Search Cars

Tips & Rekomendasi

Pasang Charger Mobil Listrik di Rumah, Berapa Biayanya?

Memiliki charger mobil listrik di rumah mungkin masih awam bagi masyarakat. Berapa sih biaya pasang dan gimana cara urusnya?

charger mobil listrik

Charger mobil listrik biasanya diberikan saat kamu membelinya, seperti contohnya Hyundai Ioniq 5. Model charger yang diberikan biasanya adalah portable charger berbentuk kabel yang terhubung dengan perangkat pengubah arus.

Bentuknya yang ringkas dan mudah dibawa, serta mudah disesuaikan dengan daya listrik rumah menjadikan alat ini sangat berguna. Bila dijual terpisah, harga charger mobil listrik model ini dengan daya 2 kWh sekitar Rp 6,1 juta.

Namun, karena daya yang dihasilkan tidak besar, pengisian dengan portable charger listrik untuk mobil ini tersebut terbilang lama. Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi dari 0-100 persen daya mobil listrik dengan baterai 38 kWh, sekitar 17 jam.

Baca juga: Ngecas Mobil Listrik vs Biaya Isi Bensin, Mana Lebih Hemat?

Untuk itulah para pemilik mobil listrik diharapkan memiliki sendiri charger mobil listrik di rumah mereka. Bagaimana cara memasang dan biayanya jika mengurus ke PLN (Perusahaan Listrik Negara)?

Pasang charger mobil listrik

charger mobil listrik

Dikutip Kompas, menurut Executive Vice President Komunikasi Korporat & CST PLN, Diah Ayu Permatasari, pihaknya memberikan fasilitas pemasangan charger mobil listrik gratis di rumah bagi masyarakat yang memiliki mobil tersebut.

Namun ada syarat ketentuan dalam pemasangan instalasi gratis ini. “Kalau misalnya beli satu produk tertentu, mereka (mobilnya) sudah punya bawaan home charging. Kami pasangnya gratis, instalasinya gratis,” ucap Diah.

Baca juga: Mobil Konsep dan Mobil Listrik Terbaru yang Ada di GIIAS 2022

Masyarakat hanya akan dikenakan biaya tambahan jika ingin menambah daya pada alat tersebut. 

Harga charger mobil listrik

mengatur uang thr

Sementara bagi kamu yang ingin tahu harga charger mobil di rumah, PLN memiliki promo Super Everyday. Promo ini khusus diluncurkan untuk mendukung akselerasi penggunaan kendaraan listrik di Indonesia.

Sementara bagi kamu yang ingin tahu harga charger mobil di rumah, PLN memiliki promo Super Everyday. Promo ini khusus diluncurkan untuk mendukung akselerasi penggunaan kendaraan listrik di Indonesia.

Promo ini dapat diikuti oleh semua golongan tarif pelanggan PLN, dengan rincian pelanggan TR (Tegangan Rendah) 1 Fasa sampai dengan daya 7.700 VA (volt-ampere) dan Pelanggan TR 3 Fasa sampai dengan daya 13.200 VA. 

Baca juga: Ganti Baterai Mobil Listrik Apakah Mengubah Data di STNK?

Berapa besaran biaya yang harus dibayarkan? 

Adapun pemberian harga spesial bagi pelanggan 1 Fasa hanya membayar Rp 850 ribu dengan pilihan daya akhir 7.700 VA. Sementara pelanggan 3 Fasa hanya membayar Rp 3,5 juta dengan pilihan daya akhir 13.200 VA.

Sebagai informasi, dengan daya 7.700 VA maka mobil listrik berbaterai 38 kWh akan terisi penuh sekitar 5,5 jam. Semakin besar daya charger mobil listrik maka akan semakin cepat pula masa pengisian baterainya.

Baca juga: Alasan Mengapa Harga Mobil Listrik Lebih Mahal

PLN juga memberikan diskon potongan harga tarif listrik pada pelanggan yang melakukan pengisian daya pada pukul 22.00 WIB-05.00 WIB sebesar 30 persen.

Stasiun pengisi daya listrik

charger mobil listrik

Selain itu, pengisian baterai mobil listrik juga bisa dilakukan di SPLU (Stasiun Pengisian Listrik Umum) yang banyak tersebar di kota besar Indonesia. Tarif pengisian di tempat ini umumnya Rp 2.500 per kWh. 

Untuk memudahkan pengisian daya di SPLU kamu diwajibkan menginstal aplikasi Charge.IN milik PLN di Playstore atau AppStore terlebih dahulu. Setelah itu lakukan langkah di bawah ini.

  • Cari SPLU terdekat yang tersedia melalui aplikasi Charge.IN.
  • Kamu sebaiknya sudah punya akun LinkAja untuk melakukan pembayaran.
  • Isi kendaraan listrik yang sesuai dengan tipe pengisian listrik mobil kamu.
  • Tempelkan kartu NFC kendaraan listrik pada tempat pengisian untuk otentikasi.
  • Scan QR Code yang tersedia di SPLU, lalu masukkan jumlah kWh yang akan diisi, setelah itu akan tertera berapa biaya yang harus dibayarkan.
  • Bayar dengan LinkAja.
  • Tunggu proses pengisian daya selesai.

Baca juga: Bagaimana Sih Aturan Mobil Listrik di Indonesia?

Cukup mudah bukan cara pengisian di SPLU? Nah, jika kamu memiliki mobil listrik sebaiknya selalu usahakan mengisi penuh daya di rumah dengan charger mobil listrik.

Hal ini tentu saja untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, misalnya saja kehabisan daya di tengah jalan. Dengan menggunakan mobil listrik, kamu berperan aktif bagi lingkungan yang lebih bersih dan bebas dari polusi loh.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.