Search Cars

Tips & Rekomendasi

Mobil Lecet, Pilih ke Bengkel Cat Terdekat atau Bengkel Resmi?

Pilih bengkel cat terdekat atau bengkel resmi jika mobil mengalami lecet? Bingung, pertimbangkan dulu deh beberapa hal ini!

bengkel cat terdekat

Bengkel cat terdekat ataupun bengkel resmi sebenarnya bisa menjadi pilihan jika mobil mengalami kejadian tidak terduga, seperti misalnya lecet. Jika ini yang terjadi, pemilik kendaraan tentu harus mengeluarkan uang lebih agar mobil kembali mengkilap. 

Biaya yang dibutuhkan untuk memperbaiki mobil yang lecet sangat beragam dan biasanya dihitung per panel. 

Panel yang lebih kecil biasanya bengkel akan memberikan harga sekitar Rp 350-600 ribu, sedangkan panel yang berukuran lebih besar biaya yang harus dibayarkan adalah sekitar Rp 600-800 ribu. 

Baca juga: Rincian Perbaikan Mobil Bekas Tabrakan, Semahal Apa?

Lalu, apa saja yang harus jadi pertimbangan sebelum memilih bengkel untuk mobil lecet apakah harus di bengkel cat terdekat atau bengkel resmi?

bengkel cat terdekat

Perhatikan kebersihan bengkel

Sebelum memilih bengkel cat terdekat atau bengkel resmi, sebaiknya pemilik kendaraan ketahui terlebih dulu apakah di tempat itu memiliki tempat pengecatan dan pemolesan dengan jarak yang terpisah agak jauh atau tidak. 

Hal ini karena proses pemolesan merupakan proses yang paling penting dalam menentukan hasil pengecatan nantinya. Jika berdekatan, maka debu-debu bisa menempel ketika mobil dicat ulang sehingga hasilnya tidak akan maksimal.

bengkel cat terdekat

Fasilitas yang dimiliki

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, bengkel cat terdekat atau bengkel resmi harus memiliki alat yang mumpuni. Untuk melakukan pengecatan, bisa dilakukan dengan memanfaatkan ruangan khusus yang akan dijadikan ruang pengerjaan.

Baca juga: Daihatsu Ayla Termurah, Apa Saja yang Ditawarkan?

Metode ini dikenal juga dengan ‘cat oven’ yaitu memanfaatkan ruangan yang bisa diatur level temperaturnya mirip dengan cara kerja oven. Jika temperatur sudah ideal,  maka proses pengecatan akan maksimal dibandingkan melakukan pengecatan tanpa adanya pengaturan suhu ruangan. 

jaminan

Jaminan yang bisa diberikan 

Jika ingin memilih bengkel cat terdekat, pemilik kendaraan bisa meminta jaminan apa saja yang bisa diberikan. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga kalau memang hasil cat mobil tidak bertahan lama atau ada kesalahan dalam melakukan pengecatan mobil. 

Misalnya saja, dalam satu minggu cat mobil terkelupas atau apabila cat sampai meluber apa jaminan yang akan diberikan oleh bengkel. Atau jika cat mobil cepat tergores padahal bukan dikarenakan kesalahan pemilik kendaraan, maukah bengkel memberikan jaminan pengecatan ulang. 

Baca juga: Mobil Kena Banjir, Apa Saja yang Harus Dicek?

Sebaiknya pastikan terlebih dulu hal tersebut, agar ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pemilik mobil tidak mengalami kerugian bahkan harus membayar lebih mahal. 

referensi

Mencari referensi

Memilih bengkel cat terdekat atau bengkel resmi tentunya jangan hanya dilakukan di satu tempat saja. Usahakan mencari referensi dari keluarga atau teman-teman untuk memberi saran dimana saja tempat-tempat yang terpercaya dan aman serta hasil yang memuaskan. 

Atau bisa juga mencari referensi dari berbagai komunitas dan forum-forum yang bisa dengan mudah ditemukan di internet. Kemudian bisa juga tempatnya secara langsung untuk mengetahui bagaimana keadaannya. 

Baca juga: Terkena Denda Pajak Mobil, Ini Cara Menghitungnya

Jadi, bagaimana nih apakah mau cat mobil di bengkel terdekat atau bengkel resmi saja? Apapun pilihannya, selalu ingat untuk berhati-hati dan tidak bertindak gegabah dalam melakukan pengecatan mobil hanya karena harganya yang murah ya!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.