7 Teknologi Mobil Masa Depan yang Bakal Dihadirkan Toyota

Sejumlah fitur teknologi mobil masa depan siap dihadirkan Toyota. Penasaran dengan ragam teknologinya? Bikin nggak sabar!

teknologi mobil masa depan

Kehadiran teknologi mobil masa depan sepertinya semakin dekat! Toyota bahkan dikabarkan telah menyiapkan sejumlah teknologi terbaru pada mobil-mobil besutannya.

Teknologi mobil masa depan ini tentu dibuat dan dikembangkan untuk meningkatkan kenyamanan, keamanan dan memberikan pengalaman berkendara yang berbeda bagi setiap pemilik kendaraan.

Lalu, apa saja deretan teknologi yang diklaim super canggih itu? 

Mobil canggih

Deretan fitur canggih yang siap dimassalkan oleh Toyota, hadir pada mobil konsep LQ. Mobil konsep ini adalah pembaruan dari sebelumnya yakni Toyota Concept-I yang pernah diperkenalkan pada ajang Consumer Electronic Show (CES) tahun 2017 lalu.

Baca juga: Remap ECU Mobil, Apa Saja Efeknya?

Penasaran dengan fiturnya? Simak deretan teknologi mobil masa depan tercanggih dari Toyota.

teknologi mobil masa depan

1.  Kecerdasan buatan Yui

Pada mobil LQ disematkan teknologi Artificial Intelligence (AI) alias kecerdasan buatan yang diberi nama Yui  hasil kerjasama dengan Toyota Research Institute (TRI).

Apa maksudnya? Dengan Yui, pengemudi dan mobil dapat saling memahami, berinteraksi, bahkan merekam dan mengetahui kebiasaan menyetir dari pengemudi. 

Selain itu, Yui akan meningkatkan kewaspadaan selama berkendara dengan menjadi asisten yang siaga membantu apapun, termasuk saat pengemudi lengah dan lelah saat mengendarai mobilnya.

Baca juga: Cara Injak Pedal Rem Mobil Matic yang Benar

Misal, saat Yui melihat ekspresi wajah pengemudi yang lelah atau mengantuk. Maka secara otomatis sistem akan menegakkan sandaran kursi, mengatur suhu AC otomatis agar pengemudi tidak semakin mengantuk.

Yui juga bisa memutarkan lagu yang sesuai dengan mood hati pengemudi, menyemprotkan parfum mobil tertentu, memberi rekomendasi rute tercepat, hingga ‘mengobrol’ layaknya seorang teman di perjalanan. Keren, kan?

teknologi mobil masa depan

2.  Parkir otomatis

Lupakan susah dan rumitnya mencari tempat parkir. Teknologi parkir otomatis ini akan membantu dalam mencari tempat parkir terdekat. Adapun cara kerja fitur ini menggunakan kamera, sonar dan radar serta pemetaan jalan 2 dimensi.

Baca juga: Cara Parkir Paralel bagi Pengendara Mobil Pemula, Dijamin Bisa!

Teknologi mobil masa depan ini tidak hanya asal mencari tempat parkir, namun menghitung dengan cermat lebar ruang pada tempat parkir serta mengurangi jarak antar kendaraan maksimal 20 centimeter.

Sensor mobil dan kamera parkir pada fitur parkir valet otomatis ini juga memantau kendaraan lain dan pejalan kaki di sekitar. Jika kendaraan mendeteksi ada mobil atau pejalan kaki yang melintas, maka segera berhenti secara otomatis.

Fitur parkir otomatis ini jelas memberikan kemudahan akses untuk pengemudi pemula, wanita hamil, atau keluarga yang bepergian sambil membawa bayi.

teknologi mobil masa depan

3.  Kursi pijat

Lelah selama mengemudi? Fitur terbaru sarat teknologi yang dikembangkan Toyota Boshoku Corporation menyulap kursi atau jok pengemudi menjadi semacam kursi pijat.

Baca juga: Kelebihan dan Tips Merawat Jok Elektrik Mobil

Jok canggih tersebut didesain dengan mempunyai beberapa kantung udara tiup bersamaan dengan sistem pendingin.

Fitur ini berfungsi untuk membuat pengemudi tetap bugar, rileks dan terjaga saat mengemudi utamanya pada perjalanan jarak jauh.

Bila sistem pada fitur merasakan pengemudi lelah, kantung udara akan mengembang, sehingga postur duduk menjadi tegak dan membuat pengemudi tetap terjaga dan tidak mudah lelah.

4. AR-HUD  

Fitur teknologi lain yang disematkan adalah hasil kolaborasi dengan perusahaan teknologi Panasonic Corporation. Fitur ini diberi nama Augmented Reality Head-up Display (AR-HUD).

Baca juga: 7 Rambu Lalu Lintas yang Sering Dilanggar Pengendara

Apa fungsinya? Teknologi ini mendukung berkendara yang lebih aman dengan mengurangi gerakan mata pengemudi. Semua informasi seputar rambu-rambu jalan, peringatan jalur yang benar, serta rute ditampilkan tiga dimensi pada layar besar.

Tentunya fitur ini akan membantu pengemudi tidak kehilangan fokus ke jalan saat mengemudi. Fitur ini juga diklaim mampu meningkatkan keselamatan dan konsentrasi berkendara.

5.  Dasbor pintar

Teknologi lainnya adalah penggunaan dasbor pintar. Apa itu? Teknologi ini menjadikan dasbor dan panel instrumen pada mobil menggunakan layar OLED (Organic LED).

Baca juga: Penggunaan Lampu Strobo di Jalan, Tidak Boleh Sembarangan

Secara desain, dasbor dibuat sedemikian rupa untuk dapat membuat visibilitas pengemudi lebih baik selama perjalanan.

Dengan tampilan warna yang lebih cerah dan jelas, membuat pengemudi bisa membaca seluruh informasi yang ditampilkan pada layar secara jelas.

6.  Teknologi sirkulasi udara

Teknologi terbaru lainnya adalah dengan menambahkan lapisan katalis baru pada kipas radiator. Fungsinya adalah untuk mengurai ozon menjadi oksigen pada saat mobil bergerak.

Hasilnya, udara di dalam kabin menjadi lebih sehat dengan adanya teknologi sirkulasi udara terbaru ini. Dalam uji coba, Toyota telah mengukur efek pelapisan efektif menghasilkan 60% ozon yang terkandung dalam 1.000 liter udara selama satu jam perjalanan.

Baca juga: Sudah Mulai Gak Dingin, Berapa Sih Biaya Service AC Mobil?

Toyota mengembangkan teknologi terbaru pada sistem udara ini dengan kolaborasi bersama Aisin Chemical Co., Ltd dan Cataler Corporation. 

7.  Interaksi dengan manusia

Teknologi ini menggunakan area atap dan lantai sebagai media komunikasi di antara pengemudi dan mobil. Misal, lampu LED pada lantai akan berubah warna sebagai petunjuk mode berkendara otomatis atau manual.

Baca juga: Jenis dan Cara Merawat Rem Tangan Mobil

Mobil juga dapat memberi informasi mengenai kondisi permukaan jalan kepada pengemudi dan penumpang melalui Digital Micromirror Device (DMD). Kerennya, fitur DMD tersebut cara kerjanya mengaktifkan satu juta cermin kecil yang terpasang pada lampu depan kendaraan. 

Refleksi dari cermin kecil tersebut akan memproyeksikan tampilan jalanan yang dilalui kepada pengemudi secara nyata.

Diperkirakan dalam waktu tidak lama lagi, semua teknologi mobil masa depan ini bisa dinikmati di deretan mobil terbarunya.

Baca juga: Mobil Listrik Toyota di Bali, Ada Apa Saja Sih?

Saat ini, mobil-mobil terbaru Toyota telah disematkan fitur canggih pendukung kenyamanan dan keselamatan seperti TSS (Toyota Safety Sense). Beberapa di antaranya adalah Toyota All New Voxy, Toyota All New C-HR Hybrid, Toyota All New Camry hingga Toyota Raize.

Fitur pintar tersebut secara langsung membantu pengemudi dalam kenyamanan dan kendali kendaraan yang prima hingga risiko kecelakaan dapat diminimalkan. Biar nggak kepo, cek langsung semua spesifikasi mobil tersebut di SEVA
Selain itu tersedia fitur kalkulator kredit dan Instant Approval yang akan membantu penghitungan skema cicilan terbaik paling terjangkau. Pokoknya, Anak Kecil Aja Tau, semua proses pembelian dijamin Jelas dari Awal ya hanya di SEVA.