Search Cars

Berita Utama Otomotif

Daerah Wisata yang Bakal Macet saat Libur Natal dan Tahun Baru

Libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 sebentar lagi. Cari tahu potensi kemacetan di daerah-daerah tujuan wisata berikut ini yuk.

libur natal

Libur Natal dan libur Tahun Baru atau yang sering disingkat sebagai libur Nataru diperkirakan akan membuat kemacetan di berbagai tempat wisata, baik di Pulau Jawa dan Bali. 

Titik kemacetan parah diprediksi akan berada di sekitar lokasi-lokasi wisata Jawa Barat, wisata Jawa Tengah, dan wisata Jawa Timur.

Libur Natal diprediksi padat

menteri perhubungan budi karya sumadi

Menurut Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, selain di lokasi wisata kemacetan juga akan terjadi pada bandar udara, tempat penyeberangan feri dan jalan Tol Trans Jawa.

Baca juga: Jangan Paksakan Diri Mengemudi, Nih Daftar Rest Area Tol Cipali

Kemacetan saat libur Natal dan Tahun Baru disebabkan oleh banyaknya masyarakat yang berlibur. Selain itu, tidak adanya pembatasan pergerakan lintas daerah juga menjadi faktor pemicu kemacetan saat libur Nataru kali ini.

“Potensi pergerakan nasional pada libur Nataru 2022/23 sebanyak 16,35 persen dari total penduduk Indonesia. Tahun ini, bisa dipastikan kami tidak akan membatasi lagi masyarakat untuk melakukan pergerakan (mobilitas),” ujar Menhub dikutip Kompas.

macet liburan

Ia menambahkan selama libur Nataru ada 44,17 juta orang yang melakukan mobilitas antar daerah. Dari jumlah tersebut, 26,26 persennya akan menggunakan kendaraan pribadi yaitu mobil dan 16,47 persen lainnya menggunakan sepeda motor.

Baca juga: Tips Menyalip Truk dan Kendaraan Besar yang Aman

Menurut data Kemenhub, daerah Jawa Tengah diperkirakan bakal dikunjungi oleh pelancong sebanyak 8,7 juta orang di momen libur Nataru tahun ini. Selain itu wilayah Jawa Timur diperkirakan akan disesaki sekitar 7,7 juta orang wisatawan.

Di wilayah Jawa Barat, libur Natal dan Tahun Baru ini diperkirakan akan didatangi oleh 6,5 juta orang. Kawasan Jabodetabek juga bakal disambangi 4,7 juta orang, serta Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan dikunjungi sekitar 3,6 juta orang.

Yuk, cari tahu daerah mana saja yang berpotensi alami kemacetan saat libur Natal dan Tahun Baru 2023 nanti.

Macet di jalan tol  

Libur natal

Menhub menyebut jalan Tol Trans Jawa akan menjadi jalur favorit para pelancong yang akan berlibur ke daerah wisata Jawa Tengah dan wisata Jawa Timur. Diperkirakan jumlah orang yang berwisata via jalan tol ini mencapai 25,3 juta orang.

Baca juga: Rest Area dengan SPBU di Sepanjang Jalur Mudik Tol Trans Jawa

“Kita memperkirakan jalur tol adalah jalur favorit yang akan mendominasi sebanyak 58,7 persen dan jalan arteri 41,3 persen. Sementara jalur yang paling banyak dilalui ialah lintas Utara Jawa sebanyak 12,8 persen dan jalur lintas Jawa Tengah 11,9 persen,” ujar Budi.

Mengingat potensi kepadatan lalu lintas, bagi kamu yang ingin melintasi jalan Tol Trans Jawa agar memperhatikan kondisi kendaraan dan beristirahat jika kelelahan saat mengemudi. 

Wisata Jawa Barat 

wisata tangkuban perahu

Mobilitas orang bepergian untuk merayakan libur Tahun Baru 2023 diperkirakan juga menyasar di daerah-daerah wisata Jawa Barat. Lokasi wisata di sini didominasi oleh keindahan alam, wisata laut, dan pegunungan.

Baca juga: Asuransi Jalan Tol Bila Mengalami Kecelakaan dan Cara Klaimnya

Beberapa lokasi yang dipastikan menyedot animo pengunjung saat libur Tahun Baru sebut saja di Taman Safari, kawasan Puncak Pas, daerah Lembang, wisata Tangkuban Perahu, juga wilayah Pantai Pangandaran.

Beberapa tempat wisata Jawa Barat lain yang diperkirakan akan dipadati pengunjung adalah Kawah Putih, pemandian air panas Sari Ater, Grand Canyon, Kebun Raya Bogor, Taman Sakura Cibodas, Kampung Karuhun, dan lainnya.

Lokasi libur Natal di Jawa Tengah

libur natal

Daerah Jawa Tengah menawarkan lokasi berlibur yang cukup beragam. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, seperti bangunan cagar budaya, candi dan prasasti dan juga wisata kuliner. 

Baca juga: Gratis atau Bayar? Kenali Aturan Derek Mobil di Tol

Perkiraan lokasi wisata alam yang akan dipadati pengunjung dan berujung kemacetan sebut saja di lokasi wisata Pancuran Pitu Batu Raden di Purwekerto. Kemudian di pemandian air panas Guci di Tegal dan wisata Air Terjun Grojogan Sewu di Tawangmangu.

Lokasi wisata pegunungan yang juga diperkirakan alami macet akibat membludaknya pengunjung ada di Dieng Plateau, Kawah Sikidang, Taman Nasional Gunung Merbabu, dan wisata Telaga Warna di Wonosobo, Jawa Tengah.

Libur Natal

Berlibur ke pantai menikmati hamparan pasir putih juga dapat dilakukan ke Pantai Manganti, Pantai Tanjung Gelam, dan Taman Nasional Karimun Jawa.

Baca juga: Mengenal Golongan Kendaraan di Tol dan Tarifnya

Beralih ke lokasi wisata sejarah, daerah yang berpotensi macet adalah Candi Prambanan dan Candi Borobudur, Candi Mendut, Candi Plaosan dan Candi Pawon.

Penggemar bangunan cagar budaya, siap-siap macet saat menyerbu Lawang Sewu, Kelenteng Sam Poo Kong, Gereja Blenduk, dan Kota Tua di Semarang. Masjid Menara Kudus, Masjid Agung Demak, serta Gereja Ayam yang terkenal itu. 

Wisata Yogyakarta

Libur Natal

Lokasi wisata lainnya yang dipastikan dipadati pengunjung untuk berlibur adalah DIY. Apa saja yang menjadi magnet wisata Yogyakarta tersebut?

Bersiap macet di sekitar Tugu Yogyakarta, sebuah monumen bersejarah di persimpangan Jalan Jenderal Sudirman, yang sering dijadikan lokasi swafoto. Kemudian lokasi rawan macet lainnya di sekitar Alun-Alun Kidul yang terkenal dengan pohon beringin kembar. 

Baca juga: Jalan Tol Sering Banjir, Waspada Bahaya Aquaplaning

Tidak ketinggalan wisata di Kaliadem yang menyajikan lokasi foto berlatar belakang Gunung Merapi. Cari lokasi foto keren lain? Kunjungi Kalibiru di sebelah Barat kota Yogyakarta. Jangan lupa mampir ke Hutan Mangrove Kulon Progo Progo dan Air Terjun Kedung Pelut.

Wisata Yogyakarta lain yang diperkirakan membuat kemacetan adalah Gua Jomblang yang menjadi salah satu destinasi gua terkenal di dunia. Tidak ketinggalan wisata Gumuk Pasir, tempat kamu dapat berselancar di atas pasir hitam pantai Selatan Yogyakarta.

Lokasi libur di Jawa Timur

Libur Natal

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke ujung Timur pulau Jawa, ini beberapa destinasi wisata Jawa Timur yang rawan kemacetan.

Baca juga: Murah Sih, Tapi Pemilik Mobil Wajib Tahu Bahaya Ban Vulkanisir

Wisata Gunung Kelud, Pantai Tambak Rejo, Pantai Klayar, Pantai Banyu Tibo, Teluk Biru, Bukit Jamur, Pantai Kedung Tumpang, Taman Nasional Alas Purwo, situs purbakala Trowulan, Pulau Sempu, dan Museum Angkut di Batu.

Jika ingin menyeberang ke Bali, lokasi penyeberangan feri di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi juga diperkirakan akan macet.

Itu sederet lokasi wisata yang rawan kemacetan saat musim liburan. Catat dan jangan sampai terjebak kemacetan saat libur Natal dan Tahun Baru 2023 nanti ya.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.