Search Cars

Tips & Rekomendasi

Mika Lampu Mobil Tidak Cepat Kusam, Begini Perawatannya!

Mika lampu mobil kusam sudah pasti merusak tampilan mobil secara keseluruhan. Tentu masalah ini harus segera diatasi, bagaimana caranya?

mika lampu mobil

Mungkin kalian pernah alami kondisi dimana mika lampu mobil kalian berubah warna kekuningan. Hal itu membuat tampilan mobil jadi kusam dan tidak terawat. 

Penyebab mika lampu mobil menguning ada banyak, salah satunya adalah paparan sinar ultraviolet. Mika lampu mobil yang sudah kuning, biasanya terjadi karena sudah bertahun-tahun lamanya kena sinar matahari. 

Jika mika lampu yang sudah berubah jadi kusam, maka akan sangat berpengaruh terhadap sorotan lampu depan mobil. Ini sangat berbahaya saat kalian berkendara di malam hari.

Tapi tenang, ternyata jika sudah kuning seperti itu mika lampu masih bisa diperbaiki loh.  Caranya seperti apa? Simak terus artikel SEVA ini.

Perbaikan Mika Lampu Mobil yang Kusam

lampu mobil kusam

Pertama siapkan amplas dengan tingkat kekasaran 500, 1000, dan 2000. Kemudian siapkan juga isolasi kertas, karton/koran, kemudian cairan clear coating atau pernis untuk mobil. 

Lalu kita bersihkan dulu mika lampu depan sebelum diamplas. Awal pengamplasan, kita gunakan amplas 500 yang telah dibasahi terlebih dahulu.. 

Kemudian kita gosok dan pastikan menggosoknya satu arah.Lalu, kita bersihkan dengan air. 

Selanjutnya pengamplasan kedua. Bagian kedua ini kita gunakan jenis amplas 1.000. Lalu dilanjutkan ke pengamplasan yang ketiga atau terakhir.

Baca juga: Cara Mengubah Mika Lampu Mobil yang Kusam Menjadi Baru

Pastikan coba gosok juga celah-celah pinggiran headlamp, karena biasanya di bagian tersebut lebih mudah menguning.

Jika proses pengamplasan sudah selesai,  ini saatnya kita bersihkan sisa kotoran pengamplasan. Lap mika headlamp dengan kain bersih.

Setelah bersih, kita tutup bodi mobil untuk menghindari bodi mobil kena cairan pernis. Kalian bisa memakai koran atau karton.

Pastikan mika headlamp benar-benar kering. Setelah itu, kita lakukan penyemprotan lapisan pernis pertama. Lalu tunggu sampai kira-kira 15-20 menit hingga mengering.

Lalu, lanjut ke penyemprotan lapisan kedua pernis, sama seperti tahap pertama tidak perlu terburu-buru. 

Hasil sementara sudah mulai terlihat saat pemberian lapisan kedua. Kemudian setelah mengering kita lakukan penyemprotan yang ketiga.

Jadi cara ini bisa teman-teman lakukan untuk mengkilapkan kembali lampu headlamp motor  atau mobil kalian yang buram atau kuning kusam. 

Baca juga: Mika Lampu Berembun, Bagaimana Solusinya?

Setelah kondisi mika lampu mobil membaik, perlu diperhatikan juga bagaimana cara perawatannya agar tetap bersih.

Berikut SEVA berikan tips agar mika lampu mobil selalu bersih dan tidak cepat menguning. 

Cari Lokasi Parkir Teduh atau Indoor

parkir indoor

Jika mobil kalian jadi alat mobilitas utama, sudah tentu akan selalu berhadapan dengan permasalahan lokasi parkir.

Nah, untuk hal ini kalian harus bisa mencari tempat parkir yang tidak langsung terpapar sinar matahari dan juga hujan.

Jika terlalu sering kena sinar ultraviolet lalu kehujanan maka mika headlamp mobil kalian akan cepat rusak dan menguning. Sebisa mungkin parkir di lokasi dalam ruangan atau gedung indoor

Jangan Gunakan Bohlam yang Berlebihan

mika lampu mobil

Komponen di dalam mika headlamp mobil itu ada bohlam lampu. Penggunaan bohlam yang berlebihan dalam hal kapasitas wattnya akan berdampak mika cepat panas.

Seperti disebutkan di awal, paparan panas itu bisa membuat mika menguning atau kusam. Pilihlah lampu sesuai dengan spesifikasi dari pabrikan mobil tersebut.

Segera Cuci Mika Lampu Mobil setelah Hujan

mika lampu mobil

Saat mobil terkena hujan, tentunya kotoran dari air hujan akan ikut menempel. Jika dibiarkan terlalu lama, maka kotoran itu akan memudarkan tampilan mobil kalian.

Tidak hanya di bagian bodi mobil saja, bagian mika lampu depan mobil pun bisa jadi cepat kusam. Untuk itu, segeralah kalian cuci mobil kalian setelah terkena air hujan.

Pakai Cairan Pelindung untuk Mika Lampu

cairan lampu

Untuk menjaga tampilannya, kalian juga bisa melapisinya dengan cairan khusus. 

Saat ini sudah banyak toko yang menjual cairan pelindung ini.

Harganya pun beragam dan relatif tidak terlalu mahal. Cukup digunakan seminggu sekali saat mobil sedang tidak dipakai. Pengaplikasian ini selain bisa merawat, juga bisa membuat lampu depan mobil kalian semakin kinclong.

Nah begitu yah cara merawat dan memperbaiki mika kaca mobil yang kusam. Tips di atas boleh kalian aplikasikan ke mobil kesayangan kalian.

Selain alat yang digunakan mudah dicari, teknik pengerjaannya pun cukup simpel. Tapi jika kalian ingin dapatkan hasil maksimal, tentunya kalian harus datang ke bengkel resmi yah.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.