Kencang dan Sporty, Toyota All New GR86 Resmi Hadir di Indonesia

Toyota All New GR86 menjadi salah satu mobil yang diperkenalkan dalam gelaran GIIAS 2022 Jakarta. Apa saja perubahannya?

toyota all new gr86

Toyota All New GR86 menjadi salah satu mobil yang diperkenalkan, guna meneruskan peran Toyota 86 sebagai ikon dari sebuah sports car yang fun to drive. Mobil tersebut juga menjadi salah satu classic sports car yang dikagumi oleh para car enthusiast termasuk di Indonesia.

Dengan desain eksterior yang agresif dan aerodinamis, Toyota 86 juga digemari oleh banyak modifikator di dunia karena sports car ini sangat mudah dan menyenangkan untuk dimodifikasi. 

Sejak dikenalkan pada tahun 2012, Toyota 86 menjadi salah satu incaran para pelanggan. Terbukti hingga Juli 2022, lebih dari 800 unit Toyota 86 telah menjadi sports car pilihan pelanggan di Indonesia. 

Baca juga: Pembalap Indonesia yang Gabung Tim Toyota Gazoo Racing

“Untuk itu, hari ini kami hadirkan Toyota All New GR86 sebagai generasi kedua di Indonesia dengan desain yang lebih agresif dan sporty,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

toyota all new gr86

Toyota All New GR86

Dengan mesin baru yang lebih bertenaga, Toyota All New GR86 ini juga sudah mendapatkan Official GR Aeroparts dan TCO GR part yang di desain untuk menguatkan karakter sporty Toyota GR86. 

Sebagai informasi, Toyota All New GR86 merupakan model sports car GR global ketiga bersama Toyota GR Supra dan Toyota GR Yaris. Selain itu Toyota All New GR86 juga memiliki kembaran, yakni Subaru BRZ yang juga baru diluncurkan di GIIAS 2022.

Baca juga: Toyota GIIAS 2022 Siapkan Booth Terbesar dan Terlengkap!

Mobil ini langsung ditangani dan dikembangkan oleh TOYOTA GAZOO Racing (TGR) sehingga memperoleh manfaat dari keterlibatan dan pengalaman TGR dalam memenangi berbagai ajang motorsport internasional. 

Diperkenalkan secara global pada Desember 2021 lalu, sport coupe ini memberikan titik masuk baru ke jajaran GR bagi para penggemar sports car GR di seluruh dunia. Buat yang penasaran, harga Toyota All New GR86 dibanderol mulai dari Rp 922.000.000. 

mesin mobil

Perubahan yang ditawarkan 

Toyota All New GR86 tidak hanya hadir dengan bahasa desain eksterior dan interior baru yang lebih agresif serta sporty, namun juga dengan mesin baru yang lebih bertenaga. 

Baca juga: Rekomendasi SUV Kompak 5 Penumpang buat Keluarga Kecil

Mesin baru pada mobil ini memiliki kapasitas lebih besar yaitu 2.400 CC masih dengan tipe boxer engine untuk mempertahankan Center of Gravity yang rendah. 

Dengan rasio kompresi yang sama yaitu 12,5:1, tenaga yang dihasilkan menjadi lebih tinggi, di mana output maksimum meningkat 14%, dari 207 PS (152 kW) pada 7.000 RPM menjadi 235 PS (173 kW) pada 7.000 rpm. 

Begitu juga dengan torsinya yang meningkat sebesar 18%, dari 212 Nm pada 3.700 RPM, menjadi 250 Nm pada 3.700 RPM.

toyota hilux

5 GR Sport lainnya

Selain Toyota All New GR86, dikenalkan juga Toyota Hilux GR Sport yang dibekali dengan mesin 1GD dengan power 37% lebih bertenaga serta suspensi yang lebih rigid

Baca juga: Haruskah Penumpang Belakang Pakai Sabuk Pengaman? Apa Aturannya?

Kombinasi performa mesin dan suspensi yang mumpuni membuat Toyota Hilux GR Sport mampu melibas medan yang paling berat sekalipun. 

Lebih dari itu, untuk menghadirkan peace of mind bagi pengemudi kala menempuh medan yang sulit, Toyota Hilux GR Sport juga dilengkapi dengan teknologi Toyota Safety Sense (TSS). Model GR Sport pada Toyota Hilux mengusung gaya tough dan sporty pada eksterior.  

Tidak hanya Toyota Hilux, Toyota juga menghadirkan Toyota Agya GR Sport, Toyota Raize GR Sport, Toyota Yaris GR Sport, dan Toyota Fortuner GR Sport dengan beberapa elemen baru yang menguatkan karakter sporty khas DNA GAZOO Racing.

Baca juga: Modifikasi Toyota All New Veloz Ringan dan Tetap Nyaman

Bagaimana, tertarik untuk melihat berbagai jenis mobil GR Sport terbaru dari Toyota kali ini? Silakan langsung mengunjungi booth nya di GIIAS yang berada di Hall 3 ICE BSD, ya!