Search Cars

Tips & Rekomendasi

Kelebihan dan Tips Merawat Jok Elektrik Mobil

Jok elektrik mobil tentu harus diperlakukan berbeda dengan jok manual. Bagaimana sih cara paling tepat untuk merawatnya?

jok elektrik mobil

Jok elektrik mobil tentu memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan jok model manual. 

Keunggulan pada jok elektrik salah satunya pada penyetelan yang cukup banyak modelnya. Pengemudi bisa dengan mudah menemukan dan mengatur posisi ergonomis cukup dengan menekan tombol.

Berbeda pada jok manual, penyetelan posisi duduk pengemudi biasanya cukup terbatas. Biasanya hanya maju mundur, dan mengatur sudut kemiringan sandaran punggung atau backrest.

Baca juga: Jenis Bahan Jok Mobil Masa Kini dan Perawatannya

Selain itu, jok manual juga membuat pengemudi harus bergerak dari posisinya saat menyetel dan mencari posisi ergonomisnya. Ini cukup memakan waktu.

Bagi pengemudi yang bertubuh pendek, tidak jarang mengganjal jok dengan bantal tambahan agar mendapatkan ketinggian duduk yang cukup. Hal ini jelas tidak praktis dan merepotkan.

Nah, kelemahan-kelemahan itu tidak akan ditemukan pada jok elektrik mobil. Yuk, simak kelebihan jok model ini serta cara merawatnya agar tetap dalam kondisi bagus.

Minim tenaga

Pada jok model ini, pengemudi juga tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk mencari posisi ergonomis. Semua hanya melalui satu sentuhan dan kursi akan menyesuaikan posisi ideal bagi pengendara. Effortless!

Tidak berisik

Kelebihan kedua adalah senyap tanpa suara berisik. Biasanya pada jok manual, jok akan berbunyi saat diatur posisi maju mundur atau kemiringan punggung. Hal yang berbeda pada model elektrik. Tanpa suara berisik, posisi ideal pengemudi pun ditentukan dalam hitungan detik.

Mewah 

Kesan mewah jelas lebih kental pada jok elektrik ini. Karena biasanya tidak semua merk mobil memiliki kualifikasi jok model ini. Beberapa model mobil yang memilikinya sebut saja, Toyota Land Cruiser, Toyota New Alphard, dan BMW 7 Series 740Li Opulence.

Efisien

Dengan pengaturan elektrik, maka pengemudi memiliki waktu yang efisien sebelum mulai mengemudi. Ini akan membantu konsentrasi sebelum berkendara akan lebih fokus karena posisi duduk ideal sudah didapat.

Memory 

Pada beberapa model kendaraan, jok model ini memiliki perekam memory yang dapat menyimpan posisi duduk ergonomis pengemudi. Jadi, ketika posisinya berubah, maka pengemudi tinggal menekan satu tombol dan mengembalikan posisi duduk idealnya.

Baca juga: Tips Mengatur Posisi Mengemudi Ideal untuk Pengendara Pemula

Setelah mengetahui berbagai kelebihan jok ini, kenali juga cara merawatnya biar tetap awet.

Merawat jok mobil elektrik

Dalam merawat jok model ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan. 

  • Menjaga kebersihan area kabin. Hindari tumpahan air, minyak atau serpihan makanan mengenai bagian bawah dari jok elektrik. Karena jok ini digerakan dengan motor yang rentan terjadi kerusakan bila terkena air atau minyak.
  • Pastikan kabin bebas dari serangga. Karena, umumnya serangga gemar membuat sarang di dekat komponen elektrik. Ini bisa merusak motor penggerak dan membuat kinerja jok elektrik menurun.
  • Mengatur posisi ergonomis sebaiknya saat mobil berhenti namun mesin mobil menyala. Kondisi aki aktif akan mendukung kinerja motor pada jok berlangsung maksimal. 

Baca juga: Nyetir Pakai Sandal, Sepatu, atau Nyeker, Kamu Tim Apa?

Umumnya, jok elektrik memang jarang sekali mengalami kerusakan. Namun dengan merawatnya seperti langkah di atas, kamu bisa membuat masa pakainya lebih lama. 

Sebagai informasi, biaya servis pada jok model ini berkisar dari Rp 200.000 sampai Rp 500.000 untuk mobil keluaran Jepang. Sementara untuk mobil-mobil produksi Eropa, biayanya bisa lebih besar lagi.

Tertarik memiliki mobil dengan jok seperti ini. Kamu bisa melihat daftar kendaraan dengan jok elektrik di SEVA
Di sana kamu juga bisa menggunakan fitur kalkulator kredit dan Instant Approval untuk mengajukan pembelian paling terjangkau. Keren kan? Memang beli mobil Jelas dari Awal ya cuma di SEVA.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.