Editor's Pick

9 Ruas Jalan Tol Baru yang Akan Dibuka saat Libur Nataru, Gratis!

Jalan tol baru akan dioperasikan untuk mengantisipasi libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Ada dimana saja lokasinya ya?

jalan tol baru

Beberapa ruas jalan tol baru mulai difungsikan untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas selama Nataru. Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan 9 ruas tol baru di Jawa dan Sumatera secara gratis. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, 9 tol tambahan tersebut terdiri atas 7 ruas jalan tol baru di Pulau Jawa dan 2 ruas jalan tol fungsional di Sumatera.

“Seluruh jalan tol fungsional sudah siap untuk dilalui, kami serahkan kepada Bapak Kakorlantas untuk dimanfaatkan atau tidak, sesuai dengan manajemen lalu lintas di lapangan,” kata Basuki dalam keterangannya, dikutip dari Detik Finance. 

Baca juga: Jangan Paksakan Diri Mengemudi, Nih Daftar Rest Area Tol Cipali

Basuki Hadimuljono juga menegaskan bahwa demi mendukung libur natal dan tahun baru, seluruh infrastruktur jalan dan jembatan dipastikan dalam kondisi baik. Selain itu ruas jalan tol baru yang akan digunakan selama libur Nataru nanti sudah bisa dilalui masyarakat. 

Daftar ruas jalan tol baru

ruas jalan tol

Persiapan jalan tol baru ini diharapkan bisa mengatasi kepadatan arus lalu lintas, terutamanya yang sering terjadi pada saat malam tahun baru. Apa saja daftarnya?

Pulau Jawa

  1. Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Seksi 2 dan 3 Rancakalong-Sumedang, Sumedang-Cimalaka, 21 kilometer) 
  2. Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Seksi 2A Jaka Sampurna-Kayuringin-Ujung, 4,8 kilometer) 
  3. Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar (Tahap 1 Junction Wringinanom, 7,4 kilometer) 
  4. Tol Semarang Demak (Seksi 2 Sayung-Demak, 16,31 kilometer) 
  5. Tol Cinere-Jagorawi (Seksi 3A Kukusan-Cinere, 3 kilometer) 
  6. Tol Ciawi-Sukabumi (Seksi 2 Cigombong-Cibadak, 11,9 kilometer) 
  7.  Tol Jakarta Cikampek Selatan (Segmen Sadang-Kutanegara, 8,5 kilometer)

Luar Pulau Jawa

Untuk dua ruas tol lain di luar Pulau Jawa berada di Sumatera, yakni: 

  1. Tol Sigli-Banda Aceh (Seksi 5 dan 6 Blang Bintang–Kutobaro–SS Baitussalam, 12,3 kilometer)
  2. Tol Kuala Tanjung Tebing Tinggi–Parapat (Seksi 1 Tebing Tinggi–Indrapura, 20,4 kilometer)

Sebagai informasi, saat ini total panjang jalan nasional adalah 46.690 kilometer. Dengan sebaran di wilayah Pulau Sumatera sepanjang 7.918 kilometer, Pulau Jawa dan Bali sepanjang 5.336,9 kilometer, serta Pulau Kalimantan sepanjang 6.556,4 kilometer. 

Baca juga: Rest Area dengan SPBU di Sepanjang Jalur Mudik Tol Trans Jawa

Sementara di Pulau Sulawesi totalnya mencapai 17.284,4 kilometer, Pulau Nusa Tenggara sepanjang 2.792,1 kilometer dan Pulau Maluku-Papua sepanjang 6.802,3 kilometer. 

Pembukaan jalan tol Jakarta-Bandung

tarif tol jakarta bandung

Untuk menjaga kelancaran arus lalu lintas pada libur Nataru nantinya Jasa Marga juga akan memberlakukan secara khusus ruas Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II. 

Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Seksi 3 Sadang-Kutanegara akan dioperasikan secara fungsional pada saat libur Nataru. Rencananya ruas tol ini akan dibuka ketika arus balik ke arah Jakarta mulai ramai.

Baca juga: Asuransi Jalan Tol Bila Mengalami Kecelakaan dan Cara Klaimnya

Nantinya ruas Tol Japek II Seksi 3 Sadang-Kutanegara tersebut akan dijadikan sebagai jalur alternatif dari arah Bandung menuju Jakarta. 

Pintu masuknya bisa melewati arah tol Cipularang, masuk via gerbang tol KM 76 di Sadang. Lalu keluar jalan arteri hingga nanti kembali masuk tol Jakarta-Cikampek eksisting di KM 47 Karawang Barat.

Jadi, sudah tahu kan ada dimana saja jalan tol baru yang akan beroperasi pada saat libur Nataru nanti? Selalu ingat-ingat ya agar tidak salah jalan nanti pada saat ingin mendatangi lokasi berlibur.

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi