Search Cars

Tips & Rekomendasi

Apa Saja Kelebihan Mesin 4 Silinder Pada Mobil?

Mesin 4 silinder banyak dipakai oleh mobil lawas sampai deretan kendaraan terbaru nan canggih. Apa yang membuatnya jadi pilihan?

mesin 4 silinder

Teknologi mesin 4 silinder mulai marak dikembangkan secara massal pada dunia otomotif sejak tahun 1960 an. Sampai sekarang teknologinya terus diperbarui dan semakin banyak digunakan oleh pabrikan mobil dunia.

Pabrikan asal Jepang, Toyota Astra Motor misalnya, hampir semua produknya memakai mesin 4 silinder segaris. 

Mulai dari mobil LCGC Toyota New Agya, mobil MPV Toyota New Venturer sampai ke mobil sedan Toyota All New Camry dan kategori MPV Premium seperti Toyota New Vellfire.

Baca juga: All New Toyota Voxy Lebih Bertenaga, Nyaman, dan Aman

Teknologi 4 silinder memang idealnya dipakai untuk mobil-mobil bervolume mesin sampai dengan 2.500 cc. Untuk mesin dengan volume lebih besar, maka biasanya pabrikan menggunakan mesin dengan jumlah silinder yang lebih banyak.

Sebagai contoh, Toyota New Alphard 3.5 Q memakai mesin 6 silinder segaris, sedangkan pada Toyota New Alphard 2.5 HV, 2.5 G dan 2.5 X memakai 4 silinder segaris.

Lalu, faktor apa lagi yang membuat teknologi 4 silinder ini begitu mendominasi dunia otomotif? Apakah karena mesinnya yang mudah dirawat dan bandel?

Kelebihan mesin 4 silinder

mesin 4 silinder

Hal yang menjadi keunggulan utama dari mesin ini adalah lebih stabil dan halus ketimbang mesin dengan  konfigurasi 1, 2 dan 3 silinder. Kestabilan yang dimaksud adalah dalam proses pembakaran dan halus getarannya dibanding mesin 3 silinder.

Baca juga: Efek Sering Ganti BBM Bagi Mesin Mobil

Ini karena proses yang terjadi dalam 4 silinder segaris sudah mencapai keseimbangan yang baik karena pistonnya bergerak secara berpasangan. Ketika satu pasang piston bergerak ke atas, satu pasang piston lagi bergerak ke bawah. 

Putaran mesin lebih tinggi

speedometer mobil

Keuntungan lain dari teknologi pada mesin ini adalah, perputaran mesin menjadi lebih tinggi. Hasilnya membuat tenaga yang dikeluarkan juga lebih responsif jika dibandingkan pada mesin 3 silinder.

Hal tersebut membuat mobil dengan mesin 3 silinder umumnya menambahkan turbo untuk dapat menghasilkan tenaga yang setara dengan mobil mesin 4 silinder.

Mesin 4 silinder ringan

mesin bertenaga

Karena jumlah pistonnya tidak banyak, maka keunggulan mesin ini adalah bobotnya menjadi ringan. Bobot ringan juga dipengaruhi oleh ukuran dan bentuk mesin yang lebih kompak, sehingga cocok diaplikasikan pada mobil-mobil berukuran kecil dan sedang.

Baca juga: Apa Sih Kelebihan Pertalite Pada Mobil?

Konfigurasi mesin yang lebih ringkas tentu membuat biaya produksi menjadi lebih efisien. Ini juga yang menjadi salah satu keuntungan mobil memakai mesin 4 silinder segaris.

Bandel dan mudah dirawat

mesin 4 silinder

Teknologi 4 silinder terus dikembangkan dan terbukti menjadi paling efisien bagi mobil-mobil terbaru. Karakter mesin yang bandel dan mudah dirawat membuat banyak pabrikan terus mengeluarkan produk terbaru dengan dukungan mesin ini. 

Namun demikian, ada juga hal yang dianggap sebagai kekurangan dari teknologi 4 silinder ini. Apa saja kekurangannya?

Tenaga terbatas

Daihatsu Granmax baru

Seperti dikatakan sebelumnya, mesin ini memiliki keterbatasan dan jarang digunakan di mobil mewah dengan volume mesin besar. Mengapa?

Baca juga: 9 Penyebab Mesin Mobil Hilang Tenaga Saat di Gas

Jika dipaksa digunakan pada mesin berkapasitas besar, maka guncangan yang dirasa akan semakin kasar. Ini disebabkan percepatan dan perlambatan piston lebih besar di putaran atas crankshaft daripada putaran di bawah. 

Untuk itu, mobil dengan tenaga dan volume mesin besar umumnya menggunakan konfigurasi dengan silinder yang jauh lebih banyak, misalnya berjumlah 6 atau 8 silinder. 

Namun jangan khawatir, untuk meredam getaran pada mesin 4 silinder, pabrikan mengembangkan teknologi peredam yang disebut balance shaft. Hal ini mampu meredam getaran mesin pada mobil bervolume mesin 2.000 cc ke bawah. 

toyota new yaris

Teknologi ini dijamin membuat mobil-mobil dengan 4 silinder tetap memiliki performa dan tenaga yang dapat diandalkan. 

Baca juga: 7 Tips Menghadapi Resesi yang Diramalkan Terjadi Tahun 2023

Jika kamu tertarik mengetahui mobil-mobil terbaru yang mengadopsi mesin 4 silinder, langsung SatSet saja cek spesifikasi dan ajukan pembelian lewat SEVA

Gunakan fitur Loan Calculator dan Instant Approval yang akan menghitung cicilan mobil paling terjangkau untuk kamu!

Beli mobil dijamin anti kredit macet deh, karena semua prosesnya dijamin Jelas dari Awal.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.