Search Cars

Berita Utama Otomotif

Piala Dunia 2022 Dipenuhi Kendaraan Listrik, Ada Apa Saja?

Piala Dunia 2022 akan segera dihelat. Panitia telah memilih mobil listrik untuk ragam kebutuhan event. Intip deretannya yuk!

piala dunia 2022

Jadwal Piala Dunia 2022 akan segera dimulai pada 20 November 2022 mendatang. Partai pembuka dilakoni tuan rumah Qatar menghadapi Ekuador di Al-Bayt Stadium, Al Khor pada pukul 23.00 WIB.

Kemeriahan hajatan empat tahun sepak bola sedunia itu diperkirakan akan menyedot perhatian kurang lebih 5 miliar manusia. Ini tentu menjadi momentum bagus untuk mengkampanyekan banyak hal termasuk energi terbarukan. 

Hyundai sebagai salah satu sponsor utama Piala Dunia 2022 siap mendukung mobilitas dan kelancaran acara tersebut dengan dukungan kendaraan elektrifikasinya. 

Baca juga: Alasan Mengapa Harga Mobil Listrik Lebih Mahal

Tidak tanggung-tanggung, pabrikan asal Korea Selatan itu telah membentuk divisi khusus yang bertugas selama gelaran Piala Dunia 2022 dan akan berakhir tanggal 18 Desember 2022 nanti.

Dikutip dari Liputan6.com, tim tersebut dibentuk untuk memantau dan mengawasi penggunaan mobil listrik agar tidak terjadi kesalahan selama gelaran acara. Lalu mobil apa saja yang disiapkan pabrikan Negeri Ginseng itu?

Mobil resmi Piala Dunia 2022

Piala Dunia 2022

Hyundai kabarnya menyiapkan sebanyak 10 bus listrik Elec City, dan beragam model hybrid seperti Hyundai Sonata, Ioniq 5, Tucson, dan Kona sebagai kendaraan resmi.

Baca juga: Ngecas Mobil Listrik vs Biaya Isi Bensin, Mana Lebih Hemat?

Total Hyundai menyiapkan 446 unit kendaraan penumpang yang akan digunakan untuk keperluan Piala Dunia 2022 di Qatar, setengah dari jumlah itu adalah mobil listrik atau hybrid

“Hyundai Motor dan FIFA memiliki komitmen yang kuat untuk membuat acara tahun ini sukses berkelanjutan melalui penggunaan mobilitas bersih,” kata Jaehoon Chang, Presiden dan CEO Hyundai Motor Company dikutip Sindonews.

Penasaran dengan deretan mobilnya?

Mobil petinggi Piala Dunia

Hyundai Genesis GV70

Dua mobil yaitu Hyundai Genesis G80 dan Hyundai Genesis GV70 rencananya dipergunakan untuk mobilitas para petinggi FIFA. 

Baca juga: Mobil Listrik Toyota di Bali, Ada Apa Saja Sih?

Untuk diketahui, mobil Hyundai Genesis G80 juga dilibatkan di gelaran KTT G20 di Bali. Ada sekitar 293 unit yang diserahkan pabrikan kepada Sekretariat Negara RI untuk menyukseskan acara tersebut.

Pada dapur elektriknya dibenamkan baterai lithium-ion berkapasitas 87,2kWh. Kinerjanya dapat menyuplai tenaga hingga 364 daya kuda dengan torsi maksimum 700Nm. Hasilnya, mobil bisa melaju sampai kecepatan 225 kilometer per jam!

Untuk mobil Hyundai Genesis GV70 dibekali baterai 77,4kWh yang menggerakkan motor listrik depan 180kWh dan motor listrik belakang 180kWh. Sehingga total daya baterai gabungan mencapai 360kWh, sementara torsi mencapai 700Nm.

Baca juga: Toyota Corolla Cross Hybrid dan Toyota C-HR Hybrid, Pilih Mana?

Sekali mengisi daya hanya perlu waktu 18 menit sampai 80 persen. Jika full terisi maka mobil ini dapat melaju sejauh 445 kilometer.

Hyundai Tucson

Hyundai Tucson

Diperkenalkan pada tahun 2021, Hyundai Tucson adalah SUV (sport utility vehicle) yang ikut mengalami pembaruan dari mobil konvensional menjadi versi new plug-in hybrid. 

Versi ini menggendong mesin 1.600cc dengan turbocharged, tenaganya sampai 177 daya kuda. Dengan kinerja motor listriknya akan menyuntikkan tenaga tambahan sampai 90 daya kuda. 

Baca juga: Mobil Konsep dan Mobil Listrik Terbaru yang Ada di GIIAS 2022

Motor listriknya didukung oleh baterai lithium ion polymer sebesar 13,8kWh, membuat mobil ini mampu berjalan sejauh maksimum 50 kilometer jika hanya beroperasi dengan motor listriknya saja.

Hyundai Ioniq 5

piala dunia 2022

Tentu publik sudah mengenal kendaran full listrik Hyundai Ioniq 5. Di Indonesia unitnya sudah berseliweran di jalan raya. Namun yang istimewa, mobil yang juga menjadi kendaraan resmi Piala Dunia 2022 ini akan dijadikan sebagai charger berjalan.

Diketahui mobil listrik tersebut memiliki fitur Vehicle-to-Load yang bisa menjadi sumber listrik, layaknya sebuah stasiun charger berjalan untuk mobil listrik lainnya yang kehabisan daya. 

Baca juga: BMW iX dan BMW i4 Ramaikan Jajaran Mobil Listrik di GIIAS 2022

Hyundai Ioniq 5 tipe long range dibekali baterai besar, kapasitasnya tembus 72,6kWh. Jarak tempuhnya bisa membuat mobil melaju sejauh 481 kilometer, atau jadi mobil listrik Hyundai dengan jarak tempuh terjauh.

Kemampuan teknis motor listrik mobil ini mampu menghasilkan tenaga puncak 214 daya kuda untuk varian long range, dan torsi tertinggi 350 Nm pada semua varian.

Mobil Hyundai Sonata

Hyundai Sonata

Hyundai Sonata adalah mobil hybrid yang dikembangkan tahun 2020 lalu. Bagian atapnya menggunakan panel tenaga surya. Mobil dibekali mesin 2.000cc dengan transmisi otomatis 6 percepatan. 

Baca juga: Pasang Charger Mobil Listrik di Rumah, Berapa Biayanya?

Mesin bensinnya bisa menghasilkan tenaga 150 daya kuda. Kinerjanya dipadukan dengan motor listrik yang bisa memberikan tambahan tenaga 51 daya kuda, sehingga total Hyundai Sonata mampu menghasilkan tenaga 192 daya kuda.

Hal yang mengesankan adalah dalam hal keamanan karena mobil ini mendapat bintang 5 dari National Highway Traffic Safety Administration di Amerika Serikat. Enam tes tabrakan yang dilaluinya mendapat rating paling tinggi.

Untuk diketahui, FIFA selaku induk organisasi sepak bola sedunia akan mendukung deretan mobil listrik tersebut dengan membuat fasilitas pengisi daya kendaraan listrik berkapasitas 100 hingga 150kWh di tempat parkir stadion. 

Jadwal Piala Dunia 2022

piala dunia 2022

Kick off pertandingan dilakoni tuan rumah Qatar kontra Ekuador di babak penyisihan Grup A. Partai penyisihan grup terakhir adalah Kamerun melawan Brasil di Grup G tanggal 3 Desember 2022.

Baca juga: Transfer Pemain Bola Termahal Bisa Dapat Berapa Mobil Mewah?

Untuk jadwal Piala Dunia 2022 partai final akan dihelat tanggal 3 Desember 2022 pada stadion Lusail yang mampu menampung 80 ribu penonton.

Peserta Piala Dunia 2022 diikuti oleh 32 negara yang sebelumnya bersaing di babak penyisihan berdasarkan zona wilayah, yaitu Eropa, Conmebol (Amerika Selatan), Concacaf (Amerika Utara, Amerika Tengah, Karibia), Afrika, Asia, dan Oceania.

Untuk hadiah, peserta Piala Dunia 2022 akan mendapat sejumlah uang. Dimulai saat fase persiapan jelang turnamen, tim peserta akan mendapat 2 juta dolar AS. Kemudian peserta juga akan dibayar 10 juta dolar AS untuk ambil bagian di babak penyisihan grup.

Baca juga: Harga Mobil Listrik di Bawah Rp 1 M, Dapat Apa Saja?

Peserta Piala Dunia yang tampil sebagai juara bakal membawa hadiah uang sebesar 50 juta dolar AS atau setara Rp 746 miliar. Angka yang fantastis bukan? Bisa beli mobil mewah apa saja ya uang tersebut?

Buat kamu penggemar sepak bola, jangan sampai kelewatan jadwal Piala Dunia 2022 ya!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.