Search Cars

Tips & Rekomendasi

10 Rekomendasi Mobil SUV Terbaik untuk Perjalanan Jauh yang Aman dan Nyaman

Mobil-mobil SUV bisa menjadi pilihan yang tepat untuk melakukan perjalanan jauh. Lantas, apa saja rekomendasi yang bisa dipilih?

mobil SUV

Mobil SUV (Sport Utility Vehicle) sangat cocok dipakai untuk melalui berbagai medan jalanan, terutama yang berbatuan. Itulah mengapa mobil-mobil jenis ini sering digunakan untuk berlibur, apalagi berlibur ke luar kota. 

Kini sudah banyak pabrikan yang membuat mobil SUV, bahkan dengan jenis-jenis yang sangat bervariasi. Ada Low SUV, Crossover SUV hingga SUV high atau premium. 

Rekomendasi mobil-mobil SUV 

Berikut ini 10 rekomendasi mobil SUV terbaik yang bisa kamu gunakan saat perjalanan jauh: 

1. Toyota Fortuner

toyota fortuner gr sport

Rekomendasi mobil SUV pertama adalah Toyota Fortuner dengan mesin diesel berkode 1GD-FTV 2.766 cc VNT Intercooler. 

Baca juga: Deretan Mobil SUV 5 Penumpang Buat Keluarga Kecil

Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga lebih hingga 203,9 PS pada 3.000 – 4.000 RPM dan torsi 50,9 Kgm pada 1.600-2.800 RPM. Mobil ini juga memiliki varian sistem penggerak semua roda (4×4) yang dihadirkan pada varian GR Sport 

Tidak hanya itu saja, terdapat juga fitur Downhill Assist Control (DAC) agar mobil mudah dikendalikan pada saat melewati turunan terjal, licin, berlumpur. 

2. Toyota Land Cruiser

mobil SUV land cruiser

Selanjutnya ada Toyota Land Cruiser yang juga mendapat julukan King Of The World. Sejak 1960, mobil ini memang menancapkan image yang kuat sebagai salah satu mobil tangguh sekaligus penjelajah segala medan. 

Mobil ini memiliki ground clearance 235 milimeter serta jarak sumbu roda 2.850 milimeter. 

Baca juga: Mobil Jarang Dipakai, Kapan Sebaiknya Oli Mesin Diganti?

Mengadopsi mesin V6D-turbo dengan 3.346 cc, Toyota Land Cruiser mampu menghasilkan tenaga 300 daya kuda pada 4.000 RPM dan torsi 71,4 kgm pada 1.600–2.600 RPM. 

3. Toyota Corolla Cross GR Sport

toyota corolla cross gr sport

Dari segi spesifikasi, Toyota Corolla Cross GR Sport ini menggunakan mesin empat silinder dengan kapasitas 1.798 cc. Dengan spesifikasi tersebut mampu menghasilkan tenaga mencapai 96 daya kuda dengan torsi 142 Nm. 

Kemudian ditambah lagi dengan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 72 daya kuda dengan torsi 163 Nm. Salah satu fitur Toyota Corolla Cross GR Sport yang disematkan adalah penggunaan Toyota Safety Sense (TSS)

Baca juga: 5 Rekomendasi Compact SUV untuk Keluarga Kecil

Saat ini sudah banyak mobil-mobil keluaran Toyota yang menggunakan TSS, salah satunya adalah Toyota All New Kijang Innova Zenix. Fitur TSS yang disematkan bisa menambah tingkat keamanan. 

4. Mobil SUV BMW X5

New BMW X5 xDrive40i

Rekomendasi mobil SUV selanjutnya adalah BMW X5 xDrive40i X Line yang tidak hanya bisa digunakan untuk medan offroad saja, Mobil ini juga bisa digunakan untuk jalanan perkotaan. 

Kemampuan ini ditunjang dengan hadirnya Adaptive 2-axle air suspension Fitur tersebut mampu menambah tinggi mobil sekitar 80 milimeter sehingga ground clearance mobil bisa bertambah menjadi 214 milimeter. 

Baca juga: Rekomendasi SUV Kompak 5 Penumpang buat Keluarga Kecil

Mobil ini juga bisa diandalkan jika harus melewati genangan air berkat adanya wading depth hingga setinggi 500 mm, breakover angle di angka 20.2 derajat, serta approach & departure angle yang mencapai 25.2 derajat dan 22.3 derajat.

5. BMW X3

tempat hidden gem

Bagi pecinta off road dan bepergian lintas medan, maka BMW X3 cocok dijadikan kendaraan andalan. Mobil SUV BMW X3 sDrive20i dibekali mesin 4 silinder, 2.000 cc memberikan tenaga maksimal sampai 184 daya kuda pada torsi 300 Nm.

Salah satu fitur andalannya adalah Reversing Assistant yang dapat bergerak otomatis untuk mundur saat menemui hambatan di depan. Pengemudi cukup meletakkan kaki di pedal rem dan mengendalikan laju tanpa perlu menyentuh setir. 

Sebagai mobil SUV mewah, mobil ini juga dilengkapi dengan panorama glass roof sehingga membuat suasana kabin lebih berkelas. Sementara di bagian bagasi, kamu juga bisa membawa banyak barang dengan daya angkut sampai 550 liter.

6. Mobil SUV Toyota All New Hilux

mobil SUV varian Hilux GR

Perpaduan lekuk bodi agresif nan gagah semakin memperkuat simbol Toyota All New Hilux sebagai kendaraan tangguh yang terbaik di kelasnya. Toyota All New Hilux dikemas dengan beragam fitur mutakhir dan canggih. 

Baca juga: Mika Lampu Mobil Tidak Cepat Kusam, Begini Perawatannya!

Menaklukkan beragam medan sulit jadi mudah dengan Toyota All New Hilux berkat sistem penggerak 4WD part-time berteknologi Rear Differential Lock, serta bisa diatur penggunaannya melalui kenop Easy 4 times 4 Switch. 

7. Daihatsu Rocky

eksterior daihatsu rocky

Berikutnya adalah mobil SUV Daihatsu Rocky. Kembaran dari Toyota Raize ini memiliki spesifikasi yang mirip dengan saudaranya tersebut. Mengusung platform DNGA (Daihatsu New Global Architechture) membuat bodinya ringan namun lebih kokoh.

Radius putarnya 5,1 meter, membuat aman bermanuver di medan sempit atau tikungan tajam. Keandalannya didukung mesin 1KR-VET yang menyuplai tenaga maksimum 97,9 daya kuda pada 6.000 RPM dan torsi puncaknya 15,2 kgm pada 4.000 RPM.

Baca juga: Fitur Baru Sirion yang Bikin Mobil Daihatsu ini Wajib Dimiliki

Daihatsu Rocky juga dilengkapi dengan fog lamp alias lampu kabut yang dapat diandalkan saat menembus cuaca berkabut. Tidak lupa, mobil ini tergolong irit BBM loh, konsumsinya sekitar 20 kilometer per liter di rute luar kota.

8. Peugeot 2008

Peugeot 2008

Pabrikan asal Perancis ini juga punya deretan mobil SUV yang cocok dijadikan mobil untuk perjalanan jauh yaitu  Peugeot 2008. Desainnya sporty dan gagah apalagi saat melihat penggunaan DRL (Daytime Running Light) model LED berjajar vertikal di depan.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Peugeot yang Mengaspal di Indonesia

Tambahan gril besar dengan garis-garis horizontal yang tegas membuat tampilannya makin garang. Peugeot 2008 juga dilengkapi dengan berbagai fitur, seperti lampu depan dan belakang LED, velg 17 inci model kipas, bagasi yang luas dan kelir atap berwarna hitam.

Bagian mesin dibekali 1.2P Puretech Turbo, 3 silinder segaris bervolume 1.200 cc, dikawinkan dengan transmisi otomatis 6 percepatan. Tenaga puncak sampai 130 daya kuda pada 5.500 RPM. Torsinya 230Nm pada 1.750 RPM.

9. Peugeot 3008

peugeot 3008

Berikutnya adalah Peugeot 3008, mobil SUV ini dilengkapi panoramic sunroof yang lebar menambah kesan mewah dan lega pada kabin. Desain kemudi berbentuk unik lengkap dengan tombol navigasi.

Baca juga: Rekomendasi SUV Kompak 5 Penumpang buat Keluarga Kecil

Kesan mewah mobil Eropa diperkuat dengan desain tuas transmisi dan tombol pengaturan ala tuts piano di tengah dasbor. Tersemat juga head unit berukuran 10 inci yang dipasang menghadap ke pengemudi. 

Speedometer ukuran 12.3 inci dengan model 3D siap menghadirkan berbagai informasi berkendara. Dilengkapi fitur 6 mode berkendara model kenop di dekat tuas transmisi berdesain futuristis.

Dapur pacunya dibenamkan mesin 4 silinder, Twin Scroll Turbo High Pressure (THP) bervolume 1.600 cc, digabung dengan transmisi otomatis 6 percepatan. Tenaga puncak yang dihasilkan 167 daya kuda pada 6.000 RPM, torsi maksimum 240 Nm pada 1.400 RPM. 

10. Toyota Raize

bagasi mobil raize

Mobil ini dilengkapi dengan mesin turbo namun tetap ampuh dalam efisiensi bahan bakar. Pilihan mesin turbo hadir dalam mesin 3 silinder 1.0 liter sementara untuk non turbo dibekali mesin 1.2 liter.

Baca juga: 16 Jalan Tol Baru yang Bakal Dibuka Jelang Lebaran 2023

Toyota Raize mesin 1.000 cc memiliki kode 1KR-VET 3 silinder yang dilengkapi dengan teknologi turbocharged yang mampu menghasilkan tenaga hingga 95 daya kuda dan torsi puncaknya 147 Nm.

Mesin dengan kapasitas 1.200 cc memiliki kode WA-VE 3 tiga silinder yang bisa menghasilkan tenaga sampai 85 daya kuda dan torsi maksimum 112 Nm.

Dari segi keamanan, fitur-fitur seperti Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, serta Alarm + Immobilizer membuat berkendara jadi bebas dari rasa khawatir.

Beli mobil SUV  di SEVA

apa itu SEVA?

Jika ingin membeli mobil-mobil di atas, bisa langsung cek aja di SEVA ya. Jangan lupa juga menggunakan berbagai fitur unggulan yang bisa dipakai. 

Baca juga: Mengenali Ciri-Ciri Aki Rekondisi dan Palsu, Jangan Tertipu!

Mulai dari fitur Car Discovery Platform yang bisa memberikan rekomendasi mobil sesuai budget dan tentunya sesuai dengan DP dan tenor yang diinginkan. 

Kemudian ada juga fitur Loan Calculator dapat memberikan informasi perhitungan biaya pembelian mobil baru secara detail mulai dari masa tenor, besaran DP, serta cicilan per bulannya.

Tentunya ada juga fitur Instant Approval dimana kamu dapat membeli mobil baru dengan persetujuan pengajuan kredit yang lebih cepat dan prosesnya jelas. Beli mobil baru, ya di SEVA yang  #JelasDariAwal

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.