Search Cars

Berita Utama Otomotif

16 Jalan Tol Baru yang Bakal Dibuka Jelang Lebaran 2023

Ada 16 jalan tol baru yang dapat dilalui saat memasuki libur Lebaran pada bulan April mendatang. Catat yuk, mana saja lokasinya.

jalan tol baru

Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) tengah menyiapkan 16 ruas jalan tol baru yang dapat digunakan masyarakat selama libur Lebaran 2023 mendatang. Penggunaan ruasnya diharap dapat membantu mempermudah akses dan mengurangi kemacetan jalan arteri.

Seperti diketahui, setiap libur Lebaran maka aktivitas masyarakat untuk bersilaturahmi meningkat. Imbasnya sering terjadi kepadatan lalu lintas di jalan-jalan utama. Dengan beroperasinya jalan tol baru secara fungsional alias tanpa dipungut biaya diharap dapat memperlancar arus lalu lintas.

“Terdapat potensi jalan tol yang beroperasi fungsional pada 2023. Jalur Ciawi-Sukabumi ini penting karena jalur hitam disebabkan kemacetannya luar biasa. Lebaran insha Allah akan kita buka sampai Cibadak,” ujar Dirjen Bina Marga PUPR Hedy Rahadian dikutip JawaPos.

Daftar jalan tol baru

Catat ya, ini adalah daftar jalan tol baru yang bisa kamu coba fungsional saat libur Lebaran nanti. 

Baca juga: Siapkan Saldo e-Toll untuk Mudik Lebaran, Ini Tarif Tol Trans Jawa

  1. Tol Serpong-Cinere Seksi 2 (Pamulang-Cinere) 3,64 kilometer,
  2. Tol Cibitung-Cilincing Seksi 4 (Taruma Jaya-Cilincing) 7,29 kilometer,
  3. Tol Cisumdawu Seksi 6A dan 6B (Ujung Jaya-Dawuan) sepanjang 5,10 kilometer,
  4. Tol Cisumdawu Seksi 4A dan 4B (Cimalaka-Legok) 8,2 kilometer,
  5. Tol Cisumdawu Seksi 5A dan 5B (Legok-Ujung Jaya) 14,9 kilometer,
  6. Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5 (Blang Bintang-Kuto Baro) dan Seksi 6 (Kuto Baro-Baitussalam) 12,4 kilometer,
  7. Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 (Cigombong-Cibadak) 11,9 kilometer
  8. Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2A (Jatikarya-Cikeas) 3,5 kilometer,
  9. Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3B (Krukut-Limo) 2,19 kilometer,
  10. Tol Pasuruan-Probolinggo Seksi 4A (Probolinggo Timur-IC Gending) 8,55 kilometer,
  11. Tol Serpong-Balaraja Seksi 1B (CBD-Lego 5,4 kilometer,
  12. Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi 1 20,4 kilometer,
  13. Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi 2 18,05 kilometer,
  14. Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksis 3 30 kilometer,
  15. Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi 4 28 kilometer,
  16. Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3 (Kutanegara-Sadang) 8,5 kilometer.

Arti jalan tol operasional dan fungsional

jalan tol baru

Untuk diketahui, kenali arti jalan tol operasional dan fungsional sebelum mencobanya di bulan Ramadan 2023 dan libur Lebaran 2023. Operasional artinya jalan ini sudah beroperasi penuh dan  memiliki berbagai infrastruktur pendukung, seperti rest area hingga rambu-rambu lalin.

Sementara maksud dari jalan tol fungsional artinya ruas jalan tol yang belum sepenuhnya jadi. Dalam penggunaanya belum ada pengenaan tarif tol bagi kendaraan yang melintas alias gratis.

Baca juga: Berapa Jarak Ideal Pengereman Mobil Agar Terhindar dari Kecelakaan

PUPR menyebut saat ini panjang jalan tol di Indonesia telah mencapai 2.620 kilometer per data 7 Februari 2023. Pada awal 2023, terdapat 20,89 kilometer ruas baru yang akan beroperasi. 

Kementerian PUPR menargetkan 509,01 kilometer jalan tol akan beroperasi pada akhir tahun 2023. Kemudian panjang jalan tol yang beroperasi pada tahun 2024 ditargetkan mencapai 385,5 kilometer.

Sistem bayar tol nirsentuh

ruas jalan tol

Terkait penggunaan jalan tol, pemerintah juga tengah menyiapkan sistem pembayaran tol tanpa menyentuh kartu saat memasuki gerbang tol. Pemberlakuan sistem ini diharap semakin memperlancar lalu lintas utamanya saat cuti bersama Ramadan 2023 dan Lebaran 2023.

Baca juga: Jangan Paksakan Diri Mengemudi, Nih Daftar Rest Area Tol Cipali

Dengan sistem itu, pembayaran tarif tol yang semula memakan waktu 10 detik dapat dipangkas menjadi sekitar 4 detik saja. Pemberlakuannya akan diuji coba pada sejumlah ruas tol sehingga dapat membantu kelancaran arus mudik dan arus balik jelang libur akhir Ramadan 2023. 

Ujicoba dilakukan di 6 ruas tol, yaitu Bali Mandara, Balikpapan-Samarinda, Jagorawi, Jakarta-Cikampek, tol JORR (termasuk Ulujami-Pondok Aren-Serpong) dan ruas tol dalam kota Jakarta.

Tips mudik aman

Ban Mobil Service

Sebelum memulai perjalanan arus mudik saat cuti bersama, persiapkan beberapa hal di bawah ini agar perjalanan bersama keluarga lebih aman dan menyenangkan.

Baca juga: Pentingnya Istirahat Saat Mengemudi di Tol Trans Jawa

  1. Periksa kondisi kendaraan secara menyeluruh. Periksa juga tekanan angin ban cadangan, dongkrak, kotak P3K sampai APAR (Alat Pemadam Api Ringan)
  2. Sebaiknya lakukan penggantian oli mesin dan periksa ketinggian minyak rem. Bawalah minyak cadangan jika sewaktu-waktu membutuhkan dalam kondisi darurat.
  3. Tips mudik berikutnya adalah menjaga kondisi tubuh sebelum berkendara jarak jauh. Usahakan cukup tidur dan istirahat di rest area setiap 3 jam mengemudi.
  4. Siapkan aplikasi penunjuk jalan dan peta konvensional sebagai cadangan jika terjadi gangguan sinyal.
  5. Melaju dengan kecepatan normal saat di jalan tol, jangan melebihi batas kecepatan yang ditunjukkan pada rambu lalu lintas. 
  6. Tips mudik yang penting lainnya, jangan lupa untuk satukan semua dokumen kendaraan seperti STNK, SIM, di dalam satu tas yang mudah diakses. Pastikan juga pajak kendaraan telah lunas agar tidak terkena risiko tilang.
  7. Jika terjebak kemacetan arus mudik atau arus balik, gunakan jalur alternatif. Ikuti petunjuk petugas yang berjaga di lapangan untuk mendapatkan jalur yang aman dan nyaman.
  8. Demi kelancaran arus mudik dan arus balik, siapkan saldo uang elektronik yang cukup agar proses pembayaran tarif tol tidak terkendala.

Selamat mempersiapkan libur cuti bersama Lebaran 2023. Ingat, saat menggunakan jalan tol fungsional sebaiknya tetap berhati-hati karena belum dilengkapi rambu dan markah yang lengkap ya.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.