Search Cars

Berita Utama Otomotif

Sejarah Toyota Kijang Innova yang Penuh Kenangan Sandiaga Uno

Kesan Sandiaga Uno pada Toyota Kijang Innova ternyata cukup membekas. Inilah sejarah panjang mobil tersebut yang perlu kamu tahu.

sandiaga uno

Bagi Sandiaga Uno, Toyota Kijang Innova adalah mobil yang membawa banyak kenangan. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tersebut membeli mobil pertamanya saat krisis ekonomi 1998 menerpa Indonesia. 

Kini Toyota Kijang Innova yang berganti nama jadi Toyota New Kijang Innova dan identik dengan mesin dieselnya itu akan segera berganti menjadi mesin hybrid.  

Bagaimana kesan mendalam dari Sandiaga Uno pada sosok mobil yang telah menjadi ikon otomotif nasional tersebut?

Kesan Sandiaga Uno

Sandiaga Uno

Sejarah Toyota Kijang Innova yang dibeli Sandiaga Uno sebagai mobil pertama diungkapkan lewat unggahan di media sosial pribadinya.

Baca juga: Harga Toyota Innova Hybrid Mulai Rp 450 Juta, Pesan Yuk!

“Dulu Toyota Kijang adalah mobil pertama yang saya beli dengan keringat dan jerih payah saya sendiri, Kijang Kapsul sebutannya pada masa itu,” tulis Uno saat memulai cerita sejarah Toyota Kijang Innova miliknya.

Kenangan pada mobil tersebut melekat sebab dibeli berdekatan dengan momen pribadi yang berkesan. “Waktu itu saya baru saja menikah dengan Mama @nurasiauno. Sedang merintis usaha sendiri dan mencoba bangkit setelah terkena PHK di krisis 1998,” ujarnya.

Selain kenangan manis, pria kelahiran 28 Juni 1969 itu terkesan dengan performa mobilnya. Toyota Kijang Innova tidak hanya efisien namun juga multi guna karena dapat dipakai bekerja hingga berekreasi bersama keluarga.

Baca juga: Mobil Keluarga Terjangkau Rp 250 Jutaan, Dapat Apa Saja?

“Mobil ini mengingatkan saya pada momen-momen kerja banting tulang, pergi pagi pulang pagi (walaupun sekarang masih). Dan, saat akhir pekan datang, mengajak istri serta anak pergi bertamasya,” ungkapnya di Instagram.

Kenangan bersama Toyota Kijang Innova itulah yang disebut Sandiaga Uno menjadi penyemangat dirinya untuk bekerja dengan keras dan ikhlas.

“Di balik susah pasti ada berkah. Kuncinya adalah Kerja 4 As: Kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja ikhlas,” tutupnya.

Baca juga: 11 Tips Memilih Mobil Keluarga Buat Harian dan Jalan Jauh

Yuk, kenali sejarah panjang mobil yang dibanggakan oleh Sandiaga Uno tersebut!

Kijang Sandiaga Uno

toyota new venturer

Dalam postingan di Instagram terlihat Sandiaga berpose di depan Toyota Kijang Innova berwarna hitam dengan pelat RI 46. Mobil tersebut diperkirakan jenis Toyota New Venturer alias varian tertinggi dari Kijang Innova.

Mesinnya hadir dalam dua pilihan, bensin bervolume 2.000cc dan mesin diesel bervolume 2.400 cc. Harganya di SEVA untuk OTR DKI Jakarta dibanderol mulai Rp499.800.000. Sementara varian tertingginya dijual Rp533.450.000.

Sejarah Toyota Kijang Innova

innova diesel

Mobil Innova awalnya bernama Toyota Kijang, diproduksi PT Toyota Astra Motor (TAM) di tahun 1977 berkonsep Basic Utility Vehicle (BUV). 

Diluncurkan di Pekan Raya Jakarta 1977, mobil mendapat sambutan hangat konsumen. Model pertamanya diproduksi sampai 1981, sering disebut dengan Toyota Kijang Buaya.

Baca juga: Berbeda dengan SUV, Apa Itu Mobil Crossover?

Itu karena model tutup kap mesin mirip rahang buaya saat terbuka. Mesinnya bertipe 3K dengan volume 1.166cc, berpadu transmisi manual 4 percepatan.

Pada tahun 1981 sampai 1985, generasi kedua disebut Toyota Kijang Doyok. Lantaran sosoknya yang kotak, langsing, identik dengan tokoh kartun Doyok di harian Pos Kota. 

Mesinnya bertipe 5K, volume 1.500cc. Pada saat itu, hanya disediakan transmisi 4 percepatan manual.

Baca juga: Mitos dan Fakta Seputar Mesin 3 Silinder di Mobil Masa Kini

Berikutnya tahun 1986, mobil generasi ketiga alias Toyota Kijang Super lahir dan bertahan sampai tahun 1996. Mengusung teknologi full press body, bobotnya diklaim bebas dempul dan lebih ringan.

harga kijang innova bekas

Mesin mobil masih sama, tapi pada 1995, diganti dari tipe 5K bervolume 1.500cc menjadi 7K dengan volume 1.800cc.

Baca juga: Berapa Sih Isi Bensin Full Tank Mobil Toyota dan Daihatsu?

Pada tahun 1997, generasi keempatnya lahir, disebut Toyota Kijang Kapsul. Modelnya berubah total mengedepankan aerodinamis, bulat dan tanpa sudut-sudut bodi yang tajam. Pilihan mesin bensin 1.800cc tipe 7K, Kijang Kapsul dilengkapi juga dengan mesin diesel 2.400cc. 

Toyota Kijang berevolusi menjadi Innova pada tahun 2004. Secara keseluruhan tampilan dari Toyota Kijang Innova menjelma menjadi MPV (Multi Purpose Vehicle) tulen. 

Baca juga: Piala Dunia 2022 Dipenuhi Kendaraan Listrik, Ada Apa Saja?

Pada tahun 2016, All New Kijang Innova hadir yang dikenal juga sebagai Innova reborn, dan sekarang TAM tengah bersiap menghadirkan Toyota Innova Hybrid ke tengah konsumen.

Kredit Toyota Kijang Innova

toyota zenix

Nah, kamu tertarik memiliki mobil Toyota New Kijang Innova ini? Jangan khawatir, karena mobil ini bisa kamu beli secara kredit juga loh.

Langsung aja cek di SEVA ya, dapatkan hitungan kredit paling terjangkau dengan Loan Calculator dan persetujuan pembelian tercepat dengan fitur Instant Approval!  

Awas Kena Gocek, karena cuma di SEVA yang kasih kamu skema hitungan kredit dan cicilan paling #JelasDariAwal.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.