BMW iX dan BMW i4 Ramaikan Jajaran Mobil Listrik di GIIAS 2022

Mobil listrik BMW iX dan BMW i4 hadir perdana di GIIAS 2022. BMW juga kenalkan tiga model baru lainnya. Ini daftarnya!

BMW iX

BMW Indonesia meramaikan jajaran mobil listrik di GIIAS 2022 dengan meluncurkan BMW iX xDrive40 dan BMW i4 eDrive40. 

Dengan tema Joy Electrified, selain 2 mobil listrik terbaru, BMW juga mengenalkan BMW Z4 M40i, BMW 840i Gran Coupé M Sport Pro, dan BMW 840i Coupé M Sport Pro.

Total, booth BMW atau dikenal dengan BMW Group Pavilion di Convention Hall, ICE BSD, selama GIIAS 2022 berlangsung, 11-21 Agustus 2022, memajang 22 unit kendaraan BMW terbaru serta 7 unit MINI terbaru.

Baca juga: Ngecas Mobil Listrik vs Biaya Isi Bensin, Mana Lebih Hemat?

“JOY ada dalam pengalaman berkendara, teknologi, desain, dan pengalaman kepemilikan premium yang tak tertandingi. Sekarang, lebih dari sebelumnya, JOY juga hadir pada rangkaian kendaraan listrik BMW,” ujar Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia.

Lantas, apa yang ditawarkan oleh BMW iX xDrive40 dan BMW i4 eDrive40 sebagai mobil listrik terbaru BMW?

BMW iX

BMW iX xDrive40

Model yang dirilis di Indonesia ini adalah BMW iX xDrive40, yang dilengkapi dengan teknologi BMW eDrive generasi kelima. Memungkinkan pengalaman berkendara yang memukau, manajemen energi kendaraan yang efisien serta sistem bantuan pengemudi yang inovatif.

Baca juga: Apa Sih Mobil BMW Paling Laku di Indonesia?

Meski bongsor dengan bobot lebih dua ton dan panjang nyaris 5 meter, Sport Activity Vehicle (SAV) yang ditopang oleh tenaga dari motor listrik ganda, mampu memproduksi sampai 240 kW atau setara tenaga maksimum 326 daya kuda! 

Tenaga besar ini membuatnya melaju dari 0-100 kilometer per jam dalam tempo hanya 6,1 detik! Tarikan tenaganya terasa cepat dan konsisten, khas sedan sport BMW!

Motor listriknya digerakkan oleh baterai berbahan kobalt dan lithium sehingga mampu hasilkan tenaga besar namun tetap efisien. Konsumsi daya listrik BMW iX xDrive40 rata-rata dalam siklus WLTP di bawah 20 kWh (kiloWatt per hour) untuk jarak 100 kilometer.

Baca juga: Pembukaan GIIAS 2022 Jakarta, Ada Apa Saja Sih?

Baterainya dibuat menggunakan sumber ramah lingkungan yang bersertifikat dan diklaim mengalami efisiensi 20 persen lebih baik dari baterai generasi sebelumnya.

Kapasitas baterai BMW iX xDrive40 sebesar 76,6 kWh untuk hasilkan jangkauan yang dihitung WLTP lebih dari 420 kilometer.

BMW iX

Eksterior BMW iX xDrive40

Meski menggendong mesin listrik, kidney grille besar BMW dipertahankan. Namun teknologi terbaru di baliknya tertanam kamera dan sensor untuk keamanan dan kenyamanan berkendara.

Baca juga: Promo GIIAS 2022 dari SEVA, Nikmatnya Sampai Akhir Tahun!

Gril juga dilengkapi elemen pemanas, sehingga memastikan bagian tersebut bebas dari embun dan salju yang dapat mengganggu kinerja sensor-sensor tersebut.

Kerennya lagi ada teknologi self healing yang bisa membuat gril ini membersihkan diri dan memulihkan kondisi akibat lecet dari benturan kerikil saat berjalan. 

Lampu utama dilengkapi dengan laser light, dan bagian bawah bumper ada lubang udara beraksen hitam. 

Baca juga: Tips Membersihkan & Menghilangkan Noda Aspal di Bodi Mobil

BMW iX

Pada bagian samping body tidak terdapat ornamen berlebih. Handle door tampil rata dengan body, memberi kesan futuristis. Ditambah kehadiran lampu LED di bagian dalam kaca samping yang akan berkedip saat pintu terkunci atau terbuka. 

Kesan sporty terpancar kuat pada desain frameless pada kaca samping pintu utama dan penumpang. 

Pindah ke belakang, desain buritan elegan dan minimalis. Dengan lampu belakang yang tipis warna putih berpadu silver, dan berpola sequential saat dinyalakan. Keren.

Baca juga: Mengecek Mobil Baru, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

Untuk keamanan saat membuka bagasi, terdapat lampu stop yang otomatis menyala di bagian dalam. Ini membuat mobil tetap terlihat saat membuka bagasi dalam keadaan darurat di malam hari. Nice!

BMW iX

Interior BMW iX xDrive40

Masuk ke kabin, seluruh pintu menggunakan teknologi vacuum door, tidak perlu menutup pintu dengan keras karena secara otomatis pintu akan menutup rapat.

Pada bagian dasbor, layar LCD curved memanjang dari belakang setir sampai tengah dasbor memberi kesan mewah. Setirnya berbentuk hexagonal dengan pengaturan posisi tilt dan telescopic elektrik.

Baca juga: Jajaran SUV BMW, Ada Apa Saja? Berapa Harganya?

Tidak banyak tombol pengaturan pada dasbor, karena semua sistem terintegrasi di dalam layar memanjang pada dasbor.

BMW iX

Tidak kalah menawan panel kontrol di bagian tengah yang terbuat dari kayu sekaligus sebagai arm rest. Meski panel kontrol dibuat dari kayu namun bisa dioperasikan dengan sistem sentuhan. Dipermanis aksen kristal pada pengaturan volume. 

Di bawahnya tersedia pengisi daya nirkabel, dengan dua soket pengisi daya USB tipe C. Canggih!

Baca juga: Punya Balita, Ini Rekomendasi Mobil dengan Fitur ISOFIX

Jok warna hitam dipermanis dengan aksen seatbelt warna biru sebagai penanda mobil ramah lingkungan. Jok juga telah tersemat fitur ISOFIX di bagian penumpang.

BMW iX

Untuk kursi pengemudi, posisi ergonomis jok dapat diatur secara otomatis melalui tombol yang tersemat di pintu, dekat door handle

Leg room dan head room lega, ditambah kehadiran panoramic roof yang dilengkapi teknologi electro chromatic. Teknologi itu membuat panoramic roof dapat berubah transparan dengan satu sentuhan tombol saja.

Baca juga: BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition, Tenang tapi Buas!

Di bagian penumpang, tersemat pengaturan AC digital 4 zona, dua soket pengisi daya ponsel pada bagian belakang kursi depan. Sehingga total ada 4 soket pengisi daya ponsel dengan model USB tipe C.

Pengisian daya kilat 

Teknologi pengisian daya terbaru pada BMW iX xDrive40 mengadopsi pengisian cepat arus DC (arus searah). Mobil ini dapat mengisi ulang baterai tegangan tinggi hingga 200 kW.

Hal ini artinya jika mengisi daya selama 10 menit saja, telah dapat menyediakan energi yang cukup untuk melaju sejauh lebih dari 90 kilometer! Pengisian daya kilat ini hanya membutuhkan 34 menit untuk mengisi daya baterai dari 0-80 persen!

Energi hijau

Pentingnya konservasi sumber daya dalam produksi BMW iX diperjelas dengan tingginya proporsi aluminium sekunder dan plastik daur ulang. 

Baca juga: Alasan Mengapa Harga Mobil Listrik Lebih Mahal

Interior kendaraan menggunakan kayu bersertifikat Forest Stewardship Council (FSC), dan bahan alami lainnya. Misalnya bahan baku yang digunakan untuk floor cover and mat adalah bahan daur ulang dari jaring ikan.

BMW i4 eDrive40

BMW i4 eDrive40

Mobil listrik lainnya dihadirkan pada BMW i4 bermodel gran coupé empat pintu, kapasitas 5 penumpang. Aura sporty sekaligus elegan melengkapi teknologi BMW eDrive generasi kelima dan BMW iDrive terbaru di dalamnya!

BMW i4 eDrive40 menggabungkan motor listrik penggerak roda belakang klasik untuk menghasilkan tenaga maksimal 340 daya kuda dari dapur elektriknya.

Baca juga: Rekomendasi Mobil BMW Terbaru Harga di Bawah Rp 1 Miliar

Jangan kaget jika mobil ini dapat mencapai 0-100 kilometer per jam hanya dalam tempo 5,7 detik dan memiliki daya jelajah yang dihitung WLTP hingga 580 kilometer! Sedangkan konsumsi daya listriknya tercatat 19,9 kWh per 100 kilometer. 

BMW i4 eDrive40

Teknologi canggih yang ada di BMW i4 termasuk pada sistem sasis pintar yang dapat mengatur secara otomatis sistem pengereman, suspensi udara belakang, dan pembatasan slip roda dekat aktuator.

Uniknya, BMW merespons keinginan konsumen akan hadirnya suara khas pada kendaraan listrik. Suara ini dianggap menjadi faktor penting demi keamanan pengguna jalan lain dan sekaligus kepuasan berkendara.

Baca juga: Mobil Warna Hitam, Elegan tapi Rentan, Kenapa?

BMW menjalin kerja sama dengan komposer Hans Zimmer untuk mendapatkan suara terbaik yang dianggap dapat mewakili BMW. Mulai dari saat buka pintu, berakselerasi, hingga saat deselerasi.

BMW i4 eDrive40

Eksterior BMW i4 eDrive40

Melihat sepintas pada tampak luarnya, BMW i4 eDrive40 hadir dengan lekuk tajam khas sedan sport. Kidney grille di depan menjadi ciri khas utama, namun kali ini dibuat dari serat karbon premium tanpa ventilasi udara.

Gril tersebut dibingkai dengan ornamen krom dan dibaliknya telah dibenamkan sejumlah sensor keamanan berkendara. Desain muka tampak tegas dengan hadirnya lampu utama mengadopsi laser light serta bersudut runcing di bagian ujungnya. 

Baca juga: Filosofi dan Makna Logo HUT RI Ke-77

Beralih ke sisi sampingnya, desain minimalis tanpa ornamen berlebih. Desain door handle juga mirip dengan BMW iX xDrive40 yang rata body

Keempat roda dibekali ban berdimensi 225/55 R17 101 Y XL dengan sistem pengereman M Sport. Pilihan velg dapat bervariasi dengan opsi hingga 20 inci.

Di bagian belakang, desain lampu stop yang tipis dan menyempit pada sudut dalam memberi aksen anggun. Aksen ini diperkuat dengan warna hitam pada bagian bawah bumper. 

BMW i4 eDrive40

Interior BMW i4 eDrive40

Pada bagian dalam, fitur dominan hadir lewat layar 12,3 inci memanjang sebagai pusat  hiburan selama berkendara. Di depan pengemudi, tersemat layar 14,9 inci memanjang menjadi pusat kendali seluruh fitur berkendara.

Baca juga: BMW 530i Touring M Sport Tampil Gagah dan Elegan

Jok kulit mewah berwarna cokelat memberi kesan elegan saat melihatnya. Pengaturan kursi elektrik dan setir teleskopik melengkapi kemewahan sedan ini.

Pada bagian atap tersemat panel sunroof yang cukup besar, memberi kesan mewah dan prestise bagi seluruh penumpang.

BMW iX

Fitur keamanan hadir lewat Driving Assistant Professional termasuk Lane Departure Warning, Lane Change Warning, Front Collision Warning with Brake Intervention, Crossing Traffic Warning Rear, dan Rear Collision Prevention.

Baca juga: BMW Astra Fest Banjir Promo di GIIAS 2022

Pada bagian buritan, tailgate dapat terbuka lebar untuk memudahkan pengaturan barang bawaan dan kompartemen bagasi dengan kapasitas 470 hingga 1.290 liter. 

“Saat ini, BMW Group Indonesia telah memiliki rangkaian kendaraan listrik lengkap baik untuk BMW maupun MINI. Hadirnya BMW iX dan BMW i4 di Indonesia akan hadirkan tolak ukur baru dari sebuah kendaraan listrik mewah,” tutup Ramesh.

BMW i4 eDrive40

Harga BMW iX xDrive40 Sport dijual off the road seharga Rp 2.267.000.000. Sementara untuk Harga BMW i4 eDrive40 M Sport Rp 1.997.000.000 off the road.

Baca juga: Kencang dan Sporty, Toyota All New GR86 Resmi Hadir di Indonesia

Penasaran dan ingin melihat lebih jelas dari kendaraan listrik terbaru BMW Indonesia? Langsung kunjungi di GIIAS 2022. Ada banyak kendaraan listrik lainnya juga dan bisa kamu coba di area test drive secara gratis!

Tunggu apalagi? Ayo ke GIIAS 2022 sekarang juga!