Search Cars

Review Otomotif

BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition, Tenang tapi Buas!

BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition resmi mengaspal. Kesan pertama melihatnya adalah tenang namun bertenaga buas!

BMW X4 M Competition

BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition, resmi mengaspal di Indonesia pada Kamis, 7 Juli 2022. Kehadirannya mengisi Sport Activity Vehicle (SAV) dan Sport Activity Coupe (SAC) sekaligus menandai kiprah 50 tahun BMW M. 

Sebanyak 163.542 kendaraan BMW M dikirim ke pelanggan di seluruh dunia tahun lalu, meningkat 13 persen dibandingkan tahun 2020. Pertumbuhan ini terbagi rata di antara BMW M dan BMW M Performance. 

Di Indonesia, BMW M juga raih peningkatan penjualan yang sangat luar biasa. Pada tahun 2021, total penjualan BMW M mengalami peningkatan lebih dari dua kali lipat hingga 150% dibandingkan tahun sebelumnya. 

Baca juga: BMW 530i Touring M Sport Tampil Gagah dan Elegan

“Keberhasilan ini adalah awal yang sempurna untuk perayaan 50 tahun BMW M yang jatuh pada tahun ini, perayaan ini tidak hanya untuk rayakan kesuksesan dan pencapaian BMW M, tetapi di atas semua itu untuk adalah untuk para penggemar BMW M yang antusias, pengguna, dan semua komunitas BMW M,” ujar Jodie O’tania, Director of Communications, BMW Group Indonesia.

BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition bukan bahasa asing bagi Indonesia. Sebelumnya pada tahun 2020, “Si Kembar” ini pernah diboyong BMW Indonesia, lantas apa saja yang membedakannya?

bmw x3

Aksen muka

Tampilan BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition sekarang hadir dengan desain kidney grille yang diperbesar dengan kerangka one-piece. Dilengkapi dengan iCam yang diposisikan pada bar hitamnya.

Baca juga: Rekomendasi Mobil BMW Terbaru Harga di Bawah Rp 1 Miliar 

Pada bagian radiator grille juga dilengkapi logo khusus spesifik model X3 M atau X4 M. Sementara bagian apron depannya secara eksklusif dirancang oleh tim BMW M GmbH. 

Terlihat dari adanya desain air intake samping yang baru, yang diatur vertikal memanjang lalu miring ke bawah menuju spoiler mengikuti bentuk heksagonal dari central air intake

Bagian tersebut dibingkai oleh elemen trim dalam warna high-gloss black, yang juga digunakan untuk mirror caps M yang berbentuk aerodinamis. Serta M gills yang khas yang terintegrasi dalam ventilasi udara, serta spoiler belakang pada BMW X4 M Competition. Manis!

Baca juga: Jajaran SUV BMW, Ada Apa Saja? Berapa Harganya?

Desain lampu depannya pun tampil lebih tipis namun berkarakter kuat dan tegas. Lampu LED dengan fungsi Matrix, dilengkapi BMW Laser Light yang mampu menerangi jarak hingga 650 meter. 

BMW X3 M Competition

Desain samping

Bodi samping BMW X3 M Competition dan BMW X4 Competition hadir dengan tambahan gills dengan aksen hitam di bawah spionnya. Elemen ini seakan mempertegas karakter mobil bertenaga gahar!

Garis bodi pada BMW X3 M Competition serta BMW X4 M Competition terlihat minim ornamen. Bingkai kaca serta side mirror caps warna hitam menjadi penegas desain keduanya sebagai mobil yang penuh kejutan!

Baca juga: Apa Sih Efek Ganti Knalpot Mobil?

Kemudian pada velg juga mendapatkan penyegaran dengan velg BMW M 21 inci M forged light alloy wheels Double-spoke style 892 M Bicolour, Jet Black, burnished

BMW X4 M Competition

Tampak belakang

Lampu belakang BMW X3 M Competition berkonsep LED dengan aksen hitam dan bentuk lebar kemudian menjadi sempit di tengah. Bagian bawah apron belakang terbalut warna black high gloss

Diffuser besarnya diapit di kanan dan kiri oleh sepasang knalpot dari sistem knalpot sport M, dengan sentuhan krom hitam. 

Baca juga: Mobil Keluarga Terbaik dengan Harga di Bawah 300 Juta

Sementara bagian belakang BMW X4 M Competition berkesan lebar namun tampil dengan desain pipih yang tegas! Lampu stop LED nya menonjol dari keseluruhan desain apron belakang. 

BMW X4 M Competition

Sementara dua pasang tailpipes di krom hitam yang membingkai diffuser pada BMW X4 M Competition memperkuat karakter tersebut. 

Pada sistem pembuangan, suara knalpot khas sport BMW M di BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition memperkuat karakteristik mesin mobil BMW M. 

Baca juga: Mengecek Mobil Baru, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

Kualitas suara yang nyaring, terutama saat di bawah beban berat dan pada putaran mesin tinggi, memberikan pengalaman berkendara dengan sentuhan balap namun tetap praktis dalam penggunaan sehari-hari.

BMW X4 M Competition

Mesin gahar

Keduanya menggendong mesin 3.000 cc, 6 silinder segaris, dengan transmisi otomatis M Steptronic 8 percepatan, didukung sistem kemudi Drivelogic serta sistem all-wheel-drive M xDrive baru.

Hasilnya, kalem dan tenangnya mobil 5 penumpang itu langsung berubah drastis menjadi garang saat digeber di jalanan. Daya yang disemburkan mesin mencapai 510 daya kuda dengan torsi puncak 650 Nm, dan mampu melesat 0 hingga 100 kilometer per jam dalam tempo 3,7 detik! Benar-benar garang dan buas! 

Baca juga: Tips Mengatur Posisi Mengemudi Ideal untuk Pengendara Pemula

Ini membuat kecepatan puncak BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition tercatat sampai 250 kilometer per jam yang dibatasi secara elektronik! Bayangkan saja bila tidak dibatasi.

Kemampuan ini dikendalikan oleh M xDrive dan Active M Differential. Pengaturan sinergi keduanya memungkinkan sistem all-wheel-drive-nya membagi tenaga dari mesin di antara keempat roda dengan menyesuaikan kebutuhan untuk traksi, kelincahan dan kestabilan berkendara. 

Sistem pendinginnya pun dirancang untuk mampu menenangkan kebuasan mesin tersebut dengan dua radiator yang diposisikan secara lateral selain radiator tengah. Ada juga pendingin oli mesin tambahan dan pendingin oli transmisi terpisah. 

BMW X4 M Competition

Sasis istimewa

BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition dibekali teknologi sasis canggih yang disetel secara cerdas untuk memanfaatkan tenaga mesin. 

Baca juga: Jenis dan Cara Merawat Rem Tangan Mobil 

Semua sistem kontrol suspensi dan mode-mode berkendara BMW M xDrive, karakteristik mesin dan transmisi serta set-up steering cukup diatur hanya dengan satu sentuhan tombol.

Kendali makin stabil dan nyaman dengan adanya kinematika dan elastokinematika yang secara khusus didesain untuk M Suspension. Di mana axle depan menggunakan double-joint spring strut dan axle belakang menggunakan suspensi five-link menjamin presisi arah berkendara. 

BMW X4 M Competition

Meski bertenaga besar dan mampu melejit cepat, kendaraan ini secara otomatis akan mengatur batas maksimalnya melalui sistem kontrol BMW M-specific steering (M Servotronic dan variable-ratio). Canggih dan aman!

Baca juga: Rekomendasi Kredit Mobil Toyota Teringan 2022, Dijamin Hemat!

Sistem pengereman BMW M memakai compound brakes berukuran 395 milimeter 4 piston di depan, dan 370 milimeter single piston di belakang, disebut mampu mengurangi beban rotasi roda sebesar 6,5 kilogram. 

Sistem DSC (Dynamic Stability Control) memungkinkan putaran slip roda yang dikendalikan dalam M Dynamic Mode dan juga dapat dimatikan. 

x3

Kabin mewah

Masuk ke dalam kabinnya, kesan mewah namun kalem segera tergambar lewat desain kokpit BMW M-style. Selain sunroof panoramic, pandangan mata langsung tertuju ke instrumen khusus BMW M, kemudi leather BMW M, dan tuas selektor BMW M yang hadir dengan gaya baru. Elegan nan menawan!

Baca juga: Siap-Siap, Catat Jadwal GIIAS 2022 di Jakarta dan Kota Lainnya

BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition membawa sentuhan eksklusif lebih lanjut ke interior dengan papan M di konsol tengah. 

Berlanjut ke bagian singgasananya. Model jok M Sport dengan pengaturan elektrik berbalut  lapisan kulit Merino berwarna hitam, tajam memesona mata. Tersedia pula kombinasi dua warna seperti Sakhir Orange/Black dan Adelaide Grey/Sakhir Orange yang berpadan ciamik dengan kabin. 

x3

Jok terasa makin nyaman dengan seat cushion dan sandaran samping dengan desain khusus M. Dengan ini, jok memiliki karakter bucket-seat yang khas, sehingga mengoptimalkan kenyamanan saat menikung tajam. 

Baca juga: Toyota New Calya Facelift 2022, Lebih Sporty dan Modern!

Pengaturan sandaran punggung dengan pneumatik tersedia di samping jok, sementara pengaturan sandaran kepala semi-terintegrasi dapat diatur secara elektrik ketinggiannya. Semua modelnya telah dilengkapi dengan bantalan lutut di sisi konsol tengah sebagai standar. 

Sandaran punggung bagian belakang dapat dipisah-lipat dengan konfigurasi 40:20:40, sehingga memungkinkan kapasitas bagasi ditingkatkan hingga maksimum menampung 1.600 liter di BMW X3 M Competition dan 1.430 liter pada BMW X4 M Competition. 

BMW X4 M Competition

Dasbor pintar

Dasbor BMW X3 M Competition dan X4 M Competition telah dilengkapi dengan Live Cockpit Professional sebagai standar. Sementara sistem operasi menggunakan BMW Operating System 7.

Baca juga: Joycup BMW Astra Golf Tournament 2022 Berhadiah 4 Mobil BMW!

Semua dapat terhubung secara nirkabel dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Sementara BMW Intelligent Personal Assistant, akan membantu interaksi antara pengemudi dan kendaraan. 

Kehadiran head up display unit 12,3 inci di kabin menjadi nilai tambah maksimal kali ini. Dengan tampilan antar muka baru, tersemat pula pengendalian dengan suara dan gerakan tangan dalam membantu pengendara saat mengoperasikan fungsi berkendara.

Baca juga: 7 Tips Menabung Beli Mobil Baru Buat First Jobber

Tampilan instrumen sepenuhnya digital menawarkan M View dengan tampilan khusus yang diadopsi dari model BMW M8. Dan pastinya semua informasi serta konten yang ditampilkan dapat diatur lewat menu iDrive. 

BMW X4 M Competition

Pilihan warna

Selain M Carbon Black metallic dan M Brooklyn Grey metallic, ada dua cat baru yang dihadirkan khusus untuk model M Competition seri X3 dan X4, yaitu warna M Marina Bay Blue metallic dan M Sao Paulo Yellow. 

Harga dan garansi

Tertarik meminang BMW X3 M Competition dan BMW X4 Competition ini? Sebaiknya bergegas, karena kedua unitnya tersedia terbatas.

Baca juga: Refinancing Kredit Mobil, Apa Syarat dan Manfaatnya?

Harga BMW X3 M Competition sendiri mencapai Rp 2.117.000.000 off-the-road. Sementara harga BMW X4 M Competition ada di angka Rp 2.167.000.000 off-the-road.

BMW X3 M Competition

Tiap mobil BMW dilengkapi dengan BMW Service Inclusive. Sebuah program yang membebaskan semua biaya perawatan kendaraan untuk pelanggan selama 5 tahun atau 60.000 kilometer.

Termasuk perlindungan pada ban kendaraan oleh BMW Group Tire Coverage selama 2 tahun, yang mencakup 100% biaya penggantian hingga 4 ban per tahun. 

Baca juga: New Daihatsu Sigra Bisa Menjadi Pilihan untuk Keluarga Muda

BMW juga melengkapi layanan dengan BMW Roadside Assistance Services gratis selama 3 tahun. Serta layanan derek bebas biaya ke diler BMW terdekat.. 

Jadi pilih mana, BMW X3 M Competition atau BMW X4 M Competition?

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.