Filosofi dan Makna Logo HUT RI Ke-77

Apa arti logo HUT RI Ke-77 tahun ini? Ternyata rancangan logo tersebut mengandung sejumlah makna. Biar paham, langsung cek faktanya di sini.

logo HUT RI Ke-77

Ada arti dibalik logo HUT RI Ke-77 loh. Selain melambangkan harapan dan sebuah tujuan, makna dibalik logo tersebut ternyata sangat dalam.

Sebagai informasi, setiap tahun Pemerintah Republik Indonesia mengeluarkan tema dan logo menyambut HUT RI yang jatuh pada setiap tanggal 17 Agustus.

Tema dan logo tersebut mengandung sejumlah makna dan filosofi tertentu yang melambangkan harapan, tujuan serta cita-cita dalam menyambut semangat mengisi kemerdekaan.

Baca juga: Indonesia Resesi, Benarkah Tidak Akan Terjadi?

Tahun ini, logo HUT RI Ke-77 telah resmi diterbitkan sejak 12 Juli 2022 lalu. Apakah kamu sudah tahu makna dari logo tersebut? 

Tema logo HUT RI Ke-77

Tahun ini, Pemerintah mengangkat tema besar menyambut HUT RI Ke-77 yaitu dengan slogan, “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”. Apa makna dibalik pemilihan kalimat tersebut?

Hal itu ternyata didasarkan pada kondisi yang sedang dialami masyarakat Indonesia dalam dua tahun terakhir. Efek jangka panjang pandemi membawa keresahan sosial, tekanan ekonomi dan membuat banyak hal lain yang menekan segala aspek.

Baca juga: Tidak Bayar Pajak Lebih dari 2 Tahun, Kendaraan Dianggap Bodong?

Namun dalam menghadapi tantangan tersebut, pemerintah terus bergerak. Dengan semangat luhur yang terkandung di dalam nilai Pancasila, pemerintah bekerjasama dengan semua komponen kebangsaan dalam menumbuhkan harapan baru. 

HUT RI Ke-77 ini menjadi momen yang tepat dalam menggambarkan nilai-nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika dalam merajut kekuatan besar untuk bangkit dan optimis menyongsong masa depan.

logo HUT RI Ke-77

Makna Logo HUT RI Ke-77

Biar semakin paham, di bawah ini penjelasan mengenai makna yang terkandung dalam desain logo HUT RI Ke-77. 

Baca juga: NIK Jadi NPWP Sudah Diresmikan, Bagaimana Aturannya?

Dua panah ke atas

Jika dilihat lebih detail, bentuk angka 77 pada logo menyerupai 2 panah mengarah ke atas. Hal itu melambangkan gerak percepatan untuk memperbaiki kondisi Indonesia menjadi pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat

logo HUT RI Ke-77

Dua anak tangga

Dalam logo tersirat juga bentuk dua garis mendatar yang membentuk tangga dan mengarah ke atas yang menggambarkan arti adanya progres dan pembangunan segala sektor di Indonesia.

Bagian atas yang terpotong

Bagian ini terdapat pada angka 77 pada sudut atas sebelah kanan. Melambangkan keterbukaan Bangsa Indonesia dalam perannya di tingkat global untuk bergerak secara bebas aktif bersama dalam pemulihan kondisi dunia.

Garis miring dan sudut runcing

Jika diperhatikan, bagian ini terdapat di setiap angka 7 dalam logo. Bentuk runcing terinspirasi dari bambu runcing dan kepala Garuda Pancasila sekaligus melambangkan semangat pejuang untuk bangkit lebih kuat dan tangguh.

Dua garis melengkung

Bagian ini melambangkan gotong royong yang menjadi karakter bangsa Indonesia. 

Adanya dua garis melengkung pada logo juga melambangkan sinergi pemerintah dan masyarakat Indonesia dalam bergotong royong, bergerak berdampingan secara fleksibel dan dinamis menuju satu arah, yaitu Indonesia Maju.

logo HUT RI Ke-77

Sudut penghubung

Melambangkan peran Indonesia pada forum G20 dalam mempersatukan suara negara-negara maju untuk berkontribusi menyelesaikan berbagai isu dan tantangan yang dihadapi dunia.

Siluet angka 1

Bagian ini terdapat di tengah angka 77. Sebagai lambang masyarakat Indonesia yang berasal dari berbagai suku, agama, dan ras yang berbeda. 

Baca juga: 7 Tips Menabung Beli Mobil Baru Buat First Jobber

Siluet angka 1 melambangkan semangat persatuan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan bangsa Indonesia yang besar, kuat, dan bersatu.

Bagi kamu yang tertarik download logo HUT RI Ke-77 secara resmi, tersedia dua versi. Untuk latar belakang logo warna merah bisa download di sini

Sementara untuk download logo HUT RI Ke-77 dengan latar belakang logo warna putih silakan kunjungi tautan ini.

Baca juga: Dapat Tiket GIIAS 2022 Gratis, Gimana Sih Caranya?

Sudah jelas bukan makna mendalam yang terkandung dari logo HUT RI Ke-77? Jangan lupa, ikuti upacara bendera secara virtual sebagai bentuk penghormatan kepada jasa para pahlawan bangsa.