selalu dikeringkan untuk mencegah timbulnya korosi. 

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah, jangan menutup pintu terlalu keras. Ini akan membuat karet pelapis, rel serta komponen pengait menjadi lebih cepat aus dan rusak. Tutup pintu dengan sewajarnya.

Toyota New Vellfire

Kerusakan pintu geser elektrik

Sementara pada pintu geser mobil dengan penggerak motor, kerusakan umum adalah komponen motor yang rusak atau tali sling yang putus. 

Baca juga: Jenis dan Cara Merawat Rem Tangan Mobil

Kerusakan lain biasanya bersumber dari baterai remote kendaraan yang lemah, atau adanya korsleting di sirkuit penghubung.

Kerusakan-kerusakan ini biasanya karena usia pakai sudah di atas lima tahun. Mobil dengan usia pakai muda, jarang mengalami kendala ini. 

Namun jika terjadi kerusakan tersebut, segera bawa mobil ke bengkel mobil resmi untuk mendapatkan perawatan yang tepat dan bergaransi. 

Harap diingat, pemilik sebaiknya tidak melakukan perbaikan sendiri karena komponen pintu geser elektrik harus ditangani tenaga ahli.

Baca juga: Risiko yang Mengintai Jika Mobil Jarang Servis

Sementara, untuk membuat kinerja sliding door elektrik optimal dan tahan lama, lakukan beberapa tips di bawah ini.

sliding door mobil

Merawat pintu geser elektrik

Sliding door mobil jenis elektrik sangat bergantung pada kinerja motor penggerak dan tali sling di dalamnya. Cara merawat kinerja pintu geser jenis ini adalah:

  • Jangan membuka tutup pintu dalam keadaan mesin mobil mati. Ini akan membuat kinerja motor melemah jika sering dilakukan.
  • Jangan memaksakan kecepatan buka tutup pintu. Pintu jenis ini memiliki ritme gerakan tersendiri yang diatur oleh motor. Memaksa pintu bergerak lebih cepat akan membuat motor rusak.
  • Lumasi bagian rel dan bearing dengan pelumas berbahan parafin. Jangan gunakan pelumas yang mengandung oli, karena membuat debu dan kotoran menempel di sana.  

Baca juga: Tips Memilih Asuransi Mobil yang Tepat

Lalu, berapakah biaya perbaikan pintu geser mobil jenis manual dan elektrik jika alami kerusakan? 

sliding door mobil

Biaya perbaikan pintu geser

Sebagai estimasi, biaya perbaikan pintu geser mobil model elektrik bervariasi. Tarifnya mulai Rp 800.000 untuk perbaikan tali sling putus, dan Rp 1.500.000 sampai puluhan juta jika menyangkut motor penggerak. 

Biaya tersebut biasanya berlaku untuk mobil keluaran Jepang. Sementara untuk mobil keluaran Eropa, biaya perbaikan disebut lebih mahal lagi karena jarangnya komponen.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Ganti Kaca Film Bikin Defogger Rusak?

Wah, cukup mahal kan biaya perbaikannya? Jadi, lebih baik mencegah daripada mengobati. Jelas, merawat pintu geser mobil jauh lebih murah dan mudah ketimbang harus merogoh kocek dalam saat memperbaikinya.

BERITA TERKAIT