Search Cars

Tips & Rekomendasi

Mitos dan Fakta Seputar Mesin 3 Silinder di Mobil Masa Kini

Mesin 3 silinder kabarnya lebih irit bensin daripada mesin 4 silinder. Benarkah demikian? Yuk, cari tahu mitos dan faktanya.

mesin 3 silinder

Mesin 3 silinder dikembangkan sejak tahun 1970 an oleh pabrikan otomotif. Teknologinya biasa digunakan untuk mobil dengan volume mesin di bawah 2.000 cc. 

Dewasa ini penggunaan mesin 3 silinder didasarkan pada kebutuhan akan mobil-mobil kompak berbodi kecil namun tetap memiliki tenaga yang dapat diandalkan. 

Beberapa contoh mobil baru yang menggunakan mesin 3 silinder adalah Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, serta Daihatsu New Ayla dan Toyota New Agya bermesin 1.000 cc yang diluncurkan pada tahun 2013 lalu.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Penumpang Paling Nyaman

Meski dapat diandalkan tenaganya, namun teknologi mesin 3 silinder sering dikaitkan dengan torsi yang kecil. Apakah benar demikian? Biar tidak salah paham, yuk cari tahu seputar mitos dan faktanya. 

Mitos performa mesin

Daihatsu Rocky

Pada mitos pertama, mesin 3 silinder hanya mampu menghasilkan torsi dan tenaga yang kecil. Benarkah demikian? Jawabannya tidak benar. 

Kebanyakan mobil dengan mesin ini mengawinkan teknologi turbocharger di dalamnya. Hasilnya torsi dan tenaga mobil meningkat, bahkan bisa melebihi mobil dengan mesin 4 silinder.

Baca juga: Bedah Fitur dan Kenyamanan Interior Toyota Raize

Sebagai contoh, Toyota Raize 1.0T G dan 1.0 GR Sport memiliki torsi puncak 14,3 Kgm dan mampu menyemburkan tenaga sebesar 98 daya kuda. 

Bandingkan dengan Daihatsu All New Xenia 1.3 R bermesin 4 silinder yang hanya hasilkan 12,4 Kgm dan tenaga maksimal 97,9 daya kuda.

Tenaga Daihatsu New Sirion X CVT juga kalah besar. Mesin 4 silindernya hanya mampu hasilkan tenaga sebesar 95 daya kuda serta torsi puncak 12,2 Kgm. 

Mesin 3 silinder pakai Pertalite

pertalite habis

Mitos kedua, mesin 3 silinder boleh diberikan BBM dengan oktan 90 atau sekelas Pertalite. Benarkah hal itu? Ini juga tidak benar. Mengapa demikian?

Baca juga: Apa Saja Kelebihan Mesin 4 Silinder Pada Mobil?

Untuk menghasilkan tenaga besar maka karakter mesin 3 silinder dirancang dengan kompresi tinggi. Timing pengapian mesin juga disetel lebih cepat, tujuannya menciptakan ledakan ruang bakar dengan ritme dan jeda waktu yang singkat. 

Hasilnya kompresi mesin rata-rata adalah 10:1 sehingga tidak cocok diberikan BBM dengan oktan rendah. Memaksa penggunaan BBM yang tidak sesuai bisa mengakibatkan kerusakan komponen mobil terjadi lebih cepat.

Mesin 3 silinder berisik

mesin 3 silinder

Mitos ketiga soal mesin 3 silinder adalah soal getaran mesinnya yang dianggap lebih kasar dan berisik dari 4 silinder. Lagi-lagi, hal ini kurang tepat.

Baca juga: 3 Perbedaan Eksterior Daihatsu Rocky Bermesin 1.0 dan 1.2

Saat ini pabrikan mobil yang mengusung teknologi ini telah membuat sejumlah inovasi untuk mengurangi getaran serta suara mesinnya. 

Teknologi pertama dengan memasang balancer shaft, lalu yang kedua dengan memasang dudukan jenis hidraulik dan cara ketiga adalah pemakaian external damper atau peredam eksternal. 

Ketiganya terbukti mampu mengurangi getaran dan tingkat kebisingan mesin mobil 3 silinder.

Baca juga: Beli Mobil Daihatsu Budget 300 Juta, Dapat Apa Saja ya?

Ada juga teknologi yang dikembangkan salah satu pabrikan dengan menambahkan pulley khusus di bagian depan mesin dan flexible flywheel di bagian belakang. Hal ini juga signifikan mengurangi getaran dan suara mesin.

Nah, setelah mengenal mitos-mitosnya, berikut sejumlah fakta terkait mesin mobil ini yang perlu kamu ketahui. 

Fakta mesin irit BBM

Daihatsu Rocky 1200 cc

Apakah teknologi ini mengirit konsumsi BBM kendaraan? Faktanya memang demikian. Karena jumlah silinder yang lebih sedikit, membuat jumlah BBM yang dibakar juga tidak banyak.

Baca juga: Berapa Sih Isi Bensin Full Tank Mobil Toyota dan Daihatsu?

Selain itu, teknologi mesin ini biasanya menggunakan sistem injeksi bahan bakar langsung, membuat pembakaran lebih efisien dengan jumlah BBM yang lebih sedikit.

Rendahnya konsumsi BBM juga dipengaruhi oleh bodi mobil yang umumnya lebih kecil ketimbang mobil-mobil bermesin 4 silinder atau lebih. 

Efisiensi itu semakin bertambah dengan pengaplikasian teknologi body mobil yang ringan namun kokoh. Misal seperti Daihatsu New Global Architecture.

3 Silinder mudah dirawat

Oli Mesin Resmi

Fakta selanjutnya adalah mesin tipe ini lebih mudah dirawat. Tentu saja. Jika dibandingkan dengan mesin empat silinder, tentu mesin tiga silinder punya komponen yang lebih sedikit. 

Baca juga: Harga Busi Mobil Avanza dan Xenia Mahal, Benarkah?

Silinder dan pistonnya hanya tiga unit, dan umumnya jumlah busi pun mengikuti jumlah silinder, yaitu sebanyak tiga buah.

Melihat dari oli yang digunakan, pada mesin tiga silinder dapat dipastikan lebih sedikit. Contoh, Daihatsu New Ayla bermesin 1.000 cc dibandingkan mesin 1.200 cc. Jumlah oli mesin Ayla 1.000 cc cuma 2,5 liter, sedangkan untuk oli 1.200 cc adalah 3,5 liter. 

Harga lebih terjangkau

mesin 3 silinder

Fakta berikut soal teknologi mesin 3 silinder dapat membuat harga mobil lebih terjangkau. Apakah demikian? Ya, hal ini benar. 

Baca juga: Penjualan Daihatsu Sigra Tembus 35 Ribu Unit, Apa Kelebihannya?

Menggunakan mesin 3 silinder, maka komponen yang dipakai sampai material lain tidak sebanyak mesin 4 silinder. Material yang lebih sedikit ini bisa menekan ongkos produksi.

Kabin lega

Daihatsu Rocky

Benarkah dimensi kabin mobil mesin 3 silinder lebih nyaman untuk penumpang? Ini adalah fakta. Bagaimana penjelasannya?

Karena ukuran mesin yang lebih kecil dan ringan, produsen tidak membutuhkan ruang mesin yang besar. Produsen lalu memaksimalkan ruang kabin menjadi lebih nyaman dan lega. 

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mematikan AC Mobil Bisa Bikin Irit BBM?

Kabin yang nyaman biasanya dilihat dari jarak sumbu ronda kendaran. Semakin besar akan semakin nyaman dan lega. Misal dengan melihat jarak sumbu roda Daihatsu New Ayla 1.0 adalah 2.455 milimeter, Daihatsu Rocky 2.525 milimeter, dan Daihatsu Sigra juga 2.525 milimeter.

Nah, dengan mengenal mitos dan fakta seputar mesin 3 silinder kamu dapat dengan bijak menetukan pilihan sebelum membeli unitnya. 

Kunjungi SEVA untuk melihat spesifikasi unit serta mendapatkan hitungan cicilan terbaik lewat Loan Calculator dan Instant Approval.

SatSet yuk, karena semua proses beli mobil selalu Jelas dari Awal!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.