Pembalap Indonesia yang Gabung Tim Toyota Gazoo Racing

Para pembalap Indonesia ikut bergabung dalam Tim Toyota Gazoo Racing dan siap mencetak prestasi. Siapa saja yang terpilih?

pembalap Indonesia

Terdapat 6 pembalap Indonesia yang ikut bergabung dalam Tim Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI). Sebagai informasi, Toyota Gazoo Racing (TGR) merupakan motorsport brand Toyota yang beroperasi secara global sejak tahun 2015. 

Dalam perjalanannya, TGR meraih banyak prestasi membanggakan di ajang motorsport dunia, bahkan masuk dalam tim pabrikan yang sangat diperhitungkan. 

Pada musim 2022 kali ini, TGRI turut serta di ajang balap bergengsi Kejuaraan Nasional yakni Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM), Slalom/Gymkhana, Rally dan Digital Motorsport.

Baca juga: Beli Toyota GR Yaris Bekas Sekarang Worth It Gak Sih?

Siapa saja sih pembalap andalan TGRI? 

demas agil

Demas Agil 

Pada ajang touring car ISSOM ada pembalap Indonesia untuk TGRI yang saat ini berusia 30 tahun ini sudah berhasil memborong 10 gelar juara nasional. 

Setelah itu Demas Agil semakin menorehkan prestasinya ketika bergabung dalam Toyota Team Indonesia (TTI), yang kemudian berganti nama menjadi Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) pada 2017 lalu. 

Baca juga: 7 Teknologi Mobil Masa Depan yang Bakal Dihadirkan Toyota

Demas juga pernah menjadi perwakilan Indonesia dalam ajang Toyota Gazoo Racing Festival di Jepang. Selain itu, ia juga pernah turun dalam balap ketahanan mobil 10 jam di Thailand.

pembalap indonesia

Jordan Johan 

Jordan Johan menjadi pembalap Indonesia yang bergabung dalam tim TGRI untuk balapan di Kejurnas ITCR 1200 dengan Toyota Agya. Dirinya merupakan anak dari Ismail Johan yang merupakan salah satu pendiri Indonesia Offroad Federation (IOF). 

Untuk bisa mencapai impiannya, Jordan harus melewati jalan yang cukup panjang. Menurut Jordan, butuh waktu sekitar tiga tahun untuk menimba pengalaman di balap tanah sebelum akhirnya mencicipi balap touring di ajang ISSOM.

Baca juga: Mesin Turbo vs Mesin Hybrid, Mana Mobil Paling Irit BBM?

Kemudian ada juga divisi Slalom/Gymkhana yang akan turun di kelas A dan A3, Kejurnas F (modifikasi), Kejurnas Wanita dan Kejurnas Tandem. Pembalap yang mengikutinya antara lain. 

adrianza yunial

Adrianza Yunial

Pembalap Indonesia selanjutnya yang ikut pada ajang balap slalom adalah Adrianza Yunial atau yang akrab disapa Anza. Pada tahun 2021 lalu, dirinya berhasil menjuarai Auto Gymkhana 2021 yang dilangsungkan di Parkir Barat Stadion Mandala Krida, Yogyakarta. 

Terbaru, Anza berhasil meraih podium pertama di seri ke-2 MLDSPOT Autokhana Kejurnas Slalom 2022. Kesuksesan tersebut juga diikuti dengan pembalap TGRI lainnya yaitu Anjasara Wahyu dan Herdiko Setyaputra di podium 2 dan 3. 

anjasara wahyu

Anjasara Wahyu

Sampai saat ini Anjasara Wahyu masih menjadi pembalap Indonesia yang aktif di ajang slalom. Pria yang akrab dipanggil Anjas ini sudah menekuni slalom sejak tahun 2008 lalu dan selain menjadi pembalap dirinya juga aktif mengajar anak-anak untuk mengetahui ajang slalom. 

Baca juga: Punya Balita, Ini Rekomendasi Mobil dengan Fitur ISOFIX

Dalam mengajar anak didiknya tersebut, Anjas melatih dengan menggunakan teknik-teknik slalom dan membiasakan mereka untuk berlatih dengan mobilnya masing-masing. Hal ini dilakukan Anjas agar murid-muridnya tersebut bisa lebih menyatu dengan mobilnya. 

herdiko

Herdiko Setyaputra

Pembalap Indonesia lainnya yang turun di ajang slalom adalah Herdiko Setyaputra atau yang akrab disapa Diko. Pria yang lahir pada tanggal 26 September 1995 ini juga memiliki segudang prestasi yang layak dibanggakan. 

Prestasi-prestasi tersebut diantaranya adalah Juara 1 Kejuaraan Asia Auto Gymkhana Competition Team Knockout tahun 2019, Juara 2 Kejuaraan Muba Asia Auto Gymkhana Cup kelas Solo tahun 2019, dan Juara 3 Nasional Kejurnas Slalom Kelas F (modifikasi) Tahun 2021. 

alinka

Alinka Hardianti

Salah satu pembalap Indonesia perempuan yang cukup populer adalah Alinka Hardianti yang juga merupakan anak dari Didi Hardianto, pembalap yang cukup terkenal pada masanya. 

Baca juga: Mobil Lecet, Pilih ke Bengkel Cat Terdekat atau Bengkel Resmi?

Meskipun demikian, bukan berarti prestasinya tidak gemilang. Alinka memiliki deretan prestasi yang cukup membanggakan seperti Juara Nasional Kejurnas Slalom Kelas Wanita Tahun 2021. 

Prestasi terbaru yang kembali ditorehkan oleh Alinka adalah berhasil meraih podium pertama dalam Kejurnas Wanita Slalom 2022 dengan catatan waktu tercepat 00:41.861.

Pada musim 2022 kali ini TGRI juga akan ikut meramaikan rally yang menjadi ajang balap flagship bagi TOYOTA GAZOO Racing dengan pembalap serta co-driver yaitu: 

pembalap indonesia

Ryan Nirwan

Pembalap Indonesia lainnya yang ikut bergabung dalam tim balap rally untuk TGRI adalah Ryan Nirwan. Pria yang lahir pada tanggal 27 Juli 1987 ini berdomisili di Balikpapan, Kalimantan Timur. 

Baca juga: Kenapa Jarang Ada Mobil dengan Mesin Diesel Hybrid?

Untuk prestasi Ryan Nirwan tentunya tidak perlu diragukan lagi. Dirinya pernah meraih Juara 2 Nasional Sprint Rally Tahun 2019, Juara 3 Nasional Rally Tahun 2019, serta Juara 2 Nasional Sprint Rally Tahun 2021. 

Prestasi terbaru yang berhasil ia torehkan bersama co-driver Adi Indiarto adalah berhasil meraih juara pertama di kelas paling bergengsi yaitu M1 (Sedan 4WD) kategori A pada putaran 1 dan 2 dalam Kejuaraan Nasional Sprint Rally 2022 dengan menggunakan Toyota GR Yaris AP4.

GR Yaris bekas

Adi Indiarto

Adi Indiarto merupakan pembalap asal Jakarta yang lahir pada tanggal 27 April 1989. Sama seperti pembalap lainnya, Adi juga memiliki prestasi yang sangat gemilang dalam ajang balap rally. 

Prestasi tersebut antara lain Juara 2 Nasional Co-Driver Rally Tahun 2018, Juara 2 Nasional Co-Driver Sprint Rally Tahun 2019, Juara 3 Nasional Co-Driver Rally Tahun 2019, dan Juara 2 Nasional Co-Driver Sprint Rally Tahun 2021. 

Nah, dari beberapa pembalap Indonesia tadi manakah yang menjadi jagoanmu nih? Tetap dukung Indonesia dalam ajang balap lokal maupun internasional, ya!